Berita

Ketua SEMA-I: Training Legislatif Sebuah Ruang untuk Memperoleh Pemahaman Dinamika Legislatif

×

Ketua SEMA-I: Training Legislatif Sebuah Ruang untuk Memperoleh Pemahaman Dinamika Legislatif

Share this article


SYA’BAN/BERITASAMPIT – Ketua SEMA IAIN Palangka Raya periode 2024-2025, Muhammad Saifullah.

PALANGKA RAYA – Senat Mahasiswa (SEMA) Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya periode 2024-2025 menggelar Training Legislatif Mahasiswa, dengan tema Melahirkan Legislator Muda yang Berintegritas dalam Menciptakan Dunia Kampus yang Berkualitas, di Aula DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Sabtu 4 Mei 2024.

Ketua SEMA IAIN Palangka Raya, Muhammad Saifullah dalam sambutannya mewakili SEMA se-IAIN Palangka Raya mengucapkan selamat dan mengapresiasi kepada seluruh mahasiwa yang turut hadir untuk mengikuti acara tersebut.

“Karena kalian orang-orang pilihan yang berhasil mendapatkan tiket untuk berkesempatan menduduki di Senayan Senat Mahasiswa nantinya,” ucapnya.


Dirinya menyebut training legislasif merupakan suatu kegiatan yang menjadi ruang bagi seluruh mahasiswa untuk bisa memperoleh sebuah pengetahuan dan ilmu tentang legislatif secara mendasar.

“Pengetahuan dan ilmu tentang legislatif secara mendasar baik itu, dalam ruang lingkup negara, universitas, maupun fakultas, serta bagaimana cara membentuk suatu undang-undang/peraturan dan persidangan yang baik dan benar,” jelasnya.

Selain itu, Saiful berharap dengan adanya training legislasif, mahasiswa mampu menyerap pengetahuan dasar mengenai badan legislatif dan memahami bagaimana cara pembuatan undang-undang, sehingga nantinya undang-undang tersebut dapat dikatakan baik.

“Training legislatif bukan hanya memahamkan bahwa produk legislasi itu bukan menang-menangan, tetapi produk legislasi itu adalah hasil kompromi-kompromi berbagai macam kepentingan,” pungkasnya.

Diketahui, training legislatif diikuti oleh 120 peserta dari mahasiswa IAIN Palangka Raya berbagai fakultas seperti, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Fakultas Syariah (FSYA), Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) dan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK).

Kegiatan tersebut diharapkan dapat melatih dan membekali mahasiswa dengan pengetahuan serta keterampilan yang diperlukan dalam dunia legislatif kampus dan luar kampus.

(Sya’ban)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *