Berita

Tanpa Disadari, Ini 5 Kalimat yang Sering Digunakan Orang dengan Pola Pikir Negatif

×

Tanpa Disadari, Ini 5 Kalimat yang Sering Digunakan Orang dengan Pola Pikir Negatif

Share this article


Beauties, mungkin kamu pernah mengatakan kalimat-kalimat yang tanpa kamu sadari bernada negatif. Kata-kata yang kamu rasa tidak berbahaya itu bisa mengungkapkan banyak hal tentang pola pikir kamu.

Umumnya, ungkapan-ungkapan ini bisa jadi cerminan pola pikir negatif yang mungkin tidak kita sadari. Kata-kata yang kamu ucapkan itu bisa menandakan pandangan yang pesimistis dan keraguan atas diri kamu.

Berikut ini kalimat yang sering digunakan oleh orang dengan pola pikir negatif. Simak ulasannya berikut ini yang sudah dirangkum dari Hack Spirit!

1. Saya Tidak Bisa

Merasa tidak bisa/Foto:freepik.com/diana.grytsku

Kalimat ini tanpa sadar sering kamu gunakan, bukan? Kalimat ini lebih dari sekadar ekspresi ketidakmampuan. 

Hal itu menjadi sebuah tanda bahwa kamu menyerah sebelum memulainya. Terlalu takut untuk gagal, sehingga terjebak di dalam zona nyaman dan menghambat pertumbuhan.

Ada baiknya kamu mengganti kata-kata tersebut dengan kalimat yang lebih positif seperti “Saya akan mencoba” atau “Saya pasti menemukan jalannya”. 

2. Sekarang Sudah Terlambat

Merasa sudah terlambat/Foto:freepik.com/jcomp

Ungkapan ini sering kita ucapkan ketika kita merasa kehilangan peluang atau dihadapkan pada prospek perubahan. 

Jarang ada kata terlambat dalam hidup ini, karena hidup ini penuh dengan peluang kedua bahkan peluang baru. Kamu bisa ganti kata-kata negatif tadi dengan “Tidak ada kata terlambat untuk memulai”.

3. Saya Tidak Layak

Merasa tidak layak/Foto:freepik.com/DC Studio

Ketika kamu mengatakan hal ini mungkin saja kamu memang merasa dirimu tidak pantas, tapi kata-kata ini cerminan akan rendahnya harga diri.

Secara tidak langsung kamu tidak yakin kamu pantas mendapatkan kebahagiaan, kesuksesan atau cinta dalam hidupmu. 

Pada dasarnya setiap orang berharga. Kita punya bakat, kemampuan, dan kualitas unik yang menjadikan kita berharga. Jika kamu berpikir bahwa kamu tidak berharga, berhentilah sejenak dan selalu ingat bahwa kamu cukup dan kamu layak. 


4. Mengapa Hal ini Selalu Terjadi Pada Saya?

Mengapa hal ini selalu terjadi pada saya/Foto:freepik.com/wayhomestudio

Ungkapan ini menjadi salah satu yang sering diucapkan ketika seseorang sedang frustasi atau putus asa.

Dengan kamu terus berpikir demikian, pola pikir kamu terjebak dalam situasi negatif dan menghalangi kamu atas kendali dalam hidupmu.

Ganti kata-kata itu dengan “Apa yang bisa saya pelajari dari hal ini, ya?”. Dengan begitu kamu secara sadar mengubah pola pikir dan membantu mengubah tantangan menjadi peluang berkembang. 

5. Saya Gagal

Merasa gagal/Foto:freepik.com/pressfoto

Kalimat sederhana namun paling berbahaya, karena dengan begitu kamu sadar dan mengakui upaya atau kesalahan yang gagal.

Kegagalan dalam suatu hal tidak menjadikan kamu gagal sepenuhnya. Kegagalan adalah sebuah peristiwa, yang menjadi bagian dari perjalanan untuk menuju kesuksesan dan setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


 

(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *