Berita

Sederet Momen Kegigihan Menlu Retno Marsudi Bela Palestina

×

Sederet Momen Kegigihan Menlu Retno Marsudi Bela Palestina

Share this article


Menteri Luar Negeri (Menlu) Republik Indonesia, Retno Marsudi, menjadi salah satu sosok perempuan di jajaran kabinet menteri Indonesia yang gigih membela Palestina. Selama mengemban tugas sebagai Menlu, Retno Marsudi banyak menunjukkan ketegasannya bahwa Indonesia akan selalu berdiri tegak untuk Palestina.

Dilansir dari situs resmi Kemlu RI, pada Selasa (2/4), Retno Marsudi selaku Menlu RI menerima kunjungan dari Negara-negara Arab di Kementerian Luar Negeri, Jakarta. Kunjungan tersebut bermaksud untuk memberikan penghargaan yang tinggi atas konsistensi kepemimpinan Indonesia dalam isu yang terjadi di Palestina.

Dalam kesempatan ini, Menlu Retno menyampaikan bahwa harus selalu ada sikap dan tanggung jawab moral bagi Indonesia untuk senantiasa mendukung perjuangan bangsa Palestina. Kegigihan Retno Marsudi dalam membela Palestina pun telah ditunjukkannya dalam berbagai momen internasional lainnya.

Menlu Retno Sampaikan Pernyataan Dukungan untuk Palestina pada Mahkamah Internasional di Den Haag

Kegigihan Menlu Retno Marsudi dalam Membela Palestina/Foto: Instagram/kemlu_ri

Pada Jumat (23/2), Menlu Retno menjadi perwakilan Indonesia dalam persidangan Advisory Opinion pada Mahkamah Internasional atau International Court of Justice (ICJ) di Den Haag. Secara lisan, Menlu Retno menyatakan beberapa hal penting terkait agresi Israel di Jalur Gaza, Palestina. 

Dilansir dari CNN Indonesia dan situs resmi Kemlu RI, beberapa poin-poin yang disampaikan Menlu Retno antara lain adalah ICJ harus mengeluarkan fatwa hukum dengan adanya berbagai fakta pelanggaran hukum Israel yang terjadi, termasuk pelanggaran kebijakan kependudukan, pemukiman ilegal Israel yang semakin meluas, serta kebijakan apartheid Israel.

Menlu Retno juga menyampaikan bahwa Palestina harus bisa menentukan nasibnya sendiri dan Israel harus segera angkat kaki. Poin penting ini disampaikan oleh Retno Marsudi dengan tegas untuk menunjukkan sikap dan posisi dukungan Indonesia untuk Palestina.

Mendesak Negara G20 Supaya Tak Tinggal Diam Melawan Isu Palestina

Kegigihan Menlu Retno Marsudi dalam Membela Palestina/Foto: Instagram/retno_marsudi

Dilansir dari detiknews, pada Rabu (21/2) sebelumnya, Menlu Retno juga hadir dalam pertemuan Tingkat Menteri Luar Negeri G20 di Brasil dan membicarakan tentang bencana kemanusiaan yang terjadi di Palestina yang telah melebar pada isu geopolitik.

Menlu Retno mendesak negara-negara G20 untuk mendorong gencatan senjata permanen, menghindari adanya standar ganda dengan meningkatkan dukungan pada Palestina dan UNRWA, serta menurunkan ketegangan global yang dibersamai dengan pencegahan eskalasi lebih lanjut.


Apresiasi Para Pemimpin Negara terhadap Perjuangan Retno Marsudi Membela Palestina

Kegigihan Menlu Retno Marsudi dalam Membela Palestina/Foto: Instagram/retno_marsudi

Menlu Retno Marsudi telah banyak melakukan perjuangan untuk menegakkan perdamaian global dan Palestina. Hal ini pun membuat beliau banyak mendapat dukungan dan apresiasi dari para pemimpin negara.

Dilansir dari situs resmi Setneg RI, Wakil Presiden (Wapres), K. H. Ma’ruf Amin, mendukung penuh sikap walk out yang pernah dilakukan Menlu Retno saat Duta Besar Israel untuk Amerika Serikat dan PBB berpidato pada debat terbuka Dewan Keamanan PBB di New York, Amerika Serikat, Selasa (23/1). Menurut Wapres, hal itu menunjukkan sikap ketegasan bangsa kita untuk berpihak kepada Palestina.

Selain itu, dalam kesempatan lain, dilansir dari CNBC Indonesia, Menteri Keuangan Sri Mulyani juga pernah menceritakan upaya Menlu Retno dalam membela Palestina di hadapan pengusaha-pengusaha Eropa. Hal ini pun menunjukkan bahwa Menlu Retno selalu mendapatkan dukungan dan apresiasi dari jajaran menteri dan pemimpin Indonesia atas usahanya yang gigih membela perdamaian di Palestina.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *