Berita

4 Cara ‘Berkencan’ dengan Diri Sendiri untuk Tingkatkan Kesejahteraan Finansial

×

4 Cara ‘Berkencan’ dengan Diri Sendiri untuk Tingkatkan Kesejahteraan Finansial

Share this article


Ketika berbicara tentang kesejahteraan, kita cenderung memikirkan kesejahteraan mental, emosional, dan fisik. Namun, tekanan uang mempunyai dampak yang signifikan terhadap kesehatan mental perempuan.

Kesejahteraan finansial adalah pilar utama kesejahteraan kita secara keseluruhan, jadi penting bagi kita untuk belajar berpikir secara berbeda dalam memprioritaskan pola pikir, tujuan finansial, dan menjalani kehidupan yang ingin kita jalani.

Sebagai perempuan, kita sering kesulitan menciptakan dan mengelola penghasilan kita. Namun, kita bisa mengatasi hal ini dengan melakukan kencan dengan diri sendiri. Dilansir dari Tatler Asia, berikut 4 cara berkencan dengan diri sendiri untuk bantu tingkatkan kesejahteraan finansial.

1. Mengatur Suasana




meningkatkan kesejahteraan finansial
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/1112000

Sangat penting untuk memastikan kita berada di lokasi yang bebas gangguan di mana tidak ada panggilan telepon, notifikasi, atau kemungkinan gangguan apa pun dari teman atau keluarga. Bawalah beberapa kertas dan pulpen. Kemudian, tentukan niat untuk waktu berharga ini bersama diri sendiri.

2. Fokus pada Langkah Mikro




meningkatkan kesejahteraan finansial
Ilustrasi/Foto: Freepik.com

Kamu bisa membuat tabel dan tuliskan 3-5 langkah kecil pertama yang perlu kamu ambil untuk mewujudkan rencana kamu, Beauties. Langkah ini terbilang sederhana dan sangat cocok untuk mengetahui tujuan keuangan kamu.

3. Analisis Pergerakan Uang yang Kamu Lakukan dalam Setahun

Cara berkencan dengan diri sendiri untuk meningkatkan kesejahteraan finansial/Foto: Freepik.com

Refleksi diri apa pun perlu dimulai dari keberadaan kamu dan apa yang telah kamu capai. Sering kali, kita mengatakan pada diri sendiri bahwa kita harus selalu menghasilkan pergerakan uang yang besar. Padahal, cara berpikir seperti ini dengan cepat menjadi tidak berkelanjutan dan membuat kita kewalahan yang kemudian membuat kita gagal mencapai tujuan.

Kita perlu mulai memikirkan langkah-langkah kecil yang telah kita lakukan karena hal tersebut membawa kita lebih dekat ke tujuan dalam membantu kita menjadi konsisten dan meningkatkan kepercayaan diri untuk mencapai tujuan yang lebih besar.

Beberapa langkah kecil yang bisa kamu lakukan di antaranya membaca buku investasi dan memeriksa investasi apa yang akan kamu lakukan ketika pensiun nanti.


4. Mulai Bermimpi

Cara berkencan dengan diri sendiri untuk meningkatkan kesejahteraan finansial/Foto: Freepik.com

Terkadang kita semua membutuhkan cara kreatif untuk membantu memikirkan impian kita dan bagaimana kita bisa mencapainya secara realistis. Salah satu caranya adalah dengan menggambar tiga visi utama dalam mimpi kamu.

Gambarlah visi pertama dengan kehidupan kamu saat ini. Untuk visi kedua, gambarlah kehidupan kamu tanpa kendala finansial dan merupakan kesempatan kamu untuk bermimpi besar. Terakhir, gambarkan versi hidup terbaik kamu di mana kamu menciptakan jalur realistis untuk berpindah dari visi pertama ke visi kedua.




meningkatkan kesejahteraan finansial
Ilustrasi/Foto: Freepik.com

Latihan ini memberi kamu kejelasan tentang apa yang penting bagi diri kamu dan membantu kamu mengartikulasikan tujuan jangka panjang serta menghubungkannya dengan tujuan jangka pendek dan menengah dengan cara yang realistis dan menginspirasi.

Mencapai kesejahteraan finansial berarti kita perlu berkomitmen untuk mengembangkan pola pikir kita, merefleksikan prinsip, tujuan dan nilai-nilai kita, serta berkomitmen pada tindakan-tindakan penting untuk menciptakan kehidupan yang ingin kita jalani.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *