Berita

3 Cara Tingkatkan Skill saat Bekerja di Bidang yang Bukan Impian Kamu

×

3 Cara Tingkatkan Skill saat Bekerja di Bidang yang Bukan Impian Kamu

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Seiring dengan ketidakpastian perekonomian dan persaingan pasar kerja yang semakin meningkat, tidak jarang pencari kerja mengambil pekerjaan yang tidak sesuai dengan industri yang dituju. Meskipun sulit untuk tetap bahagia saat bekerja tidak Anda inginkan, bukan berarti tidak ada peluang untuk berkembang secara profesional.

Apa pun profesi yang Anda geluti, semakin banyak upaya yang Anda lakukan untuk meningkatkan keterampilan Anda, semakin besar peluang Anda untuk berkembang dalam peran Anda atau menyiapkan diri Anda untuk peluang dalam industri/karir yang Anda inginkan.

Berikut 3 cara tingkatkan skill saat bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan minat kamu:

1. Secara Aktif Mencari Cara Menggunakan Keterampilan Kamu di Tempat Kerja

Baik Anda seorang penulis yang bekerja di bidang penjualan atau jurusan bisnis yang bekerja di bank, selalu ada cara untuk menggunakan keterampilan yang telah Anda pelajari dan praktikkan—ke mana pun Anda pergi. Anda hanya perlu aktif mencari peluang tersebut.

Misalnya, jika Anda ingin menjadi reporter suatu hari nanti, tetapi pekerjaan Anda saat ini melibatkan administrasi perkantoran, temukan cara untuk membuat proyek menulis untuk membantu memperkuat keahlian Anda. Mungkin Anda bisa menulis ringkasan perusahaan di website perusahaan, blog tentang perusahaan, atau bahkan mencoba terhubung dengan vendor lain melalui media sosial.

Selalu ada cara untuk mengasah keterampilan yang telah Anda peroleh untuk menambah nilai di tempat kerja Anda saat ini.

2. Minta Bos Memberi Anda Lebih Banyak Tanggung Jawab

Mengambil tugas yang lebih berat akan membantu menantang Anda di dunia kerja, dan meminta lebih banyak tanggung jawab kepada atasan Anda menunjukkan bahwa Anda tidak takut dengan tantangan. Ini juga membantu Anda menonjol dari karyawan lain dengan cara yang benar.

Ini sama-sama menguntungkan: Anda dapat mempraktikkan keterampilan Anda dan atasan Anda memiliki lebih sedikit pekerjaan yang harus dipikirkan. Selain itu, meskipun pekerjaan Anda saat ini bukan di industri profesional, tidak unggul dalam suatu pekerjaan tidak membuat Anda terlihat seperti seorang profesional.

3. Mulai Bikin Blog Dan Manfaatkan Media Sosial

Bahkan jika Anda tidak suka menulis blog atau memposting di media sosial, mempelajari cara memasarkan perusahaan Anda akan membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang untuk siapa Anda bekerja. Semakin banyak Anda mengetahui tentang bisnis perusahaan tempat Anda bekerja, semakin mudah bagi Anda untuk mengetahui bagaimana Anda dapat terus menjadi aset berharga bagi perusahaan tersebut.

Selain itu, ini menunjukkan inisiatif tambahan. Pengusaha menyukai karyawan yang selalu menawarkan ide-ide baru yang dapat menghemat atau menghasilkan uang bagi perusahaan. Semakin banyak Anda berkontribusi, semakin Anda menjadikan diri Anda karyawan yang sangat diperlukan.

Dari semua upaya tersebut, mungkin saja Anda akan semakin menyukai pekerjaan yang sedang Anda kerjakan. Dan bahkan jika tidak, Anda melakukan upaya yang sah untuk berkembang secara profesional, dan memperoleh pengalaman dan keterampilan berharga yang pada akhirnya akan membantu Anda mendapatkan pekerjaan impian Anda.

Pilihan Editor: 8 Tips Manajemen Waktu untuk Ibu Bekerja, Tetapkan Batasan dan Hadir di Setiap Momen

WORK KIT DAILY

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *