Berita

Meski Baik untuk Kesehatan, 5 Orang dengan Kondisi Ini Tidak Disarankan Minum Air Jahe

×

Meski Baik untuk Kesehatan, 5 Orang dengan Kondisi Ini Tidak Disarankan Minum Air Jahe

Share this article


Minuman air jahe memang sudah tidak diragukan lagi akan manfaatnya yang besar bagi kesehatan. Air jahe sering dikonsumsi untuk mengatasi masalah pencernaan, mual, kelebihan berat badan dan darah tinggi. 

Namun, beberapa orang dengan kondisi tertentu tidak disarankan minum air jahe. Karena bisa memperparah penyakit atau memicu efek samping. Dilansir dari detikHealth, berikut beberapa orang yang tidak disarankan minum air jahe. Simak!

1. Pasien Penyakit Jantung

Ilustrasi sakit jantung/Foto: Freepik.com/benzoix

Jahe diketahui dapat membantu mengatasi penyumbatan pembuluh darah yang berpotensi memicu serangan jantung atau stroke. Namun, asupan jahe dalam dosis tinggi dapat memperparah penyakit jantung tertentu.

Karena itu, sebaiknya orang yang mengidap penyakit jantung berkonsultasi terlebih dahulu sebelum mengonsumsi air jahe.

2. Pengidap Diabetes

Ilustrasi diabetes/Foto: Freepik.com/rawpixel.com

Air jahe diketahui dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Namun, jika terlalu sering dikonsumsi, air jahe dapat membuat kadar gula darah turun drastis, sehingga memicu gejala seperti pusing atau kelelahan. 

Selain itu, mengonsumsi air jahe bersama dengan obat diabetes juga dapat membuat kadar gula darah anjlok dan menyebabkan hipoglikemia. 


3. Pengidap Hemofilia

Ilustrasi tes darah/Foto: Freepik.com/rawpixel.com

Ternyata jahe memiliki efek yang mirip dengan antikoagulan, yaitu obat yang digunakan untuk mencegah pembekuan darah. Biasanya obat ini dikonsumsi oleh orang yang mengalami pembekuan darah. 

Tapi pada penderita hemofilia, hindari minuman air jahe, karena dapat memberikan efek fatal. Hemofilia sendiri merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan darah yang tidak dapat membeku secara normal. 

Ketika pengidap hemofilia mengonsumsi air jahe, maka darahnya akan semakin sulit membeku. Alhasil, luka sedikit saja dapat menyebabkan pendarahan yang hebat.

4. Orang yang Mengonsumsi Obat Hipertensi

Ilustrasi tensi darah/Foto: Freepik.com/freepik

Air jahe memang dapat membantu mengatasi tekanan darah tinggi, namun jika dikonsumsi bersama obat hipertensi, maka tekanan darah bisa turun terlalu drastis. Hal ini memicu kondisi yang disebut hipotensi. 

Hipotensi sama berbahayanya dengan hipertensi. Kondisi ini disertai dengan pusing, penglihatan kabur, mual dan muntah, napas pendek, kelelahan, hingga hilang kesadaran. 

5. Ibu Hamil

Ilustrasi hamil/Foto: Freepik.com/drobotdean

Ibu hamil dan menyusui memang tidak boleh mengonsumsi sesuatu secara sembarangan, termasuk air jahe. Karena efek menghangatkan dari jahe bisa berdampak buruk bagi janin. 

Meskipun jahe diyakini dapat membantu meredakan gejala mual dan muntah di awal kehamilan, namun bumil dan busui harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi air jahe.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *