Berita

Tetap Aktif Berkarya, 6 Selebritas Ini Ternyata Harus Berjuang Lawan Penyakit Lupus

×

Tetap Aktif Berkarya, 6 Selebritas Ini Ternyata Harus Berjuang Lawan Penyakit Lupus

Share this article


Lupus merupakan penyakit autoimun di mana sistem kekebalan justru menyerang jaringan dan organ tubuh, sehingga menyebabkan peradangan pada berbagai organ. Lupus, yang dalam bahasa medis disebut Systemic Lupus Erythematosus (SLE), dapat memengaruhi hampir semua organ tubuh termasuk persendian, kulit, ginjal, sel darah, otak, jantung, dan paru-paru.

Menurut Johns Hopkins Lupus Center, 9 dari 10 diagnosis lupus terjadi pada perempuan. Lupus juga dijuluki penyakit ‘seribu wajah’ karena tanda dan gejalanya mirip dengan penyakit lain. Beberapa efek samping dari penyakit ini meliputi kelelahan yang luar biasa, ruam kulit, nyeri kronis, demam, kerusakan ginjal, masalah jantung, depresi, dan perubahan berat badan, dan kondisi ini bisa kambuh secara berkala.

Meskipun tidak ada obat untuk lupus, banyak penderitanya menjalani kehidupan yang relatif sehat dengan kontrol obat-obatan dan perawatan lainnya.

Penyakit lupus bisa menyerang siapapun tanpa pandang bulu, termasuk para artis nasional maupun internasional. Berikut adalah deretan artis yang mengidap lupus.

1. Isyana Sarasvati

Isyana Sarasvati/Foto: Instagram.com/isyanasarasvati

Penyanyi cantik yang suka tampil nyentrik ini didiagnosis penyakit autoimun jenis Systemic Lupus Erythematosus (SLE) alias lupus. Hal ini menjadi alasan mengapa dirinya kerap bolak-balik ke rumah sakit akhir-akhir ini.

“Mungkin banyak yang bertanya-tanya aku kenapa, kayak bolak balik RS mulu beberapa waktu ke belakang. Intinya akhir tahun lalu aku terdiagnosis autoimun, salah satunya SLE. Nah sekarang lagi flare,” tulis Isyana lewat unggahan di akun Instagramnya pada Kamis (20/4/2023).

Lebih lanjut, Isyana mengingatkan para pengikutnya untuk menjaga kesehatan tubuh. Terlebih, apabila kelelahan Isyana menyarankan untuk beristirahat. Saat ini, tampaknya kondisi Isyana sudah semakin membaik. Terbukti, pelantun lagu IL SOGNO ini tengah menggelar rangkaian konser 4 albumnya bertajuk Journey in Harmony di sepanjang Mei ini.

2. Qory Sandioriva

Qory Sandioriva/Foto: Instagram.com/qorysandioriva

Masih ingat dengan Puteri Indonesia 2009 Qory Sandioriva? Lama tak eksis di layar kaca, rupanya perempuan 32 tahun ini sempat berjuang melawan penyakit lupus, yang ia derita sejak berusia 12 tahun. Tak hanya lupus, ia ternyata juga punya riwayat penyakit autoimun Sjogren’s Syndrome. Perempuan yang pernah mewakili Indonesia dalam ajang Miss Universe ke-59 di Las Vegas, AS ini bahkan pernah jatuh koma akibat lupus.

Untuk memperlambat pertumbuhan penyakitnya, Qory harus mengonsumsi obat jenis steroid, yang efeknya membuat kenaikan berat badan drastis. Ibu satu anak ini juga sempat menjalani pengobatan di Singapura dan Korea Selatan. Saat ini, Qory Sandioriva mulai mencoba kembali aktif di dunia hiburan.

3. Selena Gomez

Selena Gomez/Foto: Instagram.com/selenagomez

Selena Gomez sempat dihujat warganet lantaran mengalami kenaikan berat badan. Padahal, hal itu terjadi sebagai efek samping dari pengobatan lupus yang dideritanya sejak 2015.

Sejak saat itu, pendiri brand kosmetik Rare Beauty ini telah menjalani berbagai pengobatan termasuk kemoterapi dan transplantasi ginjal. Kekasih dari Benny Blanco ini juga berhadapan dengan gangguan bipolar, yang membuatnya harus menjalani terapi untuk mengatasi serangan panik, kecemasan, dan depresi.

Kini, Selena telah berdamai dengan keadaan, terutama soal perubahan berat badannya. Pelantun lagu Love On ini lalu menggunakan platform media sosialnya untuk meningkatkan kesadaran dan mengedukasi para penggemarnya tentang lupus.


4. Lady Gaga

Lady Gaga/Foto: Instagram.com/ladygaga

Pelantun lagu Shallow ini didiagnosis mengidap penyakit lupus pada 2010 yang berasal dari faktor keturunan atau genetik. Penyakitnya ini kemungkinan terkait dengan riwayat bibinya Joanne yang meninggal dunia karena Lupus di tahun 1974. Meski begitu, Lady Gaga tidak pernah mengalami gejala yang diidap pengidap lupus.

“Dan sebenarnya saya tidak menunjukkan tanda-tanda atau gejala lupus apapun. Tapi, saya telah dites positif untuk penyakit ini,” ungkap penyanyi, penulis lagu, dan aktris Amerika ini dalam sebuah episode Larry King Live pada bulan Juni 2010, mengutip CNN

“Tapi saya harus menjaga diri saya dengan baik,” tambahnya.

5. Paula Abdul

Paula Abdul/Foto: Instagram.com/paulaabdul

Selebritas Hollywood lainnya yang mengidap lupus adalah Paula Abdul. Mantan juri ajang American Idol itu pernah menderita penyakit lupus dan rheumatoid arthritis selama lebih dari satu dekade, sebelum akhirnya gejalanya berkurang selama beberapa tahun berkat perubahan pola makan dan olahraga.

Mengutip POPSUGAR, Paula yang aktif bersuara tentang lupus di media sosial, juga menjadi pendukung utama di komunitas Lupus Los Angeles untuk melakukan advokasi kesadaran dan penelitian terkait penyakit lupus.

6. Toni Braxton

Toni Braxton/Foto: Instagram.com/tonibraxton

Penyanyi peraih Grammy Award, Toni Braxton terang-terangan berjuang melawan penyakit lupus sistemik sejak 2008. Kadang, gejalanya membuat kondisi tubuhnya tidak stabil.

“Ketika Anda menderita lupus, Anda merasa seperti terserang flu setiap hari,” katanya dalam sebuah wawancara dengan Huffpost Live pada tahun 2015.

Seperti diketahui, lupus dapat menyebabkan peradangan yang merusak sistem tubuh. Ini juga yang dirasakan oleh penyanyi 56 tahun itu.

“Saya mengalami beberapa komplikasi kesehatan yang serius, termasuk sekarang penyakit ini mulai mempengaruhi ginjal saya. …Kulit saya, rambut saya, jantung saya, organ vital saya mulai terkena dampaknya,” ceritanya dalam wawancara bersama CBS tahun lalu.

Toni Braxton mengaku kini kesehatannya jauh lebih stabil dengan menjalani diet pescatarian, olahraga teratur, dan perawatan diri. Ia juga mendorong para penderita lupus untuk terus memeriksakan kesehatan ke dokter.

****
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *