Berita

Kasus Covid-19 di Singapura Melonjak Naik, Lakukan 5 Cara Pencegahan Ini agar Kamu Tidak Terpapar!

×

Kasus Covid-19 di Singapura Melonjak Naik, Lakukan 5 Cara Pencegahan Ini agar Kamu Tidak Terpapar!

Share this article


Saat ini Singapura kembali dilanda lonjakan kasus Covid-19. Kasusnya meningkat hampir dua kali lipat dari minggu ke minggu. 

Perkiraan jumlah infeksi dari minggu sebelumnya hanya 13.700 kasus, pada 5-11 Mei 2024 melonjak naik 90 persen menjadi 25.900. Kementerian Kesehatan (MOH) pun telah menyampaikan bahwa rata-rata rawat inap hariannya meningkat, dari 181 di minggu sebelumnya menjadi 250. Namun, untuk rata-rata kasus harian di perawatan intensif tetap rendah. 

Diketahui, lonjakan Covid-19 di Singapura ini karena jenis virus Covid-19 KP.1 dan KP.2. Kedua strain tersebut dijuluki oleh para ilmuwan sebagai varian Covid-19 “FLiRT”, yang merupakan keturunan varian JN.1, yang menyebar dengan cepat ke seluruh dunia beberapa bulan lalu. 

Beauties, tingginya kasus Covid-19 yang kini terjadi di Singapura perlu diwaspadai oleh kita. Pasalnya, Singapura menjadi negara tetangga yang dekat dengan Indonesia. Sederet pencegahan perlu mulai kamu lakukan. Apa saja, simak!

1. Hindari Liburan ke Singapura Sementara

Singapura/Foto: Freepik.com/bloodua

Beauties, cara pencegahan pertama agar kamu tidak terpapar tentunya untuk tidak liburan dulu ke Singapura. Mengingat angka lonjakannya tinggi, dikhawatirkan saat liburan tersebut kamu bisa terpapar dengan warga lokal di sana. 

2. Menjauhi Kerumunan
Pandemi Covid-19

Ilustrasi kerumunan/Foto: Pexels.com/Ryutaro Tsukata

Kita tidak pernah tau kondisi sesungguhnya orang-orang yang berada di sekitar kita. Bisa saja mereka sedang sakit, namun tetap bepergian. 

Hal ini tentu berbahaya bisa membuat kita terpapar. Karena itu, ada baiknya untuk Beauties menjauhi kerumunan sementara waktu ini.

3. Menggunakan Masker
Pandemi Covid-19

Ilustrasi pakai masker/Foto: Freepik.com

Jangan lupa untuk selalu menggunakan masker saat sedang sakit atau berada di tempat umum. Masker dapat melindungimu dari penyebaran virus melalui udara. 


4. Sering Mencuci Tangan
Ilustrasi mencuci tangan/ Foto: Freepik.com/freepik

Ilustrasi mencuci tangan/Foto: Freepik.com/freepik

Penting juga untuk selalu menjaga kebersihan tanganmu, Beauties. Seringlah mencuci tangan dengan air mengalir selama minimal 20 detik dengan sabun. 

Kalau sedang tidak ada air di sekitarmu, bisa menggunakan alternatif lain, yakni hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60%. Mengutip Health Matters, hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dicuci. 

5. Jaga Daya Tahan Tubuh dan Vaksinasi
Pandemi Covid-19

Ilustrasi vaksinasi/Foto: Freepik.com

Cara terakhir jangan lupa untuk selalu menjaga daya tahan tubuhmu agar tetap sehat. Beberapa cara menjaga daya tahan tubuh yang bisa dilakukan adalah memiliki istirahat yang cukup, rajin berolahraga, mengelola stres dengan baik, makanan makanan sehat dan tepat waktu, dan konsumsi vitamin jika diperlukan. 

Untukmu yang belum lengkap melakukan vaksinasi, jangan lupa untuk melakukannya. Sebab, vaksinasi bermanfaat untuk perlindungan tubuh dari infeksi atau penularan Covid-19. 

Beauties, itulah sederet cara pencegahan Covid-19 di kala kasus yang melonjak naik di Singapura. Walau mungkin terkesan ‘jauh’, tapi mencegahnya agar tidak terpapar tentu baik untuk dilakukan ya. Yuk selalu jaga kesehatan!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *