Berita

Mudah Ditemukan di Indonesia, 4 Rempah Ini Jadi yang Termahal di Dunia

×

Mudah Ditemukan di Indonesia, 4 Rempah Ini Jadi yang Termahal di Dunia

Share this article


Masakan Indonesia terkenal akan penggunaan rempah yang cukup banyak, sehingga memiliki cita rasa unik yang berbeda dibandingkan masakan dari negara lain. Selain untuk menambah cita rasa pada makanan, rempah-rempah juga sering digunakan sebagai obat alami, seperti jahe untuk mengobati sakit perut dan kunyit untuk bantu meredakan peradangan.

Namun, tahukah kamu kalau ada beberapa rempah yang memiliki nilai jual tinggi dan beberapa di antaranya bisa kamu temukan dengan mudah di Indonesia? Berikut 4 di antaranya seperti yang telah dilansir dari Dishes Ideas.

1. Safron





Safron/Foto: Freepik.com

Safron adalah rempah yang diekstrak dari bunga Crocus sativus dan memiliki harga jual yang sangat tinggi karena proses panen yang memakan waktu dan tenaga, serta dibutuhkan antara 110-165 ribu tangkai bunga untuk memanen satu kilogram safron. Safron asal Kashmir dinilai memiliki kualitas paling unggul di antara sekian banyak jenis safron.

2. Vanila




Rempah termahal di dunia
Vanila/Foto: Freepik.com/aascorve

Rempah satu ini sering ditemukan dalam makanan manis seperti es krim dan kue. Meksiko dan Madagaskar dikenal sebagai negara penghasil vanila terbanyak di dunia. Harga vanila yang tinggi disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk proses panennya yang rumit dan memakan waktu, serta ketersediaan vanila alami yang terbatas.

3. Cengkeh

Deretan rempah-rempah termahal di dunia/Foto: Freepik.com/AndreyStar

Sejak zaman dulu, cengkeh telah memainkan peran penting dalam perdagangan sehingga saat ini cengkeh juga dianggap sebagai salah satu rempah termahal di dunia. Proses panen dan pengolahan cengkeh memerlukan ketelitian yang tinggi karena cengkeh harus dipanen pada waktu yang tepat agar mencapai kematangan yang optimal.

Ketersediaan cengkeh yang terbatas, ditambah dengan permintaan yang tinggi di pasar global, menyebabkan harga cengkeh menjadi salah satu yang tertinggi di antara rempah-rempah lainnya. Harga cengkeh bisa fluktuatif tergantung pada faktor-faktor seperti musim panen, permintaan pasar, dan kualitasnya.


4. Kapulaga

Deretan rempah-rempah termahal di dunia/Foto: Freepik.com/user20464901

Dilansir dari Piccantino, harga satu kilogram kapulaga bisa mencapai 51,98 poundsterling atau sekitar Rp1,05 juta. Bagian biji kapulagalah yang membuat rempah satu ini masuk dalam jajaran rempah termahal di dunia. Selain dikenal untuk menambah cita rasa, kapulaga memiliki ragam manfaat kesehatan seperti menjaga kesehatan jantung.

Itulah beberapa rempah yang memiliki harga jual tinggi di dunia. Bahkan beberapa di antaranya bisa kamu temukan dengan mudah, baik di pasar ataupun supermarket.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *