Berita

7 Obat Asam Urat Alami yang Bisa Dicoba di Rumah, Mudah Didapat!

×

7 Obat Asam Urat Alami yang Bisa Dicoba di Rumah, Mudah Didapat!

Share this article


Asam urat adalah salah satu jenis radang sendi karena tingginya kadar asam urat di dalam darah. Gejalanya termasuk nyeri sendi, pembengkakan, dan kekakuan. Berikut adalah beberapa obat asam urat alami yang bisa dicoba di rumah.

Meskipun ada obat-obatan konvensional yang tersedia untuk mengobati asam urat, banyak orang mencari alternatif alami yang dapat membantu mengelola gejala dan mencegah asam urat kambuh.

Lantas, apa sajakah obat asam urat alami yang bisa dicoba di rumah? Dirangkum dari Healthline dan detikHealth, berikut ulasannya!

Jahe

7 Obat Asam Urat Alami yang Bisa Dicoba di Rumah, Mudah Didapat! /Foto: Freepik.com/freepik

Jahe adalah tumbuhan obat yang dipercaya dapat mengobati kondisi radang, termasuk asam urat. Dalam sebuah studi, jahe terbukti menjadi bahan yang mampu untuk meredakan nyeri yang berhubungan dengan asam urat.

Kompres jahe dapat dibuat dengan cara merebus parutan jahe segar ke dalam air mendidih. Masukkan lap bersih pada air rebusan jahe tersebut dan tempelkan pada bagian yang terasa nyeri selama 15 sampai 30 menit.

Selain dengan mengompres, minuman jahe panas juga sangat baik untuk meredakan asam urat. Untuk mengontrol kadar asam urat, jahe bisa diseduh sebagai minuman. Caranya, merebus jahe selama 10 menit di air yang mendidih. Untuk hasil yang lebih baik, jahe bisa dikonsumsi sebanyak 3 gelas dalam sehari.

Seledri
Menyimpan seledri/ Foto: freepik.com/bublikhaus

7 Obat Asam Urat Alami yang Bisa Dicoba di Rumah, Mudah Didapat! /Foto: freepik.com/bublikhaus

Seledri merupakan tumbuhan yang bisa dikonsumsi sebagai salah satu obat alami untuk masalah asam urat. Penggunaan seledri sebagai salah satu obat asam urat cukup populer meskipun masih sedikit penelitian ilmiah.

Seledri baik dalam bentuk ekstrak maupun biji sayuran dipercaya dapat mengurangi peradangan asam urat pada penderita. Cobalah rutin mengonsumsi seledri setiap hari, terutama bagian batang seledri, yang bisa dikonsumsi secara mentah, dibuat jus, ekstrak, atau bijinya.

Lemon
Makanan untuk bantu proses detoksifikasi tubuh

7 Obat Asam Urat Alami yang Bisa Dicoba di Rumah, Mudah Didapat! /Foto: Freepik.com

Lemon menjadi salah satu buah yang bisa dijadikan obat alami dalam mengatasi asam urat.

Menurut penelitian, lemon diyakini dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah. Cara mengonsumsinya juga dapat dikombinasi dengan berbagai olahan sehat lainnya. Air perasan lemon dapat dicampurkan ke dalam air hangat dan sebaiknya dikonsumsi sebanyak 2 sampai 3 kali sehari.

Buah Ceri
Ceri/foto: pexels.com/jane doan

7 Obat Asam Urat Alami yang Bisa Dicoba di Rumah, Mudah Didapat! /Foto: pexels.com/jane doan

Berdasarkan data survei tahun 2016 yang diambil dari PubMed Central, ceri menjadi salah satu buah yang sangat populer untuk dijadikan obat alami asam urat.

Dalam sebuah studi pada tahun 2012, ceri juga dipercaya dapat mencegah serangan asam urat. Ceri direkomendasikan dikonsumsi oleh penderita asam urat sebanyak tiga porsi dalam 2 hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Daun Sirsak
CAGUA, VENEZUELA, DEC 24: Soursop fruit hanging on its tree, on December 24, 2018.

7 Obat Asam Urat Alami yang Bisa Dicoba di Rumah, Mudah Didapat! /Foto: Getty Images/(c) by Cristóbal Alvarado Minic

Daun sirsak mengandung vitamin A dan C di dalamnya, di mana keduanya dapat mengeluarkan racun dalam tubuh.

Untuk mengkonsumsinya, daun sirsak dapat direbus untuk kemudian dihidangkan menjadi minuman herbal dan bisa dikonsumsi rutin setiap harinya.


Dandelion
Konon dengan minum teh dandelion yang mengandung kalsium dan vitamin K pendukung tulang, akan membantu memperlambat perkembangan osteoporosis.

7 Obat Asam Urat Alami yang Bisa Dicoba di Rumah, Mudah Didapat! /Foto: freepik.com

Teh dandelion ataupun ekstraknya kerap digunakan untuk meningkatkan kesehatan hati dan ginjal. Dalam penelitian yang dilakukan, dandelion berhasil menurunkan kadar asam urat pada mereka yang memiliki risiko gangguan ginjal.


Air Putih
Ilustrasi meminum air putih/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

7 Obat Asam Urat Alami yang Bisa Dicoba di Rumah, Mudah Didapat! /Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Last but not least, air putih menjadi salah satu obat alami yang baik bagi penderita asam urat. Mengonsumsi air putih dengan kadar yang cukup dapat membantu menjadikan asam urat mudah larut dan tidak menumpuk dalam tubuh.

Disarankan untuk mengonsumsi air putih hangat untuk hasil yang lebih optimal, di mana dapat membantu melancarkan peredaran darah sehingga metabolisme dalam tubuh akan meningkat.

Itulah beberapa obat asam urat alami yang bisa kamu coba di rumah. Selain memerhatikan asupan makanan, kamu juga bisa menerapkan gaya hidup sehat, seperti rajin berolahraga, hindari alkohol, hingga kelola stres.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *