Berita

Di Indonesia Murah, 7 Makanan Ini Dijual Mahal di Luar Negeri!

×

Di Indonesia Murah, 7 Makanan Ini Dijual Mahal di Luar Negeri!

Share this article


Ketika tinggal di luar negeri, ada kerinduan untuk menyantap makanan khas Indonesia. Sayangnya, banyak keterbatasan bahan yang menyulitkan diaspora Indonesia yang rindu dengan kuliner nusantara. 

Walau begitu, tetap ada cara untuk menikmati kuliner Indonesia di luar negeri, seperti melalui toko kelontong yang khusus mengimpor barang dan rempah-rempah. Ada pula restoran yang menyediakan kudapan nusantara di luar negeri.

Dengan adanya keterbatasan itu, harga yang dijual pun melambung tinggi. Belum pula teknik memasak hidangan khas daerah yang cukup rumit. 

Dilansir dari detikfood, ada beberapa makanan Indonesia yang dijual mahal di luar negeri. Padahal, deretan makanan tersebut dijual dengan harga yang murah di Tanah Air. Penasaran apa saja? 

1. Nasi Padang

Nasi Padang /Foto: Getty Images via detikcom

Ada beberapa diaspora Indonesia yang membuka restoran padang di luar negeri. Nggak heran, makanan khas Padang merupakan salah satu kudapan daerah yang paling populer di Indonesia.

Di Indonesia, seporsi nasi padang beserta lauk pauknya umumnya dibanderol dengan harga kurang lebih Rp20 ribu. Namun, berbeda jika kamu sedang di luar negeri. Seorang warganet yang berada di London dapat mengeluarkan uang sebesar Rp 248 ribu untuk seporsi nasi padang dan satu gelas es teh. 

Nggak hanya itu saja, rendang yang lezat pun juga bisa dipatok dengan harga yang tinggi. Seorang perempuan Indonesia yang tinggal di Belanda pernah mengabadikan momen ketika ia mendapatkan Rp9 juta ketika membuat pesanan rendang untuk orang lain di Negeri Kincir Angin itu.

2. Mie Instan

Mie Instan /Foto: iStock via detikcom

Mie instan Indonesia nggak hanya digemari oleh orang lokal, tetapi juga orang asing yang ada di luar negeri. Salah satu merk instan asal Tanah Air, Indomie, sangat populer di kancah internasional. 

Hanya dengan Rp2.500 – Rp3.500 kamu telah bisa mendapatkan satu bungkus mie tersebut, tetapi beda cerita ketika berada di negara lain. Melansir detikfinance, kamu harus mengeluarkan uang sebesar kurang lebih Rp10.678 per bungkus ketika di Jepang. Kalau kamu di Australia, satu bungkus Indomie bisa dijual dengan harga Rp13.394. 

3. Soto Betawi

Soto Betawi /Foto: Shutterstock via detikcom

Soto Betawi adalah kuliner Indonesia yang nggak kalah lezat dengan masakan lainnya. Di Indonesia, hanya dengan uang puluhan ribu saja, kamu bisa menyantap gurihnya semangkok soto dengan seporsi nasi. 

Sedangkan, seorang WNI di Jepang pernah mengungkapkan bahwa seporsi soto Betawi bisa dibanderol dengan harga Rp160 ribu. Cukup mahal, ya, Beauties? 

4. Gado-gado

Gado-gado /Foto: DetikFood

Makanan Indonesia yang dijual mahal di luar negeri selanjutnya ada gado-gado. Dengan sebutan bahasa Inggris mixed vegetables with the peanut sauce, gado-gado di negara lain seperti Amerika Serikat dapat dijual dengan harga lebih dari Rp100 ribu. Sangat berbeda di Indonesia yang hanya membutuhkan uang puluhan ribu saja. 


5. Sate

Sate Ayam /Foto: Getty Images/Kanawa Studio via detikcom

Sate adalah makanan khas Indonesia yang nggak kalah populer di kalangan orang lokal maupun asing. Dengan gurihnya ayam yang dibakar dan ditambahkan dengan bumbu kacang membuatnya menjadi salah satu kuliner Indonesia yang wajib dicoba. 

Di Indonesia, harga sate ayam sebenarnya bermacam-macam. Dari harga Rp18.000 pun kamu telah bisa menyantap satu porsi sate yang terdiri dari 10 tusuk. 

Namun, beda cerita di Jerman. Di sana, kamu memerlukan uang sejumlah 10 euro atau kurang lebih Rp170 ribu (kurs saat ini) untuk menikmati kelezatan sate. 

6. Tempe

Tempe /Foto: detikcom/ Dhiky Sasra

Yang terakhir, ada tempe atau makanan yang diolah dari fermentasi kedelai. Tempe termasuk bahan masakan yang sangat terjangkau. Hanya dengan Rp5 ribu, kamu telah bisa mendapatkan bahan tersebut. Akan lebih murah jika kamu berada di daerah dan membelinya di pasar tradisional. 

Di Korea Selatan, tempe dapat dijual dengan harga sekitar Rp25 ribu. Sedangkan, kamu butuh uang Rp 50 ribu untuk membeli satu tempe di Arab Saudi. 

Ada makanan favoritmu, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *