Berita

4 Cara Merawat Rambut Keriting agar Dapatkan Tampilan yang Cantik, Mudah Kok!

×

4 Cara Merawat Rambut Keriting agar Dapatkan Tampilan yang Cantik, Mudah Kok!

Share this article


Dulu stigma perempuan cantik adalah perempuan yang langsing, berkulit putih, dan berambut lurus. Hal ini tentunya salah besar! Semua perempuan terlepas dari bentuk tubuh, warna kulitnya, dan tipe rambutnya adalah perempuan yang cantik. 

Seringkali rambut keriting dicap “jelek”, padahal rambut keriting merupakan salah satu tipe rambut alami yang dimiliki perempuan Indonesia. Rambut keriting juga rambut yang cantik, bahkan banyak perempuan yang memiliki rambut lurus berusaha untuk membuat curly atau rambut yang keriting. 

Bagi Beauties yang memiliki rambut keriting, nggak perlu minder, ya! Yuk, rawat rambut keritingmu dengan cara di bawah ini agar rambutmu semakin cantik!

1. Jangan terlalu sering keramas

Ilustrasi keramas / Foto: Pexels.com/RDNE Stock project

Lho, kok malah jangan terlalu sering keramas? Eits, ini ada alasannya, Beauties! Menurut American Academy of Dermatology Association, terlalu sering keramas dapat membuat rambut menjadi kering dan kusut. Hal ini dikarenakan minyak alami pada kulit kepala akan hilang akibat pencucian rambut. 

Idealnya cukup 2-3 kali dalam seminggu, namun jika dirasa terlalu kotor atau terlalu banyak aktivitas outdoor, Beauties bisa keramas lebih sering. Pastikan produk shampoo yang digunakan sesuai dengan rambut keriting.

Beauties bisa memilih produk shampoo dengan kandungan natural oil, seperti coconut oil, jojoba oil, atau aloevera, dan keratin, yang dapat melembapkan kulit kepala dan menghindarkan dari kering. 

2. Gunakan conditioner

Ilustrasi conditioner / Foto: Pexels.com/Element5 Digital

Perawatan ini terkadang terlewatkan oleh Beauties. Padahal conditioner memegang peran penting untuk perawatan rambut. Conditioner menjaga rambut tetap lembap, tidak kusut, dan lebih mudah diatur. 

Namun, pemakaian conditioner harus tetap. Dilansir dari Instyle, penggunaan conditioner tidak lebih dari 15 menit saat didiamkan di batang rambut, lebih dari itu, conditioner justru dapat menyumbat pori-pori rambut. Sebaiknya, perhatikan cara pemakaian conditioner, karena tiap produk bisa berbeda cara pemakaiannya. 

Conditioner juga bisa diaplikasikan sebelum keramas. Langkah tersebut membuat rambut terhindar dari kusut dan lebih lembut saat keramas nanti. 


3. Pilih sisir yang tepat

Ilustrasi pemakaian sisir / Foto: Pexels.com/Yan Krukau

Melansir Healthline, rambut keriting seringkali kering dan rapuh. Hal ini membuat rambut mudah patah saat disisir. Oleh sebab itu, pemilihan sisir yang tepat dapat menghindari dari kerontokan rambut. 

Beauties bisa mencoba sisir bergigi jarang untuk memecah kekusutan rambut. Adapun cara lain, yaitu dengan menyisir saat pemakaian conditioner. Dengan begitu, rambut tidak mudah kusut dan bisa disisir.

Sekarang ada cukup banyak variasi sisir untuk rambut keriting. Beauties bisa mencobanya yang sesuai dengan kondisi rambut. 

4. Lindungi rambut sebelum styling

Ilustrasi styling / Foto: Pexels.com/Polina Tankilevitch

Beauties perlu ingat bahwa styling rambut terus menerus tanpa memperhatikan kondisi rambut dapat merusak rambut, lho. Jika Beauties ingin styling rambut keriting, ada baiknya menggunakan hair oil atau hair care product lainnya untuk menjaga kesehatan rambut. 

Healthline secara spesifik menyebutkan untuk menggunakan heat protecting spray sebelum melakukan styling dengan hair dryer, straightener atau catokan. Produk ini mampu menghindarkan rambut dari panas berlebih yang disebabkan oleh alat-alat styling. 

Keempat tips di atas cukup mudah bukan, Beauties? Jadi semakin semangat untuk merawat rambut keriting, bukan?

______

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *