Berita

6 Manfaat Hojicha, Teh Asal Jepang yang Mampu Mengatasi Stres

×

6 Manfaat Hojicha, Teh Asal Jepang yang Mampu Mengatasi Stres

Share this article


Teh matcha mungkin akan terlintas pertama kali di pikiran kamu jika ditanya jenis teh yang identik dengan Jepang. Padahal Jepang tidak hanya dikenal dengan teh matcha-nya saja, tapi juga ada teh hojicha yang juga tidak kalah populer.

Teh hojicha adalah salah satu jenis teh hijau Jepang yang mengalami proses pemanggangan untuk menghasilkan warna teh yang coklat kemerahan serta rasa yang kaya dan hangat. Sama seperti teh matcha, teh hojicha juga memiliki ragam manfaat kesehatan.

Dilansir dari Health Shots, berikut 6 manfaat kesehatan dari teh hojicha yang sayang untuk kamu lewatkan.

1. Rendah Kafein





Ilustrasi teh hojicha/Foto: Freepik.com

Proses pemanggangan mengurangi kandungan kafein dalam teh hojicha, menjadikannya pilihan yang cocok untuk kamu yang ingin mengurangi asupan kafein atau untuk dikonsumsi di sore hari tanpa mengganggu pola tidur.

2. Memiliki Rasa yang Ringan




manfaat teh hojicha
Ilustrasi teh hojicha/Foto: Freepik.com/azerbaijan_stockers

Hojicha memiliki profil rasa yang ringan dan hangat dengan nuansa pedas dan karamel. Teh ini cocok untuk kamu yang tidak begitu menyukai rasa teh hijau pada umumnya yang memiliki ciri khas.

3. Tinggi Antioksidan

Ragam manfaat teh hojicha/Foto: Freepik.com/topntp26

Sama seperti teh hijau lainnya, hojicha mengandung antioksidan seperti katekin dan polifenol. Dua jenis antioksidan ini membantu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.


4. Mengurangi Stres




manfaat teh hojicha
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/timeimage

Hojicha mengandung L-theanine, yang memiliki efek relaksasi pada sistem saraf pusat. Gelombang otak alfa yang diaktifkan selama meditasi juga bisa dirangsang oleh L-theanine. Hal ini mengurangi ketegangan dan membuat pikiran jauh lebih tenang.

5. Memiliki Sifat Anti Penuaan

Ragam manfaat teh hojicha/Foto: Freepik.com

Kandungan vitamin C dalam hojicha bisa membantu mengurangi flek hitam yang muncul seiring bertambahnya usia. Vitamin C juga terbukti mampu menunda timbulnya kerutan dan secara bertahap meningkatkan elastisitas kulit.

6. Membantu Proses Pencernaan




manfaat teh hojicha
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Beberapa orang menemukan bahwa rasa teh hojicha dan kandungan kafein yang lebih rendah membuatnya lebih nyaman di perut dibandingkan dengan teh hijau lainnya, sehingga berpotensi membantu pencernaan dan meredakan ketidaknyamanan pencernaan.

Teh hojicha dianggap aman bagi kebanyakan orang bila dikonsumsi dalam jumlah sedang sebagai bagian dari diet seimbang. Namun, bagi kamu yang memiliki kondisi kesehatan atau sensitivitas tertentu harus berhati-hati dan berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi teh ini.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *