Berita

Rendah Karbohidrat dan Bikin Kenyang, 5 Makanan Enak Ini Cocok untuk Program Diet

×

Rendah Karbohidrat dan Bikin Kenyang, 5 Makanan Enak Ini Cocok untuk Program Diet

Share this article


Karbohidrat merupakan nutrisi yang bermanfaat sebagai sumber energi utama untuk tubuh. Karbohidrat memang dapat mengenyangkan perut. Namun, bagi kamu yang berniat untuk menurunkan berat badan, dianjurkan untuk membatasi konsumsi karbohidrat.

Untukmu yang suka khawatir soal makanan, ada beberapa makanan rendah karbohidrat, namun tetap mengenyangkan dan cocok untuk diet. Dilansir dari detikFood, berikut beberapa makanan tersebut di bawah ini. Simak!

1. Alpukat

Ilustrasi alpukat/Foto: Freepik.com/stockking

Satu buah alpukat mengandung 3 gram karbohidrat dan 1 gram serat makanan. Buah ini dapat meluruhkan lemak di perut hingga mengendalikan nafsu makan. 

Menurut penelitian dalam Nutrition Journal, peserta uji coba yang mengonsumsi setengah alpukat segar saat makan siang, dapat menurunkan sekitar 40% keinginan makan beberapa jam setelahnya. 

Selain itu, mengonsumsi alpukat juga dapat membantu dalam penyerapan nutrisi optimal. 

2. Ikan

Ilustrasi ikan/Foto: Freepik.com/freepik

Ikan juga termasuk makanan yang rendah karbohidrat dan cocok untuk diet. Rata-rata ikan mengandung sekitar 0-4 gram karbohidrat dalam 100 gram penyajian. 

Selain itu, ikan juga tinggi asam lemak omega-3, omega-6, yodium,  hingga kalsium. Kandungan proteinnya juga dapat membantu meningkatkan rasa kenyang yang lebih lama. 

Beberapa jenis ikan yang bisa dikonsumsi untuk membantu diet ialah ikan tuna, ikan kembung, hingga ikan cakalang.


3. Telur

Ilustrasi telur rebus/Foto: Freepik.com/azerbaijan_stockers

Telur juga merupakan makanan yang rendah karbohidrat dan mengandung 0,1-0,4 karbo dalam setiap butirnya. Karena itu, konsumsi telur juga dapat membantu menurunkan berat badan. 

Namun, perhatian juga konsumsinya. Jika dikombinasikan dengan makanan yang tidak seimbang, hal ini bisa meningkatkan risiko kekurangan nutrisi. 

4. Kacang-kacangan

Ilustrasi kacang almond/Foto: Freepik.com/jcomp

Beberapa jenis kacang-kacangan juga dapat membantu menurunkan berat badan. Seperti kacang almond yang rendah karbohidrat dan mengandung nutrisi vitamin E, magnesium, hingga riboflavin. 

Selain itu, kacang almond juga tinggi protein, sehingga bisa membuat perut kenyang lebih lama. Kacang almond juga dapat mengurangi lemak pada perut. 

Namun karena tinggi kalori, asupan kacang almond perlu dibatasi. Konsumsi kacang almond dengan jumlah maksimal 100 gram. 

Selain kacang almond, kacang tanah juga cocok untuk diet karena rendah kalori dan tidak mengandung lemak jenuh. Konsumsi kacang tanah bisa menjaga berat badan tetap stabil. Kandungan protein dan serat tinggi di dalamnya bisa membantu perut kenyang lebih lama. 

5. Sayuran Cruciferous

Ilustrasi brokoli dan kembang kol/Foto: Freepik.com/KamranAydinov

Sayuran cruciferous merupakan sayuran yang memiliki kelopak khas seperti kubis. Sayuran ini mengandung serat, vitamin C, E, K, folat, kalsium, lutein, hingga kalium.

Brokoli termasuk sayuran cruciferous yang cocok untuk dikonsumsi untuk diet. Mengandung karbohidrat cukup rendah, sekitar 6-7 gram dalam 100 gramnya. Selain itu, kembang kol juga bisa jadi pilihan untuk diet, karena hanya mengandung sekitar 5 gram dalam 100 gram penyajian. 

Beauties, itu dia sederet makanan rendah karbohidrat tapi tetap enak, sehat, dan mengenyangkan cocok untuk diet. Yuk coba!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *