Berita

4 Strategi Meningkatkan Kualitas Tidur dari Berbagai Belahan Dunia

×

4 Strategi Meningkatkan Kualitas Tidur dari Berbagai Belahan Dunia

Share this article


Beauties tentu sepakat bahwa tidur adalah bagian penting dari kesehatan kita. Namun, tidur tepat waktu, tertidur dengan cepat, bangun dengan perasaan segar dan berenergi tidak selalu mudah. Itulah pentingnya mendapatkan tidur yang berkualitas. Oleh karenanya, kita perlu mengatur strategi agar mendapatkan tidur yang berkualitas.

Nah, ternyata negara-negara dari berbagai belahan dunia punya berbagai strategi tidurnya masing-masing loh, Beauties. Mengutip dari laman Verywellmind, berikut adalah beberapa beberapa strategi tidur dari berbagai belahan dunia.

1. Inemuri di Jepang





Strategi tidur di Jepang/Foto: Freepik.com/freepik

Inemuri juga dimaknai sebagai “hadir sambil tidur”. Apa maksudnya? Dalam budaya Jepang, tidur di tempat kerja tidak dianggap buruk. Tidur malah diterima dan dihargai karena menunjukkan bahwa orang tersebut telah bekerja keras dan memprioritaskan produktivitas.

Oleh karenanya, pekerja sering tidur siang di tempat umum seperti bangku taman, transportasi umum, jalanan, ruang kantor, tangga, dan lainnya di Jepang. Bagaimana Beauties, tertarik mencobanya?

2. Siestas di Spanyol

Strategi tidur di Spanyol/Foto: Freepik.com/freepik

Siesta sendiri adalah kebiasaan tidur yang sudah banyak dikenal. Dalam bahasa Spanyol, siesta berarti tidur siang. Ini melibatkan istirahat di tengah hari kerja untuk pulang dan menikmati makan siang bersama keluarga, kemudian diikuti dengan tidur siang. Kebiasaan tidur ini didukung oleh sebuah studi yang menunjukkan bahwa tidur siang singkat selama 10 menit dapat meningkatkan kewaspadaan dan kinerja kognitif yang signifikan selama satu jam, loh.


3. Metode Tidur Skandinavia

Strategi tidur di Skandinavia/Foto: Freepik.com/freepik

Tahukah Beauties bahwa di negara-negara Skandinavia, seperti Denmark, Norwegia, dan Swedia, banyak pasangan yang tidur satu ranjang namun menggunakan selimut yang berbeda, alias masing-masing. Mereka tidak berbagi selimut. Metode tidur ini dikenal sebagai metode tidur Skandinavia. Metode ini membantu mencegah gangguan tidur akibat gerakan atau preferensi suhu dari pasangan.

4. Sauna Finlandia

Strategi tidur di Finlandia/ Foto: Freepik.com/freepik

Untuk Beauties yang pernah atau bahkan sering berkunjung ke salon, spa, maupun pusat kebugaran, mungkin tidak asing lagi dengan “sauna”. Sauna sendiri merupakan ruangan dengan suhu panas dan kering yang digunakan untuk membantu tubuh mengeluarkan keringat dan membakar lebih banyak kalori. Nah, ternyata, di Finlandia ada yang namanya mandi sauna.

Biasanya mengakhiri hari dengan mandi sauna yang panas adalah praktik kebugaran yang banyak diikuti di Finlandia dan telah populer di seluruh dunia. Sauna dipercaya membantu relaksasi dan meningkatkan kualitas tidur. Studi menunjukkan bahwa sauna dapat melepaskan endorfin dan membantu mengurangi stres psikologis dan nyeri. Selain itu juga membantu mendorong interaksi sosial yang positif, yang semuanya dipercaya dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas tidur.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *