Berita

Mau Tau Rahasia Makanan Panjang Umur Ala Blue Zone? Cek di Sini…

×

Mau Tau Rahasia Makanan Panjang Umur Ala Blue Zone? Cek di Sini…

Share this article


Siapa sih yang nggak tau Blue Zone. Wilayah satu ini dikenal dengan masyarakatnya yang sehat, awet muda, panjang umur, dan tingkat penyakit kronis yang rendah. 

Orang-orang di wilayah Blue Zone seperti Okinawa Jepang, Ikaria Yunani, hingga Sardinia Italia selalu menerapkan pola hidup yang sehat. Salah satunya dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi. 

Makanan yang dikonsumsinya tidak sembarangan, lho. Memangnya makanan apa saja sih yang dikonsumsi orang Blue Zone?

1. Selalu Mengutamakan Sayuran sebagai Hidangan Utama

Wortel masuk daftar makanan diet orang Blue Zone/foto: pexels.com/Hana Mara

Orang-orang yang tinggal di Blue Zone, 95% makanannya berasal dari tumbuhan atau produk nabati, mengutip Blue Zones. Mereka membatasi konsumsi protein hewani dan hanya menjadikannya makanan pendamping atau penyedap masakan. 

Biasanya, masyarakat sana mengonsumsi sayuran berwarna hijau gelap dan berdaun seperti bayam dan kangkung.

Merujuk Business Insider, sayuran akar berwarna orange dan kuning cerah juga masuk dalam daftar makanan diet Blue Zone. Sayuran akar itu meliputi ubi ungu, wortel, dan lobak.

2. Konsumsi Olive Oil

Olive oil/foto: pexels.com/Polina Tankilevitch

Selain sayuran, masyarakat Blue Zone juga giat mengonsumsi olive oil. Laporan Healthline menuturkan, olive oil mengandung antioksidan dan asam oleat yang dapat membantu mengurangi peradangan. 

Guna mendapatkan minyak yang lebih sehat, pilihlah extra virgin olive oil. Pasalnya, minyak zaitun jenis ini mengandung lebih banyak antioksidan dan vitamin E serta K.

Olive oil bisa digunakan untuk apa, nih? Biasanya orang di sana menggunakan olive oil untuk memasak atau sekedar campuran pada salad dan sayuran.


3. Konsumsi Biji-bijian Utuh Berserat Tinggi: Roti Sourdough

Roti gandum/foto: pexels.com/Bruno Thethe

Alih-alih makan roti putih, orang Blue Zone lebih memilih roti gandum atau sourdough. Pembuatan roti sourdough telah melalui proses fermentasi panjang yang memecah kandungan pati/tepung di dalamnya. Proses ini membuat indeks glikemik dalam sourdough lebih rendah dari roti lainnya. 

Mengutip CNBC, roti di Blue Zone berupa gandum utuh. Roti di Ikaria dan Sardinia terbuat dari biji-bijian seperti gandum jelai atau hitam.  

Itulah rahasia makanan yang membuat orang-orang di wilayah Blue Zone memiliki angka harapan hidup yang tinggi. Gimana, tertarik mencobanya?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.  


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *