Berita

Rutin Mulai Tidur Jam 9 Malam Ternyata Datangkan Banyak Manfaat, Ini Daftarnya!

×

Rutin Mulai Tidur Jam 9 Malam Ternyata Datangkan Banyak Manfaat, Ini Daftarnya!

Share this article


Saat pukul 9 malam tiba, sebagian orang menganggap ini waktu yang masih ‘sore’ untuk tertidur. Namun, sebagian orang lagi ada yang sudah akan terlelap tidur. 

Beauties yang sudah akan tidur di jam 9 malam, artinya kamu melaksanakan tidur yang lebih awal. Tidur di jam ini juga dapat mendatangkan sederet manfaat untuk tubuh. 

Berikut sederet manfaat tidur tepat waktu di jam 9 malam. Simak!

1. Bisa Bangun Lebih Pagi dan Tenang

Ilustrasi bangun tidur/Foto: Freepik/Freepik

Beauties, dengan tidur lebih awal, kamu juga akan bangun lebih pagi. Manfaat bangun lebih pagi, dapat membuatmu memiliki waktu yang lebih panjang untuk beraktivitas. 

Sebelum pergi bekerja, kamu bisa memasak terlebih dulu untuk sarapan-makan siang atau membuat to-do-list harian. Yang pastinya, kamu juga tidak akan terburu-buru mengerjakan apapun, yang bisa membuatmu jadi lebih tenang. 

2. Bisa Olahraga Pagi
Ilustrasi olahraga pagi

Ilustrasi olahraga pagi/Foto: Getty Images/Worawee Meepian

Punya waktu luang di pagi hari, bisa dimanfaatkan untuk olahraga. Nggak perlu harus ke gym, sesederhana lari pagi, jalan kaki, atau yoga sudah bisa dikatakan olahraga. 

Mengutip Fortune, menurut penelitian, olahraga di pagi hari dapat meningkatkan energi, membuatmu lebih berkonsentrasi, hingga mengurangi risiko penyakit jantung. Kamu bisa olahraga 15-30 menit setiap harinya.


 

3. Miliki Wajah Glowing!
Ilustrasi Kulit Wajah Glowing/Foto: Freepik

Ilustrasi wajah glowing/Foto: Freepik.com

Tidur awal waktu artinya kamu tidak begadang. Di sinilah kamu akan mendapakan manfaat untuk kesehatan kulit. 

Mengutip Sleep Foundation, kurang tidur dapat berdampak pada penampilan fisik, seperti kulit lebih pucat, muncul kerutan, hingga mata panda. Para peneliti pun menemukan, orang yang kurang tidur tampak lebih sedih dan lelah dibandingkan orang yang cukup tidur. 

Karena itu, dengan tidur lebih awal dan tidak begadang, sel-sel kulit akan beregenerasi dengan baik, sehingga sederet masalah akibat kurang tidur di atas bisa teratasi. 

“Saat tidur, produksi sel bisa lebih cepat, dua kali lipat. Ini mempercepat perbaikan kulit dari kerusakan di seiang hari,” kata Dr. Lulu Guo, seorang dokter pengobatan tidur. 

4. Punya Sistem Kekebalan Tubuh yang Baik
Profile of proud young woman showing off her arm muscles.

Ilustrasi tubuh sehat/Foto: iStock

Jika kamu tidur rutin di jam 9 malam dan bangun jam 4 atau 5 pagi, artinya kamu sudah memiliki waktu tidur yang cukup, yakni 7-8 jam. 

Dengan waktu tidur yang cukup dan tidak begadang, dapat membantumu melawan penyakit. Melansir Healthline, hal ini karena kamu memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. 

Beauties, itu dia sederet manfaat tidur lebih awal di jam 9 malam. Bagaimana, kamu sudah menerapkan atau baru akan nih?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *