Berita

4 Minuman Sehat untuk Atasi Masalah Diare, Bikin Tubuh Terhidrasi Kembali

×

4 Minuman Sehat untuk Atasi Masalah Diare, Bikin Tubuh Terhidrasi Kembali

Share this article


Diare merupakan suatu kondisi berupa keluhan buang air besar encer yang terjadi lebih dari 3 kali sehari. Diare biasanya bisa disebabkan oleh virus atau terkadang makanan yang terkontaminasi. Jarang sekali menjadi tanda gangguan lain, seperti penyakit radang usus atau sindrom iritasi usus.

Masalah pencernaan ini memang membuat seseorang menjadi tidak nyaman dan menguras energi. Meskipun kasus diare yang parah memerlukan perhatian medis, namun diare ringan dapat ditangani sendiri di rumah dengan beberapa pengobatan rumahan yang sederhana. 

Mengingat selama diare seseorang banyak kehilangan air dan elektrolit dari tubuh, maka penting untuk mengisi kembali cairan yang hilang demi mencegah kelemahan dan dehidrasi. 

Melansir dari Healthshots, berikut beberapa minuman sehat yang dapat meredakan diare dengan cepat dan membuat tubuh terhidrasi kembali.

1. Air Kelapa

Ilustrasi air kelapa/Foto: Freepik.com/jcomp

Air kelapa diketahui dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti diare. Sebagai sumber elektrolit alami, seperti kalium dan natrium, air kelapa efektif mengatasi dehidrasi akibat diare dan menghidrasi tubuh. Selain itu, air kelapa juga mengandung antioksidan yang bagus untuk sistem pencernaan. 

Cara menyiapkannya, cukup tuangkan air kelapa segar ke dalam gelas. Tambahkan sejumput garam untuk menambah elektrolit. Agar lebih nikmat, kamu juga bisa menambahkan beberapa es batu.  

2. Smoothie Pisang

Ilustrasi smoothie pisang/Foto: Freepik.com/Racool_studio

Pisang mudah dicerna dan kaya akan potasium, vitamin esensial, serta serat, sehingga dapat membantu mengatasi diare. 

“Pisang dapat membantu mengisi kembali nutrisi penting ini dan mengurangi stres pada sistem pencernaan Anda,” kata Pakar Ayurveda Dr Dimple Jangda. 

Selain itu, pisang mengandung pektin, serat larut yang dapat membantu menyerap kelebihan air di usus dan membantu membentuk tinja, sehingga meningkatkan pergerakan usus. 

Cara membuatnya, campurkan satu buah pisang matang dengan secangkir susu atau yogurt. Tambahkan satu sendok makan madu untuk rasa manis, jika mau tambahkan sejumput kayu manis untuk menambah rasa. Blender hingga halus dan nikmati.  

3. Air Lemon

Ilustrasi air lemon/Foto: Freepik.com/8foto

Air lemon juga dapat membantu mengatasi masalah diare dan mencret. 

“Dikemas dengan kandungan vitamin C yang tinggi, minuman ini membantu menyeimbangkan tingkat pH dalam usus,” kata Dr Jangda. 

Selain itu, asam sitrat dalam lemon dapat membantu membunuh bakteri berbahaya penyebab diare. 

Cara membuatnya, peras satu buah lemon untuk diambil sarinya ke dalam segelas air. Tambahkan satu sendok teh madu untuk rasa manis jika mau. Aduk rata dan minum secara perlahan. 


4. Air Beras

Ilustrasi air beras/Foto: Freepik.com/freepik

Ternyata air beras merupakan obat tradisional diare yang telah digunakan selama berabad-abad.

“Kaya akan pati yang dapat membantu mengikat tinja encer dan memberikan efek menenangkan pada saluran pencernaan. Ini dapat membantu rehidrasi dan mengurangi frekuensi buang air besar, ” kata Dr Jangda.

Cara menyiapkannya, bilas setengah cangkir beras dengan air dingin. Rebus nasi dalam empat gelas air hingga empuk dan lembek. Saring nasi, sisakan airnya. Biarkan air beras dingin hingga mencapai suhu kamar. Tambahkan sejumput garam, dan minumlah. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *