Berita

5 Tanda Penuaan pada Kulit Kepala yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Sering Rontok!

×

5 Tanda Penuaan pada Kulit Kepala yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Sering Rontok!

Share this article


Siapa bilang tanda-tanda penuaan cuma terlihat di kulit wajah? Ternyata, kulit kepala juga bisa menunjukkan tanda-tanda penuaan, loh.  

Sayangnya, hal ini sering kali terabaikan. Padahal, menjaga kesehatan kulit kepala itu sama pentingnya dengan merawat kulit wajah. Yuk, simak lima tanda penuaan pada kulit kepala yang jarang diketahui. Baca sampai habis, ya!

1. Rambut Menipis dan Rontok

Rambut menipis dan rontok/Foto: Freepik/Stockking

Rambut menipis dan rontok bukan cuma disebabkan oleh masalah genetik atau hormonal, tapi juga bisa menandakan adanya penuaan pada kulit kepala. Seiring bertambahnya usia, folikel rambut bisa melemah dan produksi rambut baru menurun. Akibatnya, rambut terlihat lebih tipis dan mudah rontok.

Solusinya? Rajinlah menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung bahan-bahan penguat folikel, seperti biotin dan keratin. Jangan lupa juga untuk rutin melakukan pijatan lembut di kulit kepala untuk melancarkan peredaran darah.

2. Kulit Kepala Kering dan Gatal

Kulit kepala kering dan gatal/Foto: Freepik/Master1305

Kulit kepala kering dan gatal seringkali dianggap sepele, padahal bisa jadi ini adalah tanda penuaan. Produksi minyak alami pada kulit kepala berkurang seiring usia sehingga kondisinya menjadi lebih kering dan mudah gatal.

Untuk mengatasi masalah ini, gunakan sampo dan kondisioner yang melembapkan. Hindari produk dengan kandungan bahan kimia keras yang bisa semakin mengeringkan kulit kepala. Selain itu, rutinlah menggunakan hair mask atau minyak rambut alami, seperti minyak kelapa atau minyak argan untuk menjaga kelembapan kulit kepala.


3. Munculnya Uban Lebih Cepat

Munculnya uban lebih cepat/Foto: Freepik/Stockking

Uban biasanya muncul seiring bertambahnya usia. Akan tetapi, pada beberapa orang uban bisa muncul lebih cepat karena faktor penuaan pada kulit kepala. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya produksi melanin sebagai pigmen yang memberi warna pada rambut.

Meski tidak bisa dihindari sepenuhnya, kamu bisa memperlambat kemunculan uban dengan menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut. Konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan dan nutrisi penting, seperti vitamin B12 dan zat besi untuk mendukung produksi melanin.

4. Rambut Tumbuh Lebih Lambat

Rambut tumbuh lebih lambat/Foto: Freepik/8photo

Seiring bertambahnya usia, siklus pertumbuhan rambut mengalami perubahan. Folikel rambut yang bertanggung jawab untuk memproduksi helai rambut baru bisa melemah dan bekerja lebih lambat dari biasanya.

Proses ini disebabkan oleh berkurangnya produksi sel-sel baru di kulit kepala, serta penurunan aliran darah dan nutrisi ke folikel rambut. Faktor lain dapat dipengaruhi oleh perubahan hormonal, stres, dan paparan lingkungan yang merusak. Untuk membantu mengatasi masalah ini, rutinlah memijat kulit kepala agar sirkulasi darah lebih lancar.

5. Kepadatan Rambut Menjadi Kurang

Kepadatan rambut menjadi kurang/Foto: Freepik/8photo

Proses bertambahnya usia dapat mengakibatkan penurunan jumlah dan ukuran folikel yang mengakibatkan rambut terlihat lebih jarang. Proses ini dikenal sebagai miniaturisasi folikel, di mana folikel rambut yang sebelumnya menghasilkan rambut tebal dan kuat mulai menghasilkan rambut yang lebih tipis dan rapuh.

Penurunan kepadatan rambut juga dapat dipicu oleh perubahan hormonal, terutama pada wanita yang mengalami menopause dan pada pria yang mengalami penurunan kadar testosteron. Selain itu, faktor genetik, pola makan yang tidak seimbang, dan stres juga dapat mempercepat proses ini.

Nah, demikian lima tanda penuaan pada kulit kepala yang sering terabaikan. Sekarang kamu sudah tahu, bukan?

Jadi, jangan lupa untuk memberikan perhatian lebih pada kulit kepala. Mulailah mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi penting, seperti protein, vitamin, dan mineral. Selain itu, dilansir dari Wollipop, kamu bisa coba menggunakan produk perawatan yang dirancang khusus untuk rambut.

Dengan perawatan yang tepat, kulit kepala akan terjaga dan tetap sehat. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu kamu dalam merawat kecantikan dan kesehatan rambut.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.  


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *