Berita

7 Cara Alami untuk Atasi Sakit Kepala, Salah Satunya Jaga Kualitas Tidur!

×

7 Cara Alami untuk Atasi Sakit Kepala, Salah Satunya Jaga Kualitas Tidur!

Share this article


Sakit kepala adalah masalah umum yang menyerang seseorang dari segala usia. Penyakit ini muncul dengan gejala yang berbeda, mulai dari sakit kepala tegang yang tumpul hingga nyeri migrain yang tidak tertahankan.

Sakit kepala ini tentu sangat mengganggu kehidupan kamu, sehingga sulit untuk beraktivitas dengan normal. Melansir dari HealthifyMe, faktor pola makan dan gaya hidup seperti minum alkohol dan dehidrasi dapat memicu sakit kepala.

Jika tidak suka minum obat, kamu masih bisa, lho, menyembuhkannya dengan cara alami dan memodifikasi gaya hidup dengan lebih baik. Yuk, pahami berbagai cara alami yang efektif untuk mengatasi sakit kepala berikut ini!

Tidur Berkualitas





Ilustrasi/Foto: Unsplash/Kinga Howard

Kurang tidur dapat menjadi salah satu penyebab paling umum berbagai masalah di hidupmu. Ketidakseimbangan pada tubuh akibat kurang tidur bisa berujung pada sakit kepala. Kualitas tidur yang buruk dan insomnia juga dapat meningkatkan frekuensi dan keparahan sakit kepala.

Karena itu, menetapkan rutinitas tidur yang konsisten dan cukup bisa menjadi cara alami mencegah sakit kepala. Kamu perlu mencapai keseimbangan dengan tidur 7-9 jam per malam setiap harinya.

Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Hidrasi/Foto: Freepik/Yanalya

Dehidrasi termasuk pemicu umum sakit kepala. Apabila kamu tidak mendapatkan asupan air yang cukup, tentu kamu akan kesulitan konsentrasi dan mudah tersinggung.

Selain itu, dehidrasi juga memberikan tekanan pada tubuh dan otak bereaksi dengan memicu sakit kepala. Oleh sebab itu, menjaga tubuh agar tetap terhidrasi akan mendukung kesehatanmu secara keseluruhan dan terhindar dari sakit kepala.

Minyak Atsiri

Minyak Atsiri/Foto: Freepik

Minyak atsiri, seperti papermint, lavender, dan kayu putih dapat meredakan sakit kepala secara efektif. Kandungan senyawa aromatik dalam minyak ini memiliki manfaat terapeutik dan dapat membantu meringankan gejala sakit kepala secara alami. Kamu bisa mengoleskannya secara topical di area yang nyeri akibat sakit kepala.

Kompres Dingin

Kompres Dingin/Foto: Freepik

Kompres dingin bisa menjadi obat sederhana untuk mengurangi peradangan, memperlambat konduksi saraf, dan menyempitkan pembuluh darah. Karena itu, kompres dingin bisa memberikan solusi nyata untuk meredakan sakit kepala jenis tertentu dengan cepat. Kamu bisa mengaplikasikan kompres dingin ini pada bagian leher, kepala, maupun pelipis.

Minuman Jahe

Minuman Jahe/Foto: Unsplash/Julia Topp

Jahe adalah salah satu jenis rimpang yang bisa membantu menyembuhkan sakit kepala. Sebuah penelitian menunjukkan khasiat akar jahe dalam menghilangkan rasa sakit, mual, dan muntah yang berkaitan dengan sakit kepala parah. Ini karena jahe kaya akan antioksidan dan zat anti inflamasi bagi tubuh. Kamu bisa mengonsumsi teh jahe sebagai cara alami untuk meredakan migrain atau sakit kepala.


Konsumsi Kafein

Konsumsi Kafein/Foto: Unsplash/Engin Akyurt

Cara alami lainnya adalah mengonsumsi kafein. Minuman kafein seperti teh dan kopi mampu meningkatkan suasana hati, meningkatkan kewaspadaan, dan menyempitkan pembuluh darah yang berkontribusi positif pada gejala sakit kepala.

Kandungan kafein pada minuman juga dapat meningkatkan efek pereda nyeri untuk melawan sakit kepala. Namun, kamu perlu berhati-hati agar tidak mengonsumsi kafein secara berlebihan.

Yoga

Yoga/Foto: Unsplash/Benjamin Child

Melakukan aktivitas fisik secara teratur merupakan strategi yang mudah untuk mengurangi frekuensi sakit kepala. Kamu bisa melakukannya dengan cara sederhana seperti yoga. Sebuah penelitian menunjukkan efek positif terapi yoga dapat mengurangi migrain kronis dan menghilangkan stres.

Jangan lupa terapkan cara-cara di atas agar terhindar dari sakit kepala berkelanjutan, Beauties. Namun, jika sakit kepala yang kamu rasakan begitu hebat dan terlalu sering, segera temui dokter, ya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *