Berita

7 Daftar Buah yang Dapat Kempiskan Perut Buncit, Kalau Mau Singset Yuk Rutin Konsumsi!

×

7 Daftar Buah yang Dapat Kempiskan Perut Buncit, Kalau Mau Singset Yuk Rutin Konsumsi!

Share this article


Memiliki lemak yang menumpuk di perut atau perut buncit sering kali menjadi permasalahan bagi banyak orang. Bagaimana tidak, hal ini kerap membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. 

Untuk menghilangkan timbunan lemak di perut tentu tidak cukup dengan diet saja, namun perlu menerapkan perubahan kebiasaan hidup seperti pola makan yang sehat, olahraga, dan sebagainya. 

Khususnya pada makanan, terdapat beberapa buah-buahan yang dapat membantu mengecilkan perut buncit. Dilansir dari Healthshots, berikut beberapa di antaranya.

1. Kiwi

Ilustrasi buah kiwi/Foto: Freepik.com/pvproductions

Kiwi merupakan buah penuh nutrisi yang kaya serat, vitamin, dan antioksidan. Serat dalam kiwi membantu melancarkan pencernaan dan mencegah kembung, sementara kandungan kalorinya yang rendah menjadikannya tambahan yang sempurna untuk diet penurunan berat badan. 

Kiwi juga mengandung aktinidin, enzim yang membantu pencernaan, mendukung kesehatan pencernaan dan mengurangi lemak perut. 

2. Apel

Ilustrasi apel/Foto: Freepik.com/lifeforstock

Apel merupakan buah yang kaya akan serat makanan, terutama pektin, yang membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan. Apel juga rendah kalori, sehingga dapat menjadi camilan yang sangat baik untuk menurunkan berat badan. 

Antioksidan dalam apel, seperti quercetin dan flavonoid, dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan metabolisme, sehingga berkontribusi terhadap hilangnya lemak di sekitar perut. 

3. Pisang

Ilustrasi pisang/Foto: Freepik.com/wirestock

Bertentangan dengan anggapan umum, pisang sebenarnya baik untuk menurunkan berat badan. Pisang adalah sumber potasium yang sangat baik, yang membantu menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh dan mengurangi retensi air dan kembung. 

Pisang juga mengandung pati resisten, sejenis karbohidrat yang meningkatkan oksidasi lemak dan mengurangi penyimpanan lemak. Makan pisang dapat membuatmu merasa kenyang, mengurangi kemungkinan makan berlebihan dan mengurangi lemak perut. 


4. Alpukat

Ilustrasi alpukat/Foto: Freepik.com/photoroyalty

Alpukat merupakan buah yang kaya akan nutrisi. Alpukat memiliki keunikan karena tinggi lemak sehat, terutama lemak tak jenuh tunggal. Lemak ini dapat membantu mengurangi lemak perut dengan meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan kalori secara keseluruhan. 

Alpukat juga mengandung serat, yang membantu pencernaan dan membantu mencegah kembung, sehingga berkontribusi pada perut yang lebih rata. 

5. Buah Beri

Ilustrasi buah beri/Foto: Freepik.com/azerbaijan_stockers

Buah beri seperti stroberi, blueberry, raspberry, dan blackberry kaya akan antioksidan, vitamin, dan serat. Kandungan seratnya yang tinggi membantu mengatur pencernaan dan dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi kemungkinan makan berlebihan. 

Buah beri juga memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah secara signifikan, sehingga membantu mengontrol insulin dan mengurangi penyimpanan lemak. 

6. Nanas

Ilustrasi nanas/Foto: Freepik.com/freepik

Nanas mengandung bromelain, yaitu enzim yang membantu pencernaan dan membantu mengurangi kembung dan peradangan. Buah tropis ini juga kaya akan vitamin dan antioksidan yang mendukung kesehatan metabolisme dan penurunan lemak. 

Kandungan air yang tinggi dalam nanas juga dapat membuatmu tetap terhidrasi dan kenyang, serta mengendalikan nafsu makan yang tidak diinginkan. 

7. Semangka

Ilustrasi semangka/Foto: Freepik.com/timolina

Semangka adalah buah yang menghidrasi dengan kandungan air tinggi dan lebih sedikit kalori. Makan semangka dapat membantumu tetap kenyang. 

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Nutrition menemukan, bahwa semangka juga dapat membantu mengontrol tekanan darah pada orang yang kelebihan berat badan karena kandungan asam aminonya.  

Itulah sederet buah yang dapat mengempiskan perut buncit. Yuk rutin konsumsi Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *