Berita

Agar Awet Muda, Ini 6 Kandungan Skincare Terbaik untuk Melawan Tanda-Tanda Penuaan

×

Agar Awet Muda, Ini 6 Kandungan Skincare Terbaik untuk Melawan Tanda-Tanda Penuaan

Share this article


Penuaan kulit merupakan proses alami, dimana kulit akan mulai berubah seiring bertambahnya usia. Perubahan ini bisa berupa hilangnya kolagen dan elastin dari kulit, kulit kering, penurunan kadar asam hialuronat, garis-garis halus dan kerutan kata dokter kulit Dr Rinky Kapoor. 

Bagi kamu yang ingin tetap awet muda, ada beberapa kandungan skincare terbaik yang disarankan para ahli untuk melawan tanda-tanda penuaan. Dilansir dari Healthshost, berikut 6 kandungan skincare tersebut. 

1. Vitamin C

Ilustrasi kandungan vitamin C/Foto: Freepik.com/freepik

Vitamin C merupakan antioksidan yang bekerja sangat baik dalam melindungi kulit dari kerusakan apa pun yang disebabkan oleh bahan kimia atau polutan. Vitamin C juga dikenal sebagai salah satu bahan anti penuaan terbaik yang dapat membuat kulit bersinar. 

Karena itu, kandungan vitamin C dalam skincare dapat membantu mengurangi atau memudarkan bintik-bintik penuaan atau tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus dan kerutan. 

Vitamin C biasanya digunakan sebagai salah satu bahan utama tabir surya yang memberikan cakupan lebih baik dan perlindungan optimal dari sinar UV yang berbahaya. 

2. Retinol

Ilustrasi pemakaian serum/Foto: Freepik.com/freepik

Retinol merupakan salah satu bentuk vitamin A yang membantu meningkatkan produksi sel kulit, membuka pori-pori yang tersumbat, meningkatkan produksi kolagen, dan juga mengelupas kulit untuk hasil bercahaya. 

Biasanya kandungan retinol ditemukan dalam berbagai produk skincare seperti krim, lotion, dan serum. 

Retinol secara signifikan dapat memperbaiki tekstur kulit, sehingga membuat kulit terlihat segar dan sehat. Sifat anti penuaan yang terkandung dalam retinol sangat bermanfaat dalam mengurangi iritasi kulit, peradangan, kemerahan, dan menghilangkan jerawat. 

3. Niacinamide

Ilustrasi penggunaan skincare/Foto: Freepik.com/freepik

Niacinamide merupakan salah satu bentuk vitamin B3 dan memiliki sifat anti-inflamasi serta anti penuaan, sehingga menjadikannya pilihan yang cocok untuk mencegah tanda-tanda penuaan. 

Orang yang menderita masalah kulit seperti hiperpigmentasi, iritasi kulit, peradangan, noda, jerawat dewasa, dan kemerahan akibat kondisi kulit tertentu seperti eksim, psoriasis, dan rosacea sebaiknya memilih produk skincare yang mengandung niacinamide. 


4. Asam Hialuronat

Ilustrasi asam hialuronat/Foto: Freepik.com/freepik

Asam hialuronat merupakan salah satu kandungan skincare yang paling populer untuk hasil yang efektif. Sebenarnya, asam hialuronat juga diproduksi secara alami dalam tubuh, namun kadar ini menurun secara alami seiring bertambahnya usia.

Asam hialuronat bertanggung jawab untuk menjaga hidrasi dan kelembapan pada kulit dan mata, serta melumasi sendi. 

Memasukkan asam hialuronat ke dalam rangkaian perawatan kulit memiliki banyak manfaat. Di antaranya membuat tekstur kulit menjadi lebih halus, meningkatkan elastisitas, mengurangi munculnya kerutan dan garis halus, serta membuat kulit bersinar secara alami. 

5. Ceramide

Ilustrasi pemakaian krim mata/Foto: Freepik.com/freepik

Ceramide merupakan sejenis lemak alami yang sebenarnya sudah ada dalam sel kulit manusia. Ceramide membantu melindungi kulit dari polusi atau kerusakan akibat sinar matahari.

Ceramide dapat berkurang secara alami seiring bertambahnya usia, sehingga membuat kulit terlihat dehidrasi dan sensitif. Penggunaan produk skincare yang mengandung ceramide dapat bermanfaat dalam mencegah tanda-tanda penuaan seperti kulit kering, kerutan, garis-garis halus, dan kulit kendur.  

6. Peptida

Ilustrasi memegang krim/Foto: Freepik.com/serhii_bobyk

Peptida merupakan suatu bentuk asam amino yang mendorong kulit memproduksi lebih banyak kolagen, sehingga membuat kulit terlihat sehat dan kenyal.

Seiring bertambahnya usia, kulit mulai kehilangan kolagennya secara alami. Karena itu, menggunakan produk skincare yang secara khusus mengandung peptida bisa sangat bermanfaat dan meningkatkan produksi kolagen di kulit. 

Dianjurkan untuk menggunakan krim berbahan dasar peptida dengan durasi lebih lama jika menginginkan kulit halus dan mulus, serta awet muda.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *