Berita

Menurut Psikolog, Ini Alasan Kamu Sering Mimpi Buruk dan Cara Mengatasinya

×

Menurut Psikolog, Ini Alasan Kamu Sering Mimpi Buruk dan Cara Mengatasinya

Share this article


Mimpi buruk adalah pengalaman tidur yang dapat mengganggu dan sering kali menakutkan bagi banyak orang. Meskipun tidak semua orang yang mengalami mimpi buruk bisa mengingatnya, terkadang mimpi buruk bisa berdampak secara psikologis jika terjadi terus menerus.

Dilansir dari USA Today, berikut adalah penjelasan mengapa kita sering mimpi buruk beserta cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya. Yuk, simak!

Penyebab dan Dampak Mimpi Buruk

Menurut Psikolog, Ini Dia Alasan Kamu Sering Mimpi Buruk/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Dr. Michael Nadorff, seorang ahli psikologi dari Universitas Mississippi State, menjelaskan bahwa mimpi buruk terjadi terutama saat kita tidur dalam fase yang disebut Rapid Eye Movement (REM). Menurutnya, sebagian besar mimpi buruk sebenarnya merupakan respons alami dari otak dalam menghadapi emosi yang sulit. 

Mimpi buruk dapat menjadi pengalaman yang mengganggu pola tidur dan kesejahteraan kita. Terutama jika mimpi buruk tersebut berulang-ulang, mimpi buruk dapat mengganggu kualitas tidur dan kehidupan sehari-hari.

Cara Menghindari Mimpi Buruk

Menurut Psikolog, Ini Dia Alasan Kamu Sering Mimpi Buruk/Foto: Pexels/Ketut Subiyanto

Untuk mengatasi masalah mimpi buruk, Dr. Nadorff merekomendasikan beberapa strategi pengelolaan. Salah satunya adalah terapi permainan gambar, di mana individu diminta untuk membayangkan mimpi yang lebih positif sebagai pengganti mimpi buruk yang sering dialami. Melalui latihan visualisasi ini, diharapkan otak dapat diberikan rangsangan yang lebih positif sebelum tidur, mengurangi kemungkinan bermimpi buruk. 

Selain itu, menjaga rutinitas tidur yang teratur dan menciptakan lingkungan tidur yang nyaman di kamar juga dapat membantu mengurangi kemungkinan mimpi buruk. Penerapan strategi-strategi ini dapat membantu individu mengatasi masalah mimpi buruk dan meningkatkan kualitas tidur serta kesejahteraan psikologis mereka.


Pentingnya Bantuan Profesional

Menurut Psikolog, Ini Dia Alasan Kamu Sering Mimpi Buruk/Foto: Pexels/SHVETS production

Perlu diingat bahwa jika masalah mimpi buruk terus mengganggu kualitas tidur dan kehidupan sehari-hari seseorang, bantuan dari ahli sangat diperlukan. Para profesional memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam mengatasi masalah tidur dan dapat memberikan saran yang lebih khusus dan terarah sesuai dengan kondisi individu.

Dengan bantuan yang tepat, individu dapat belajar mengelola mimpi buruk dan memperbaiki kualitas tidur serta kesejahteraan psikologis mereka secara keseluruhan. Dengan demikian, penting untuk mencari bantuan jika masalah ini terus berlanjut.

Itulah dia penjelasan mengenai mimpi buruk bagi kamu yang sering mengalaminya. Jika mimpi buruk sudah dirasa mengganggumu, segera ambil langkah untuk mengatasinya, ya, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *