Berita

3 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Tingkatkan Konsentrasi, Jadi Lebih Produktif Deh!

×

3 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Tingkatkan Konsentrasi, Jadi Lebih Produktif Deh!

Share this article


Beauties, pernahkah kamu merasakan sulit konsentrasi saat bekerja? Saat sedang menyimak, tiba-tiba pikiran melayang ke hal-hal lain sehingga konsentrasi pun buyar.

Jika kesulitan konsentrasi sudah mulai mengganggu kegiatan sehari-harimu, saatnya kamu memperbaiki rutinitas nih, Beauties! Sebab, mengutip Harvard Health Publishing, seseorang sulit fokus dapat disebabkan karena kondisi diri seperti kesulitan tidur atau depresi, efek samping pengobatan, minum alkohol berlebihan, dan terlalu banyak mencerna informasi.

Mereka pun menyarankan sederet cara untuk memulihkan konsentrasi. Begini yang direkomendasikan.

Mindfulness

Ilustrasi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes

Kata ‘mindfulness’ sudah tidak asing terdengar. Praktik ini terbukti mendatangkan banyak manfaat, salah satunya meningkatkan konsentrasi. Kondisi mindful terjadi saat kamu memfokuskan atensi ke waktu sekarang alias the present. Untuk melatihnya, coba luangkan waktu untuk duduk diam selama beberapa menit setiap hari, pejamkan mata, dan fokus ke pernapasan, suara, dan sensasi di sekitarmu.


Melatih Kemampuan Kognitif
Ilustrasi sudoku

Ilustrasi/ Foto: Pexels.com/Anete Lusina

Melatih kemampuan kognitif bisa dilakukan dengan cara bermain game untuk meningkatkan waktu respon dan atensi, meditasi, belajar bahasa baru, olahraga, dan masih banyak lagi seperti yang dilansir dari Medical News Today.

Lebih lanjut, Kim Willment, neuropsikolog dari Brigham and Women’s Hospital, menyatakan pada Harvard Health ada bukti bahwa “kemampuan seseorang untuk memperhatikan dapat ditingkatkan dengan cara mendorong orang tersebut ke tingkat kinerja yang lebih tinggi secara progresif “.


Gaya Hidup Sehat
Ilustrasi makan makanan sehat/Foto: Unsplash/Farhad Ibrahimzade

Ilustrasi/ Foto: Unsplash.com/Farhad Ibrahimzade

Terakhir adalah menerapkan gaya hidup sehat. Sebab, banyak hal dari gaya hidup sehat yang mendukung peningkatan konsentrasi. Rajin berolahraga berpengaruh terhadap kemampuan kognitif. Mendapatkan tidur yang cukup, yakni 7-8 jam setiap malam, akan memengaruhi kesehatan otak. Pola makan sehat, seperti melakukan diet Mediterania, juga mendukung kesehatan otak dan mencegah kondisi yang memengaruhi penurunan fokus.

Jadi, tunggu apa lagi, Beauties? Yuk terapkan ketiga cara tersebut agar keseharianmu makin produktif!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!



(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *