Berita

Doyan Makanan Manis Berlebihan Itu Bahaya, Ini 7 Cara Menguranginya!

×

Doyan Makanan Manis Berlebihan Itu Bahaya, Ini 7 Cara Menguranginya!

Share this article


Kebiasaan mengonsumsi makanan manis secara berlebihan memang tidak baik bagi kesehatan. Selain menjadi salah satu penyebab kegemukan, asupan gula yang berlebih juga bisa menyebabkan diabetes hingga hipertensi. 

Bagi kamu yang hobi makan makanan manis, mungkin terasa tidak mudah mudah untuk menghentikan kebiasaan ini.

Namun, sejumlah pakar memberikan beberapa cara untuk mengurangi hasrat makanan manis, sebagaimana yang dilansir dari Wolipop. Simak!

1. Konsumsi Sayuran Hijau Segar

Ilustrasi perempuan memegang sayuran/Foto: Freepik.com/stocking

Untuk mengurangi keinginan makan makanan manis berlebihan, kamu dapat mengalihkannya dengan mengonsumsi sayuran hijau segar. Sayuran hijau kaya akan mineral seperti chromium dan vanadium yang menjaga gula darah. 

Max Tuck, penulis buku ‘Whole Body Solutions’, menjelaskan bahwa konsumsi sayuran hijau seperti seledri, mentimun dan selada akan membantu mengatur gula darah tetap stabil. 

Ketika gula darah stabil, keinginan mengonsumsi gula atau makanan manis akan berkurang. Selain itu, sayuran hijau juga sumber magnesium, mineral penting yang berfungsi meregulasi tingkat stres. 

2. Tambahkan Rempah-rempah ke Makanan

Ilustrasi rempah-rempah/Foto: Freepik.com/freepik

Rempah-rempah juga bisa menambahkan rasa pada makanan, sehingga kamu tidak perlu lagi memakai gula. Misalnya, kamu bisa menambahkan ekstrak vanilla atau bubuk kayu manis ke dalam susu segar, atau biji pala dan cardamom pada makanan. 

3. Perbanyak Konsumsi Protein dan Serat

Ilustrasi menu sarapan/Foto: Freepik.com/freepik

Salah satu cara mengurangi asupan gula berlebih, kamu perlu memperbanyak konsumsi protein dan serat. Menurut penelitian, kombinasi protein dan serat dalam makanan akan meningkatkan rasa kenyang yang lebih lama. 

Hal tersebut akan membantumu untuk mengurangi kemungkinan ngemil makanan manis seperti biskuit, cookies, wafer atau permen. 

4. Pilih Makanan dengan Aroma Kuat

Ilustrasi makan cokelat/Foto: Freepik.com/freepik

Ternyata, mengonsumsi makanan dengan aroma tajam atau kuat juga dapat mengurangi hasrat makan makanan manis. Karena menurut pakar gizi Darlene McCormick, seperti yang dilansir Female First, salah satu cara untuk menahan nafsu makan makanan manis ialah dengan memilih makanan dengan citarasa kuat. 

Misalnya, kamu dapat mengonsumsi dark chocolate dengan kandungan 60-70 persen cokelat yang rendah gula.

5. Konsumsi Gula Bersama Nutrisi Lainnya

Ilustrasi makanan tidak sehat dan makanan sehat/Foto: Freepik.com/freepik

Saat kamu mengonsumsi karbohidrat dan gula, maka seimbangkan juga dengan nutrisi lainnya seperti protein, serat, dan lemak sehat. Karena tiga komponen tersebut dapat membantu memperlambat penyerapan gula ke aliran darah, sehingga gula darah tidak melonjak. 

Selain itu, serat, protein, dan lemak sehat juga akan membuat perut kenyang lebih lama dan keinginan untuk makan makanan manis pun berkurang. 


6. Tidur yang Cukup

Ilustrasi sedang tidur/Foto: Freepik.com/gpointstudio

Tidur yang cukup juga akan membantu mencegahmu dari keinginan makan yang manis-manis. Karena ketika tubuh lelah atau mengantuk, seseorang akan cenderung mencari makanan yang manis agar tubuh kembali segar. 

Martin Budd, penulis ‘Why Am I So Exhausted’, menyarankan untuk memiliki waktu tidur yang berkualitas. Agar fungsi-fungsi tubuh bisa bekerja maksimal, orang dewasa perlu tidur sedikitnya 7-8 jam di malam hari. 

7. Aktif Bergerak

Ilustrasi sedang jogging/Foto: Freepik.com/tirachardz

Ketika seseorang mager (malas bergerak), biasanya ia akan mencari sesuatu untuk dikunyah, dan kebanyakan adalah makanan yang mengandung gula. 

Karena itu, biasakanlah tubuh agar lebih aktif dan banyak bergerak, supaya terhindar dari keinginan makan makanan yang manis-manis. Lakukan aktivitas yang melibatkan gerak badan seperti jalan sehat, senam, jogging, atau bersepeda. 

Beauties, itu dia beberapa cara mengurangi konsumsi makanan manis berlebihan. Jangan lupa dicoba ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *