Berita

5 Tanda Kamu Terkena “Love Bombing” saat PDKT sama Orang Baru

×

5 Tanda Kamu Terkena “Love Bombing” saat PDKT sama Orang Baru

Share this article


Beauties, kamu tidak asing lagi kan dengan istilah “Love Bombing”? Sederhananya, love bombing terjadi ketika seseorang mengungkapkan pujian dan kasih sayang secara berlebihan dengan kecepatan yang tidak proporsional. Ini juga bisa jadi upaya manipulasi seseorang agar segera berkomitmen dengan orang yang mereka inginkan.

Ketika seseorang melakukan hal ini, kamu hanya akan melihat apa yang mereka ingin kamu lihat. Tanpa kamu sadari, kamu juga akan mengabaikan tanda bahaya dan mengorbankan diri sendiri karena terlalu fokus pada hubungan tersebut.

Dilansir dari Psychology Today, ada banyak tanda peringatan love bombing yang perlu kamu pahami ketika berkencan dengan orang baru. Yuk, simak!

Langkahnya Terlalu Cepat





Ilustrasi/Foto: Freepik

Pertama, jika langkahnya terasa terburu-buru saat berkencan dengan orang baru, itu tandanya kamu harus berhati-hati dan perlu merenungkan dari mana perasaan itu berasal. Pasalnya, saat kamu berkenalan dengan orang baru, kamu akan mudah terhanyut dalam kegembiraan dan tidak berhati-hati. Inilah yang dapat menyebabkan kamu mengabaikan tanda-tanda bahaya sebelum menjalin hubungan asmara.

Menghujani Kamu dengan Sikap Romantis

Menghujani Kamu dengan Sikap Romantis/Foto: Unsplash/Candice Picard

Tindakan romantis yang sangat manis, seperti mengajak kamu berlibur atau membelikan kamu hadiah mewah bisa terasa sangat menggembirakan. Namun, jika tindakan ini terlalu cepat seperti di awal perkenalan, berhati-hatilah, Beauties. Mungkin saja orang ini berusaha mempercepat proses perkenalan untuk menciptakan ikatan denganmu.

Memberi Kamu Pujian Berlebihan
Ilustrasi gebetan

Memberi Kamu Pujian Berlebihan/Foto: Freepik/racool-studio

Ketika seseorang sedang melakukan “love bombing”, tujuannya adalah untuk menciptakan ikatan yang mendalam dengan cepat. Mereka akan berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkannya. Perhatikan pujian-pujian yang kamu terima darinya. Apakah pujian tersebut terasa tulus atau apakah pujian tersebut bersifat umum dan dapat diterapkan kepada siapa pun.

Ungkapan yang umum diucapkan mereka dapat berupa, “Kamu adalah orang paling luar biasa yang pernah saya temui” atau “Kamu sempurna, tidak ada orang lain yang bisa menandinginya.”

Sering Menyita Waktumu

Sering Menyita Waktumu/Foto: Freepik

Tanda peringatan lainnya adalah kamu akan merasa terkurung karena berkurangnya ruang untuk aktivitas lain dalam hidupmu. Mereka akan lebih sering menghubungi kamu atau bahkan sering mengajak bertemu.

Mereka ingin menjalin ikatan mendalam denganmu secara cepat. Jadi, ketika ada orang lain yang mengungkapkan kekhawatirannya mengenai hubunganmu, kamu akan merasa lebih sulit untuk mengakhirinya.


Cenderung Manipulatif

Cenderung Manipulatif/Foto: Freepik/Stefamerpik

Pelaku “love bombing” pada awalnya memang mengidealkan kamu agar kamu merasa istimewa. Namun, ketika mereka mengetahui bahwa kamu sudah berinvestasi penuh dalam hubungan tersebut, sifat aslinya pun mulai terlihat.

Mereka mungkin akan mulai mengkritik dan menyalahkan kamu. ini bertujuan untuk mengikis harga dirimu seiring berjalannya waktu, sehingga mereka dapat memegang kendali penuh dalam hubungan.

Meskipun demikian, mungkin saja seseorang benar-benar tertarik pada kamu dan tidak berniat memberikan love bombing. Karena itu, kamu hanya perlu memperhatikan bagaimana perasaanmu terhadap perilaku yang diberikan seseorang yang baru kamu kenal. Amati apakah ada pola perilaku seperti tanda-tanda yang disebutkan di atas.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *