Berita

5 Tips Sehat Konsumsi Daging Saat Iduladha, Kolesterol Menjauh!

×

5 Tips Sehat Konsumsi Daging Saat Iduladha, Kolesterol Menjauh!

Share this article


Umat muslim di seluruh dunia tengah bersiap menyambut Hari Raya Iduladha. Hari raya ini identik dengan pemotongan hewan kurban. Di Indonesia, sapi dan kambing menjadi hewan yang dikurbankan.

Hari Raya Iduladha juga kerap menjadi momen berkumpul keluarga. Makan daging kurban yang diolah menjadi berbagai jenis makanan pun menjadi santapan yang lezat untuk dinikmati. Konsumsi daging sapi atau kambing secara berlebihan bisa berakibat buruk pada kesehatan.

Maka dari itu, penting untuk selalu menjaga kesehatan selama Iduladha. Melansir dari laman Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, setidaknya ada 5 tips sehat yang bisa dilakukan saat Iduladha.

1. Memasak Daging Hingga Matang Sempurna

Memasak Daging Hingga Matang Sempurna/Foto: freepik.com/freepik

Memasak daging hingga matang sempurna sangat penting bagi kesehatan. Seperti dilansir dari Safefood, Memasak daging dengan benar penting untuk membunuh bakteri penyebab keracunan makanan. Semua daging mentah memiliki bakteri. Saat seluruh daging cincang dan ditusuk, bakteri akan berpindah ke seluruh daging.

Biasanya Iduladha akan menyajikan sate, seperti sate kambing, sate sapi, hingga sate ayam sebagai sajian, maka pastikan untuk membakar atau memanggang sate hingga matang sempurna.

2. Pilih Bagian Daging yang Rendah Lemak

Pilih Bagian Daging yang Rendah Lemak/Foto: freepik.com/Racool_studio

Daging sapi maupun kambing sama-sama memiliki lemak yang tinggi. Melansir dari hallosehat, lemak sapi merupakan lemak jenuh sehingga bisa meningkatkan kadar kolesterol. Kondisi tersebut bisa mengarah pada penyakit jantung. Maka dari itu, penting untuk memilih bagian daging yang rendah lemak.

Salah satu cara untuk memilih bagian yang rendah lemak, kamu bisa perhatikan seberapa banyak garis-garis putih pada daging. Garis putih itu merupakan lemak yang terdapat pada bagian daging. Semakin banyak garis putih, semakin tinggi kandungan lemaknya. Jadi, jika ingin mengolah daging kurban, pilihlah bagian yang sedikit garis putihnya sebelum dimasak.

Selain itu, pendapat dari Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr Rudy Kurniawan, SpPD, MM, MARS, Dip.TH, DCD yang dilansir dari detikhealth menyebutkan bahwa metode pengolahan daging sapi yang baik agar sebisa mungkin memisahkan daging dan lemak.

“Sebisa juga mungkin pisahkan lemak pada daging. Hati-hati juga untuk sate, jangan dibakar sampai gosong karena itu memicu kanker,” ujarnya.


3. Tetap Berolahraga

Tetap Berolahraga/Foto: freepik.com/tirachardz

Olahraga tentu sangat penting bagi kesehatan, dr Rudy mengatakan pentingnya melakukan olahraga untuk menekan tinggi kolesterol setelah makan daging kurban. Olahraga bisa dilakukan minimal 30-60 menit sebanyak tiga kali dalam seminggu.

Mengutip dari verywell health, olahraga yang bisa menekan tingginya kolesterol yaitu aerobik, mengangkat beban, push up-sit up. Selain itu, bisa juga untuk latihan fleksibilitas yang bisa dilakukan dengan cara peregangan betis, peregangan punggung, hingga peregangan dari otot ke dada.

4. Pola Makan yang Sehat

Pola Makan yang Sehat/Foto: freepik.com/jcomp

Pola makan yang sehat juga sangat penting ketika kamu makan daging kurban. Tetap kombinasikan makan daging dengan serat, seperti buah dan sayuran juga karbohidrat. Makan tetap 3 kali sehari dan jangan lupa untuk banyak minum air putih.

5. Tidak Makan Berlebihan

Tidak Makan Berlebihan/Foto: freepik.com/wayhomestudio

Segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak akan baik, begitu pun dalam mengkonsumsi daging kurban. Tidak makan berlebihan juga termasuk dalam pola makan yang sehat. Makan daging secara berlebihan bisa meningkatkan kolesterol yang tidak baik bagi tubuh.

Itulah 5 tips yang bisa dilakukan saat Iduladha nanti, Beauties. Semoga membantu!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *