Berita

Jangan Sampai Keliru, Ini 5 Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing

×

Jangan Sampai Keliru, Ini 5 Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing

Share this article


Daging sapi dan daging kambing merupakan dua jenis daging yang cukup populer bagi masyarakat Indonesia, terlebih ketika momen Hari Raya Iduladha. 

Daging sapi dan kambing juga memiliki beberapa perbedaan. Namun, ternyata sebagian orang juga ada yang sulit membedakan antara daging sapi dan kambing. Lantas, apa saja perbedaan kedua daging tersebut? 

Dilansir dari CNBC Indonesia, berikut beberapa perbedaan daging sapi dan kambing di bawah ini.

1. Aroma Daging

Ilustrasi daging kambing/Foto: Pinterest.com/The Spruce Eats

Dibandingkan dengan daging sapi, daging kambing memiliki aroma yang khas dan lebih kuat, salah satunya lebih amis. Hal ini tak lain dikarenakan makanan yang dikonsumsi oleh kambing, yakni rumput. 

Rumput terdiri atas klorofil yang mengandung zat phytol. Zat ini memproduksi aroma yang kuat dan menyengat. 

2. Warna Daging

Ilustrasi daging sapi/Foto: Pinterest.com/Creative Market

Salah satu cara membedakan daging sapi dan kambing bisa diperhatikan dari warnanya. Daging sapi memiliki warna yang cenderung lebih pucat dan berubah menjadi coklat tua ketika terkena udara. 

Sementara daging kambing cenderung berwarna merah cerah dan menjadi sedikit ungu jika berada di suhu ruang. 

3. Tekstur Daging

Ilustrasi daging kambing/Foto: Pinterest.com/Shoppo

Tekstur daging kambing agak kasar jika dibandingkan dengan daging sapi yang kenyal. Selain itu, daging kambing juga memiliki serat-serat yang lebih tebal karena otot kambing memiliki massa yang lebih besar. 

Karena itu, cara termudah untuk mengenali daging sapi adalah serat-serat daging yang lebih kecil dan jarang. Selain itu, ketika dimasak, daging sapi cenderung lebih cepat menjadi empuk dibandingkan dengan daging kambing. 


4. Lemak

Ilustrasi daging sapi/Foto: Pinterest.com/Jessica Gavin

Salah satu cara mengenali perbedaan daging sapi dan kambing ialah dengan melihat lemak. Daging sapi memiliki garis putih yang panjang berupa lemak, sedangkan daging kambing tidak. Daging sapi memiliki lemak lebih sedikit daripada daging kambing. 

5. Rasa Daging

Ilustrasi sate daging sapi/Foto: Pinterest.com/SBS Food

Rasa dari daging kambing kuat dan gurih, sementara daging sapi lebih lembut. Meskipun juga memiliki rasa gurih, daging sapi dinilai memiliki rasa yang lebih manis, tetapi lebih berlemak dan berat. 

Beauties, itu dia sederet cara membedakan daging sapi dan kambing. Jangan lagi keliru ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *