Berita

Resep Hash Brown Renyah Buatan Sendiri, Cocok Buat Menu Sarapan

×

Resep Hash Brown Renyah Buatan Sendiri, Cocok Buat Menu Sarapan

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Sahabat Cantika suka sarapan kentang? Kentang biasanya direbus, dikukus, atau digoreng. Berikut ini adalah resep sajian kentang goreng yang enak, kuno, dan ala restoran barat yaitu Hash Brown.

Masakan ini berupa kentang parut yang dibentuk menjadi kentang goreng seperti pancake dan digoreng ringan untuk menghasilkan tekstur renyah sempurna yang cocok dipadukan dengan hidangan sarapan apa pun.

Cara Membuat Hash Brown

Percaya atau tidak, membuat kentang goreng renyah sebenarnya cukup mudah. Pertama, suwir kentang menggunakan metode pilihan Anda — baik dengan parutan, pengolah makanan, atau mandolin. Bilas kentang sampai airnya jernih, lalu tiriskan dan peras semua sisa cairannya (ini akan memastikan kentang gorengnya ekstra renyah).

Selanjutnya, Anda akan menambahkan bahan pengikat yaitu tepung dan telur serta bahan atau bumbu lainnya. Resep ini hanya membutuhkan bawang bombay, tapi Anda juga bisa menambahkan keju, cabai rawit, atau bawang putih ke dalam campurannya.

Bentuk kentang goreng Anda menjadi roti (baik satu kentang goreng besar atau beberapa kentang goreng kecil seperti pancake) dan goreng dalam minyak, sekitar lima menit di setiap sisinya.

Cara Membuat Hash Brown Renyah

Agar kentang goreng Anda tetap renyah, pastikan untuk memanaskan minyak hingga mendesis sebelum memasukkan bahan. Anda juga bisa membuat kentang goreng lebih encer karena akan lebih renyah dan matangnya lebih merata.

Bagaimana Membuat Hash Browns Tetap Menyatu?

Penyebab terbesar yang membuat kentang goreng Anda hancur adalah kelembapan. Anda perlu memastikan kentang kering sebelum menambahkannya ke dalam campuran tepung dan telur. Baik Anda mengeringkan dengan serbet atau menggunakan alat pemintal salad, usahakan kentang sekering mungkin.

Anda juga bisa menggunakan jenis kentang lain jika khawatir kentang gorengnya akan pecah. Jika Anda menggunakan kentang lilin, kentang akan menempel dengan baik, tetapi teksturnya tidak akan terlalu renyah seperti yang Anda inginkan.

Pilihan lainnya adalah menambahkan lebih banyak bahan yang berfungsi sebagai pengikat. Coba tambahkan keju ke dalam kentang goreng Anda karena saat keju meleleh, keju akan menjadi seperti lem lengket yang menyatukan kentang Anda.

Berikut resep Hash Brown yang renyah:

Bahan-bahan

2 kentang ukuran sedang, diparut

½ bawang bombay ukuran sedang, cincang halus

¼ cangkir tepung serbaguna

1 telur besar

1 cangkir minyak untuk menggoreng, atau sesuai kebutuhan

garam dan merica secukupnya

Cara memasak

Bilas kentang yang sudah diparut hingga airnya jernih, lalu tiriskan dan peras hingga kering.

Tempatkan suwiran dalam mangkuk dan campurkan dengan bawang bombay, tepung, dan telur hingga merata.

Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang-besar. Saat minyak sudah mendesis panas, masukkan kentang ke dalam wajan dengan lapisan setebal 1/2 inci. Tutupi seluruh bagian bawah wajan seperti membuat martabak atau buat beberapa jadi terpisah seperti pancake.

Masak hingga bagian bawah berwarna kecokelatan, lalu balikkan dan sisi lainnya berwarna kecokelatan. Ini akan memakan waktu setidaknya 5 menit per sisi. Jika Anda memasaknya dalam satu bagian besar, dapat dipotong menjadi empat bagian agar lebih mudah dibalik.

Keluarkan dari wajan, dan tiriskan di atas tisu. Bumbui dengan garam dan merica dan sajikan segera. Sajikan panas dan nikmatilah! Hash Brown akan sempurna jika ditemani saus cabai dan saus tomat.

Pilihan Editor: Resep Corn Dog, Inspirasi Camilan untuk Libur Sekolah

ALL RECIPES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *