Berita

Selalu Dinantikan Tiap Tahun, Simak 5 Fakta Trooping the Colour 2024

×

Selalu Dinantikan Tiap Tahun, Simak 5 Fakta Trooping the Colour 2024

Share this article


Trooping the Colour yang juga dikenal dengan parade ulang tahun Raja merupakan parade militer yang digelar spektakuler dimana para bangsawan akan berkumpul dan menyaksikannya.

Raja Charles turut berpartisipasi dalam acara seremonial tersebut. Namun, ia tidak menunggang kuda, melainkan naik kereta dalam kondisinya yang tengah menjalani pengobatan kanker.

Parade ini telah menjadi ulang tahun resmi penguasa sejak tahun 1748, meskipun pada kenyataannya Raja Charles lahir pada tanggal 14 November. Hingga akhirnya, pada tahun 2023, raja turut mengambil bagian dalam parade ulang tahun pemerintahannya, ia menjadi raja pertama yang menunggang kuda sejak terakhir kali Ratu Elizabeth II yang melakukannya tahun 1986.

Nah, berikut ini fakta-fakta menarik mengenai Trooping the Colour 2024 yang dilansir dari laman Hello! Magazine. Apa saja ya?

1. Trooping the Colour 2024

Trooping the Colour/ Foto: Instagram.com/kensingtonroyal

Trooping the Colour 2024 akan berlangsung pada hari Sabtu tanggal 15 Juni, mulai pukul 10.00-13.00 waktu setempat atau pada pukul 17.00 WIB.

Parade tersebut menghadirkan lebih dari 14.000 tentara, 200 kuda, dan 400 musisi dalam pertunjukan besar ketelitian militer, kepiawaian menunggangi kuda, hingga kemeriahan untuk memperingati ulang tahun resmi Raja.

Parade akan dimulai dari Istana Buckingham lalu menyusuri The Mall hingga Horse Guards Parade di Whitehall. Acara tersebut diakhiri dengan keluarga kerajaan menyaksikan flypast Royal Air Force dari balkon Istana Buckingham.

2. Tempat Menonton

Tempat Menonton/Foto: Thehouseholddivision.org.uk

Tiket untuk duduk menyaksikan upacara di Horse Guards Parade telah terjual habis, namun masyarakat yang ingin melihat sekilas prosesi tersebut bisa menonton di tepi St James’s Park atau di sepanjang The Mall. Acara ini juga bisa disaksikan langsung di televisi melalui BBC.

3. Aturan Berbusana

Aturan Berbusana/Foto: instagram.com/princesandprincessofwales

Biasanya, anggota keluarga kerajaan laki-laki akan mengenakan seragam militer, sedangkan perempuan akan mengenakan pakaian sehari-hari dan topi. Sementara, bagi yang beruntung mendapat tiket, Divisi Rumah Tangga Kerajaan memberikan aturan untuk memakai pakaian kasual. Namun, tidak boleh denim, celana pendek atau memakai sandal. Anggota Militer bisa mengenakan Pakaian Dinas Upacara (dengan medali, tanpa pedang maupun senjata.


4. Bangsawan yang Akan Hadir

Bangsawan yang Akan Hadir/Foto: instagram.com/princesandprincessofwales

Raja dan Ratu sudah dipastikan akan hadir, namun pihak istana belum memastikan anggota keluarga kerajaan yang akan hadir tahun ini. Sejak awal pemerintahan Raja Charles, hanya bangsawan pekerja senior yang berpartisipasi dalam Trooping the Colour dan muncul di balkon. Sedangkan, pada masa pemerintahan Ratu Elizabeth II, ia kerap mengundang anggota keluarganya turut hadir.

Tahun lalu, Raja ditemani Pangeran Wales, Putri Kerajaan, dan Duchess Edinburgh dalam menunggang kuda. Sementara Putri Wales dan Ratu Camilla ditemani ketiga anak Pangeran William dan Kate Middleton naik kereta. Duchess of Edinburgh dan suami Putri Anne, serta Wakil Laksamana Sir Tim Laurence juga turut hadir dan dalam gerbong terpisah. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


 

(dmh/dmh)





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *