Berita

Sulit Percaya? Ini 3 Cara Mengatasi Trust Issue Menurut Psikolog

×

Sulit Percaya? Ini 3 Cara Mengatasi Trust Issue Menurut Psikolog

Share this article


Dalam membangun hubungan yang sehat, kepercayaan adalah fondasi yang vital. Namun, sering kali kekhawatiran dan pengalaman masa lalu membuat kita sulit untuk mempercayai orang lain. Untuk mengatasi hal ini, penting untuk memulai dengan memperbaiki hubungan dengan diri sendiri. 

Dilansir dari Forbes, berikut adalah cara yang bisa kita coba untuk meredakan rasa sulit untuk percaya, simak!

1. Berhenti Mengecewakan Diri Sendiri

3 Cara Mengatasi Trust Issues Menurut Psikolog/Foto: Pexels/RDNE Stock project

Ketidakpercayaan pada orang lain sering muncul ketika kita sering kali tidak memenuhi komitmen pada diri sendiri. Jika kita tidak dapat mempercayai diri kita sendiri untuk memenuhi janji yang kita buat, bagaimana mungkin kita bisa mempercayai orang lain untuk memenuhi janji pada kita?

Tetapkanlah tujuan dan komitmen yang dapat dicapai bagi diri kita sendiri. Buatlah sistem yang efektif bagi diri kita untuk membangun kepercayaan pada diri sendiri.

2. Terima Diri Sendiri dengan Utuh

3 Cara Mengatasi Trust Issues Menurut Psikolog/Foto: Pexels/Keira Burton

Salah satu alasan di balik ketakutan untuk mempercayai orang lain adalah ketakutan akan penilaian dan kritik. Rendahnya rasa percaya diri dan keraguan pada diri sendiri bisa menghambat kepercayaan pada orang lain.

Untuk membangun kepercayaan dengan orang lain, kita harus belajar untuk sepenuhnya menerima dan mencintai diri kita sendiri. Latihlah belas kasihan pada diri kita sendiri dan tantanglah pikiran negatif tentang diri kita.


3. Belajar untuk Benar-Benar Percaya
Tersenyum di depan cermin

Ilustrasi/Foto: freepik.com/senivpetro

Kita sering kali skeptis dan ragu dengan banyak hal dan itu lebih mudah dilakukan ketimbang harus mempercayainya. Namun, kepercayaan tidak dapat dikembangkan tanpa mengambil risiko untuk mempercayai orang lain.

Kepercayaan adalah hubungan dua arah yang memerlukan usaha. Beranilah menjadi diri sendiri dan pahami bahwa kepercayaan adalah proses bertahap. Bersikaplah terbuka terhadap kenyataan bahwa kepercayaan akan berkembang semakin dalam dan menjadi lebih kuat dari waktu ke waktu.

Memperbaiki kepercayaan pada diri sendiri dan orang lain adalah perjalanan yang berkelanjutan. Dengan komitmen terhadap langkah-langkah di atas, kita dapat memperkuat hubungan dan mengembangkan rasa percaya yang lebih dalam di kehidupan kita. Dengan membuka hati melalui kepercayaan, kita akan membuka pintu untuk hubungan yang lebih bermakna dan memuaskan bersama orang lain.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *