Berita

5 Manfaat Minum Air Jahe di Pagi Hari, Baik untuk Pencernaan dan Kulit

×

5 Manfaat Minum Air Jahe di Pagi Hari, Baik untuk Pencernaan dan Kulit

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, JakartaJahe merupakan tanaman akar yang banyak ditemukan di dapur di seluruh dunia dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Ada banyak manfaat minum air jahe di pagi hari yang mungkin mengejutkan siapa pun. Air jahe mungkin merupakan obat alami yang mudah dibuat dan  dicari banyak orang, baik untuk menurunkan berat badan, meningkatkan kekebalan tubuh, atau memperbaiki pencernaan.

Jahe juga mengandung senyawa yang disebut gingerol dan shogaols, yang memiliki sifat anti inflamasi sehingga dapat menenangkan saluran pencernaan dan mengurangi gejala gangguan pencernaan dan mual. Dengan meningkatkan kesehatan pencernaan, air jahe membantu memastikan Anda menyerap gizi dari makanan dengan lebih efektif.

Manfaat Minum Air Jahe di Pagi Hari

1. Meningkatkan sistem pencernaan

Minum air jahe saat perut kosong di pagi hari membantu meningkatkan sistem pencernaan sepanjang hari. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Gastroenterology and Hepatology menyoroti bahwa jahe secara signifikan meningkatkan pengosongan lambung, yang berarti membantu makanan berpindah dari lambung ke usus kecil lebih cepat. Hal ini dapat mencegah rasa tidak nyaman dan kembung, sehingga proses pencernaan menjadi lebih lancar dan efisien.

Jahe mengandung senyawa yang disebut gingerol dan shogaols, yang memiliki sifat anti inflamasi yang dapat menenangkan saluran pencernaan dan mengurangi gejala gangguan pencernaan dan mual. Dengan meningkatkan kesehatan pencernaan, air jahe membantu memastikan Anda menyerap nutrisi dari makanan dengan lebih efektif.

2. Membantu menurunkan berat badan

Jika ada yang ingin menurunkan berat badan, air jahe mungkin bisa menjadi teman terbaik mereka. Penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition menunjukkan bahwa jahe dapat meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan termogenesis, yaitu proses tubuh membakar kalori untuk menghasilkan panas.

Minum air jahe saat perut kosong dapat membantu meningkatkan metabolisme Anda, sehingga membantu upaya penurunan berat badan.

Jahe juga membantu mengekang nafsu makan sehingga dapat mencegah makan berlebihan sepanjang hari. Sebuah studi di Jurnal Metabolism menemukan bahwa konsumsi jahe dapat mengurangi rasa lapar, sehingga lebih mudah untuk menjalankan pola makan yang sehat. Tindakan ganda yaitu meningkatkan metabolisme dan membatasi nafsu makan bisa sangat efektif dalam mendukung penurunan berat badan.

3. Dukung sistem kekebalan tubuh

Memulai hari dengan air jahe dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara signifikan. Jahe kaya antioksidan yang membantu menetralkan radikal bebas berbahaya dalam tubuh.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Preventive Medicine, antioksidan ini berperan penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi terhadap penyakit kronis.

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menurunkan risiko infeksi dan mendukung kesehatan kekebalan tubuh secara keseluruhan. Minum air jahe saat perut kosong membantu memaksimalkan penyerapan senyawa bermanfaat ini, memberikan sistem kekebalan tubuh yang terbaik untuk memulai setiap hari.

4. Membantu mengurangi peradangan dan nyeri

Peradangan kronis adalah faktor umum yang mendasari banyak penyakit, termasuk radang sendi dan penyakit kardiovaskular. Senyawa aktif dalam jahe, seperti gingerol dan shogaol, memiliki efek antiinflamasi yang kuat. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Pain melaporkan bahwa jahe dapat secara signifikan mengurangi nyeri otot, menjadikannya obat alami untuk peradangan.

5. Bantu meningkatkan kesehatan kulit

Kulit adalah cerminan kesehatan secara keseluruhan, dan air jahe dapat membuat kulit bercahaya. Antioksidan dalam jahe membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dan kerusakan kulit. Menurut penelitian dalam Journal of Dermatological Science, antioksidan tersebut mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet (UV) dan meningkatkan elastisitas kulit. Sifat anti-inflamasi jahe dapat membantu mengurangi jerawat dan iritasi kulit lainnya.

Cara membuat air jahe

1. Kupas dan parut sepotong kecil jahe segar.

2. Rebus air dan tambahkan jahe parut.

3. Biarkan terendam selama 10-15 menit.

4. Saring airnya dan biarkan agak dingin sebelum diminum.

Untuk menambah rasa dan manfaat, tambahkan perasan lemon atau satu sendok teh madu.

Cara membuat teh jahe

Membuat teh jahe itu sederhana dan bermanfaat. Mulailah dengan mengupas dan mengiris tipis jahe segar. Rebus dua gelas air dan tambahkan irisan jahe, biarkan mendidih selama sekitar 10 menit untuk mengekstrak rasa dan senyawa bermanfaat.

Untuk minuman yang lebih kuat, Anda bisa merebusnya lebih lama atau menambahkan lebih banyak jahe. Setelah teh mencapai kekuatan yang Anda inginkan, saring ke dalam cangkir. Tambahkan madu, lemon, atau sejumput kunyit untuk meningkatkan rasa dan manfaat kesehatan. Nikmati teh jahe yang menenangkan, panas atau dingin, cocok untuk pemanasan di hari yang dingin atau menyegarkan selama musim panas!

Pilihan Editor: Cara Menyimpan Jahe Utuh, Jahe Kupas, hingga Jahe Cincang

 

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *