Berita

Bukan Sekadar Ijazah, Arumi Bachsin Ungkap Makna Pendidikan yang Esensial

×

Bukan Sekadar Ijazah, Arumi Bachsin Ungkap Makna Pendidikan yang Esensial

Share this article


LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Istri Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, Arumi Bachsin mengatakan pendidikan adalah hal yang paling penting. Namun, bukan dimaknai sebagai selemabr ijazah, tetapi yang esensial ialah bagaimana pendidikan juga bisa memberikan nilai, pola pikir, dan skill bagi seseorang. 

“Sekarang walaupun setiap anak atau setiap orang di Indonesia sudah lebih maju, kita akan tetap lihat dari skill apa yang dia punya tidak tergantung dengan background pendidikan. Tetapi tetap saja pendidikan itu adalah salah satu legitimasi yang dilindungi oleh undang-undang,” ucap Arumi dalam talkshow menuju 70 Tahun SGM Peluncuran Program Dana Pendidikan Dukung Kemajuan Anak Indonesia di Jakarta, Rabu, 5 Juni 2024. 

Arumi mengatakan jika orang tua memberikan pendidikan kepada anak itu adalah hak anak-anak. Kalau misalkan tidak menuntaskan apapun alasannya kalau tidak bisa tuntas sekarang di usia berapa pun harus di tuntaskan.

“Perlu diketahui jika anak-anak sekolah lulus itu yang paling penting bukan hanya ijazahnya, tapi bagaimana sekolah itu bisa membentuk pola pikir mereka, apakah mereka juga bisa survive nantinya. Baik di dunia pekerjaan, masyarakat, dan seterusnya.”

Arumi menggarisbawahi jika ingin anak-anak memiliki mental kuat, hak dasarnya harus dimulai dari nutrisinya, pendidikannya dilindungi dan hak-hak dasar anak lainnya. “Ketika kita melihat pendidikan anak, jangan kita lihat sebagai pengeluaran tetapi sebagai investasi. Siapapun yang menuai, mau kita yang menuai ataupun anak-anak kita yang menuainya. Jadi kita berkomitmen investasi,” ucap ibu dua anak ini. 

Menurut Arumi, semua orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya, tak terkecuali dengan dia. Sebagai seorang ibu, ia ingin anak-anak memiliki tumbuh kembang yang maksimal melalui pemenuhan nutrisi yang optimal dan pendidikan yang baik. 

“Sangat penting bagi saya untuk memastikan bahwa anak-anak dapat mengenyam pendidikan dasar yang kuat untuk menjadi bekal perkembangan mereka nantinya. Saya sangat prihatin melihat situasi dimana masih ada orang tua yang terkendala pembiayaan untuk menyekolahkan anak sedangkan pendidikan teramat penting dan merupakan bentuk komitmen investasi jangka panjang orang tua,” ungkapnya. 

Pentingnya Pendidikan Dasar bagi Anak-anak 

Arumi Bachsin menjadi salah satu narasumber di acara talkshow menuju 70 Tahun SGM Peluncuran Program Dana Pendidikan Dukung Kemajuan Anak Indonesia di Jakarta, Rabu, 5 Juni 2024/Foto: CANTIKA/Ecka Pramita

Psikolog dan pengamat anak, Kak Seto Mulyadi memaparkan fakta jumlah Angka Putus Sekolah (APS) yang di dominasi tingkat SD jika setiap anak Indonesia berhak memperoleh akses pendidikan dan nutrisi selain pola asuh yang baik, sebagai fondasi penting agar mereka tumbuh menjadi generasi maju. 

Namun sayangnya, masih ada anak-anak Indonesia yang menghadapi tantangan untuk maju, terutama terhadap akses pendidikan. Terdapat lebih dari 40.000 anak Indonesia putus sekolah di tingkat Sekolah Dasar.

“Padahal, jenjang pendidikan dasar bagi seorang anak merupakan tahap krusial dan sangat berpengaruh bukan hanya pada perkembangan akademis, tetapi juga pembentukan pribadi anak. Ini menjadi kunci pada berbagai aspek perkembangan dalam membentuk wawasan dan kemampuan dasar yang diperlukan anak untuk fase kehidupan selanjutnya,” ucap Ketua Umum LPAI (Lembaga Perlindungan Anak Indonesia) ini. 

Sementara itu, Patrisia Marlina, Head of Brand SGM Eksplor mengatakan pihaknya  percaya bahwa anak adalah aset terbesar bangsa. Kesuksesan bangsa dalam memupuk potensi anak Indonesia tidak hanya akan menjadikan mereka generasi yang lebih baik, tetapi juga dapat menghasilkan generasi-generasi mendatang untuk peningkatan kemajuan bangsa Indonesia secara konsisten. 

Melalui sejarah panjang kehadiran SGM Eksplor selama 70 tahun di Indonesia, SGM Eksplor ingin terus mewujudkan komitmennya melalui penyediaan nutrisi terbaik untuk si kecil beserta Program Bantuan Dana Pendidikan tingkat Sekolah Dasar (SD), dimana hal ini juga merupakan bentuk apresiasi kami kepada para bunda yang telah memilih SGM Eksplor. Karenanya, pemenuhan akses nutrisi optimal dan pemberian bantuan dana untuk akses pendidikan ini menambah alasan para bunda dari berjuta alasan yang ada untuk menjadikan SGM Eksplor sebagai satu-satunya pilihan susu terbaik yang mendukung Generasi Emas Indonesia 2045,

Program Bantuan Dana Pendidikan tingkat Sekolah Dasar (SD) dibuka sejak 7 Juni hingga 31 Juli 2024 dan setiap ibu bisa berpartisipasi dan mendaftarkan si kecil yang berusia 1 – 6 tahun dengan mengirimkan kode unik beserta alasan mengapa si anak berhak mendapatkan bantuan dana pendidikan.

Pilihan Editor: Arumi Bachsin Ungkap Tantangan Punya Anak Generasi Alpha, Lawannya Gadget

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *