Berita

Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan seperti yang Dialami Rihanna

×

Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan seperti yang Dialami Rihanna

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Berikut ini cara mengatasi rambut rontok seperti yang dialami Rihanna. Penyanyi itu menceritakan momen saat mengalami kerontokan rambut usai melahirkan kedua putranya, yakni RZA Athelston Mayers dan Riot Rose Mayers. 

Hal itu diungkapkan saat wawancara bersama Refinery29 dalam launching Fenty Hair di Los Angeles, Amerika Serikat pada Senin, 10 Juni 2024.

“Saya tidak menyangka ini (rambut rontok) akan terjadi secara bergelombang. Saya kira itu terjadi begitu saja,” kata kekasih A$AP Rocky itu, dikutip dari People, 16 Juni 2024.

Rihanna juga baru mengetahui, kerontokan rambut merupakan efek samping setelah persalinan. Menurutnya, ia berhasil belajar bagaimana cara mengatasi kerontokan melalui gaya rambutnya misalnya mengaplikasikan high ponytails dan long curls untuk bagian honey blonde bangs dan melakukan layering rambut.

Pelantun lagu Diamond tersebut bahkan melepaskan wig-nya dan memperlihatkan tekstur rambut alaminya yang langka saat dia menampilkan rambut ikalnya di depan umum awal pekan ini saat mempromosikan Fenty Hair. 

Mengapa terjadi rambut rontok setelah melahirkan?

American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) menjelaskan, perubahan hormon selama kehamilan dapat menyebabkan rambut di tubuh dan kepala anda lebih lebat. Kemudian tiga bulan setelah melahirkan, mulai terlihat perubahan lain pada rambut. Biasanya termasuk kerontokan rambut dari kulit kepala.

Keadaan tersebut terjadi karena hormon kembali ke tingkat sebelum kehamilan, yang memungkinkan rambut kembali ke siklus pertumbuhan dan kerontokan yang lebih teratur. Inilah yang sering disebut dengan rambut rontok pasca melahirkan.

Namun, jumlah rambut yang rontok mungkin sangat banyak dan mengkhawatirkan. Dalam banyak kasus, rambut Anda akan tumbuh kembali sepenuhnya dalam tiga hingga enam bulan, seperti dilansir dari Forbes. 

Penyebab rambut rontok pasca persalinan

1. Penurunan hormon estrogen 

Seperti yang dijelaskan dokter obgyn bersertifikat Amy Roskin, M.D., penurunan estrogen menyebabkan folikel rambut memasuki tahap istirahat. “Rambut-rambut ini mungkin rontok beberapa bulan kemudian,” katanya.

2. Kondisi yang mendasari

kerontokan rambut pascapersalinan tidak hanya disebabkan oleh penurunan estrogen namun ada masalah mendasar yang memperburuk keadaannya.

“Masalah tiroid, anemia, stres, dan ketidakseimbangan hormon juga dapat menyebabkan rambut rontok dan mungkin memerlukan evaluasi dan pengobatan tambahan,” kata Dr. Roskin.

Tips mengatasi rambut rontok setelah melahirkan

Dr. Yates menyarankan untuk menggunakan produk penguat agar rambut tetap ternutrisi.

“Selama waktu ini, rawat rambut Anda dengan lembut dan gunakan produk penguatan untuk membantu menjaga rambut tetap lembut dan lentur untuk mencegah kerusakan,” kata Yates.

Dia menambahkan bahwa mengubah gaya rambut menjadi lebih pendek juga akan membantunya terlihat lebih tebal selama penumpahan dan fase pertumbuhan kembali berikutnya.

“Penting juga untuk memantau nutrisi untuk memastikan Anda mendapatkan cukup vitamin dan mineral untuk mendukung Anda selama perubahan yang menarik dan menantang,” tambahnya.

Meskipun tidak ada perawatan medis khusus untuk kerontokan rambut pascapersalinan, Roskin menyebutkan sampo penambah volume bisa menjadi pilihan yang bagus, seperti halnya menghindari kondisioner berat.

“Lebih baik menggunakan produk untuk rambut halus karena mereka cenderung tidak membebani rambut,” pungkas Roskin.

Pilihan Editor: Apakah Minyak Almond Cocok untuk Semua Jenis Rambut?

FORBES | PEOPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *