Berita

4 Cara Menggunakan Madu pada Wajah, Masker hingga Lotion

×

4 Cara Menggunakan Madu pada Wajah, Masker hingga Lotion

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Mengoleskan madu pada wajah bukanlah praktik zaman baru, orang telah menggunakan sirup manis alami ini untuk mendapatkan kulit yang sehat sejak lama.

Sravya C Tipirneni, Kepala Konsultan Dermatologis & Ahli Kosmetologi di Rumah Sakit Manipal, menyebutkan madu memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi, menjadikannya pilihan populer untuk menenangkan kulit yang teriritasi dan mempercepat penyembuhan luka.

“Selain itu, kualitas humektannya membantu menarik dan mempertahankan kelembapan,” ucapnya dikutip dari Pinkvilla.

Manfaat madu untuk kulit terdiri dari sifat antimikroba dan pelembab bila digunakan secara konsisten dan benar, madu dapat membantu Anda meningkatkan rutinitas perawatan kulit tanpa merusak mikrobioma alami kulit.

Yakinlah bahwa begitu Anda mulai menggunakannya, Anda tidak akan bisa berhenti! Baik itu memberi nutrisi pada kulit atau menyembuhkan luka, madu melakukan semuanya dengan efektif!

Namun sama seperti produk atau bahan perawatan kulit lainnya, Anda harus tahu cara menggunakannya dengan benar, jika tidak maka akan lebih banyak ruginya daripada manfaatnya.

Ada berbagai cara untuk menggunakan madu pada wajah Anda dan dapatkan semua manfaatnya, seperti yang disebutkan di bawah ini:

1. Sebagai Pembersih Wajah 

Salah satu cara memanfaatkan madu untuk kulit berjerawat yang paling efektif adalah dengan menggunakannya dalam bentuk pembersih wajah. Madu ini menghilangkan kotoran, debu, dan kotoran lainnya dari kulit dengan lembut tanpa menimbulkan efek keras pada kulit. 

Anda bisa membeli pembersih madu yang dibeli di toko yang sesuai dengan jenis kulit Anda atau cukup mencampurkan satu sendok teh madu dengan pembersih wajah biasa.

2. Pelembab atau Lotion Madu

Bagi mereka yang berjuang dengan masalah kulit kering, sangat penting bagi mereka untuk membeli losion tubuh yang baik, dan apa yang lebih baik daripada losion yang mengandung madu? 

Sebagai humektan, ia menarik air ke dalam kulit, menjadikannya lembut dan kenyal. Anda dapat menggunakan madu organik yang belum diolah langsung pada kulit Anda untuk memijatnya dan mendapatkan nutrisi pada kulit atau menggunakan pelembab dengan madu sebagai bahan utama untuk menambah kelembapan dan mengisi kembali kulit yang mengalami dehidrasi.

3. Minyak Wajah Madu

Minyak wajah yang bersumber secara alami mengandung antioksidan alami dan nutrisi lain yang membantu meningkatkan produksi kolagen dan membuat warna kulit merata. Menggunakan minyak wajah yang mengandung madu atau menambahkan beberapa tetes madu ke minyak wajah normal Anda dapat membantu menghaluskan warna kulit dan mengurangi munculnya bintik-bintik dan kerutan.

4. Masker Wajah Madu

Masker madu mentah — jika dicampur dengan bahan ramah kulit lainnya — dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Manfaat madu untuk wajah berkisar dari melawan kekeringan hingga memperkuat elastisitas kulit.
Nah, itulah 4 cara menggunakan madu pada wajah untuk menjaga kesehatan kulit. Selamat mencoba!

Pilihan Editor: 5 Masker Wajah Alami Berbahan Madu, Bisa Dibuat di Rumah

PINKVILLA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *