Berita

4 Rekomendasi Kegiatan Saat Idul Adha, Bikin Kamu Produktif dan Tidak Mager

×

4 Rekomendasi Kegiatan Saat Idul Adha, Bikin Kamu Produktif dan Tidak Mager

Share this article


Hari raya Idul Adha merupakan momen untuk membangun kembali kebahagiaan. Untuk menciptakan momen tersebut, kita harus tetap produktif mengikuti berbagai aktivitas untuk mengisi kekosongan waktu saat ibadah sholat Idul Adha telah selesai. 

Hindari hal-hal yang membuat kita malas untuk beraktivitas seperti mengurung diri, main gadget secara terus-menerus, hingga berbaring di atas kasur dalam waktu yang lama.

Terdapat banyak kegiatan yang bisa kita ikuti saat hari raya Idul Adha untuk mengurangi rasa mager dan kembali semangat produktif. Berikut 4 rekomendasi aktivitas saat hari raya Idul Adha.


Memasak Daging Qurban

Memasak Daging Qurban/ Foto: freepik.com/freepik

Memasak daging qurban menjadi hidangan-hidangan yang lezat adalah aktivitas yang tidak boleh terlewatkan saat hari raya Idul Adha. Kita pun secara gratis bisa mendapatkan daging qurban dari warga-warga yang gotong rotong menyembelih hewan qurban (sapi, kambing, atau domba) bersama-sama. 

Aktivitas memasak ini akan membuat kita produktif. Membutuhkan waktu hingga berjam-jam akan mengasah banyak keterampilan yang kita miliki. Kita akan terampil memasak berbagai menu dan resep makanan, sehingga kreativitas kuliner yang kita miliki akan meningkat. 

Berkumpul Bersama Keluarga

Berkumpul Bersama Keluarga/ Foto: freepik.com/freepik

Berkumpul bersama keluarga saat hari raya Idul Adha sama halnya dengan memanfaatkan waktu dengan baik. Mengingat hari raya Idul Adha ini merupakan momen kebahagiaan, maka ciptakanlah kebahagiaan itu bersama keluarga walau hanya sebentar. 

Dari pada mengurung diri sendiri dan memikirkan hal-hal yang tidak penting, alangkah lebih baiknya kita menjalin sekaligus membangun komunikasi yang bagus antar kerabat dan keluarga. Terlihat menyenangkan, bukan?

Berbagi Makanan

Berbagi Makanan/ Foto: pexels.com/@rdne/

Setelah aktivitas masak-memasak, kita bisa membagikannya ke tetangga-tetangga terutama kepada mereka yang membutuhkan. Aktivitas ini melatih diri kita untuk memiliki rasa empati mendalam kepada mereka yang sedang memiliki kesulitan untuk memenuhi kebutuhan primer mereka.

Tak hanya itu, aktivitas ini juga dapat mempererat rasa persaudaraan antar sesama. Dengan berbagi makanan, hubungan kita dengan tetangga, teman dan keluarga akan menjadi lebih erat dan harmonis. 

Mengadakan Kegiatan Sosial Dan Amal

Mengadakan Kegiatan Sosial Dan Amal/ Foto: pexels.com/@julia-m-cameron/

Mengadakan kegiatan sosial  dan amal saat hari raya Idul Adha bisa dengan cara memberikan bantuan paket makanan, baju dan atau sembako. Kegiatan ini dapat membantu meringankan beban mereka yang membutuhkan, sehingga semua orang bisa menikmati momen kebahagiaan di hari raya Idul Adha. 

Kita bisa mengadakan kegiatan ini di panti asuhan, sekolah-sekolah yang belum layak huni, dan tempat di mana masyarakatnya masih membutuhkan.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!



(sim/sim)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *