Berita

5 Tempat Wisata Edukasi di Jakarta yang Cocok Dikunjungi Saat Libur Sekolah

×

5 Tempat Wisata Edukasi di Jakarta yang Cocok Dikunjungi Saat Libur Sekolah

Share this article


Banyak momen liburan di bulan Juni tahun 2024 yang sayang untuk dilewatkan. Iduladha yang jatuh pada hari Senin, tanggal 17 Juni 2024 juga bertepatan dengan libur akhir pekan sehingga bisa menjadi long weekend mulai hari Sabtu, Minggu, hingga cuti bersama pada hari Selasa 18 Juni 2024. Setelah itu, pada tanggal 24 Juni 2024 anak-anak sekolah mulai melaksanakan libur kenaikan kelas untuk menyambut tahun ajaran baru.

Liburan sekolah menjadi momen yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Banyak aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan bersama dengan anak. Wisata edukasi bisa menjadi pilihan untuk bermain sambil belajar bagi anak-anak. Nah, ini dia 5 tempat wisata edukasi di Jakarta yang bisa dikunjungi saat libur sekolah.

 

1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Keluarga Jokowi mengunjungi TMII/Foto: instagram.com/tmiiofficial

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan kawasan di Jl. Raya Taman Mini, Jakarta Timur yang dibangun untuk memperkenalkan budaya Indonesia dalam satu taman yang luas, sehingga masyarakat bisa mengenal banyak budaya Indonesia hanya dengan berkunjung ke TMII. Banyak hal tentang nusantara yang bisa dijelajah di tanah seluas 150 hektar ini, mulai dari wisata budaya dengan miniatur kepulauan Nusantara, anjungan daerah, bangunan dan arsitektur tradisional, kesenian daerah, taman rekreasi, dan berbagai macam wahana yang menyenangkan, seperti naik kereta gantung, air mancur berdansa, video mapping dan drone show.

Tiket masuk untuk menjelajah nusantara ini juga relatif murah, apalagi TMII sedang mengadakan promo libur sekolah mulai tanggal 1 Juni hingga 31 Juli 2024, promo ini berlaku untuk pembelian Ticket Bundles (tiket masuk TMII & kereta gantung) yaitu Rp 70.000 (weekdays) dan Rp 80.000 (weekend). Harga tiket belum termasuk tiket masuk kendaraan ya, Beauties.

Harga tiket masuk kendaraan TMII yaitu, harga tiket mobil (Rp 35.000), tiket masuk motor (Rp 15.000), tiket masuk sepeda (Rp 10.000), tiket masuk bus/truk (Rp 60.000). Kamu bisa melakukan pemesanan di website resmi TMII atau bisa melakukannya secara offline. 


2. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan/Foto: instagram.com/ragunanzoo

Kebun binatang Ragunan atau Taman Margasatwa Ragunan berada di Jl. Harsono RM. No. 1, Ragunan, Pasar Minggu,Jakarta Selatan. Kebun binatang seluas 147 hektar yang dihuni oleh 2.009 ekor satwa ini menjadi salah satu wisata edukasi favorit yang dikunjungi. Kamu bisa mempelajari satwa-satwa Indonesia dan luar negeri di sini.

Tiket masuk pengunjung kebun binatang Ragunan yaitu Rp 4.000 (dewasa), Rp 3.000 (anak-anak). Untuk tiket parkir mulai dari Rp 1.000/hari untuk sepeda, Rp 3.000 untuk sepeda motor, Rp 6.000 untuk mobil sedan dan mobil kecil, Rp 12.500 untuk bus/truk kecil, dan Rp 15.000 untuk bus/truk besar. Kamu juga bisa menikmati fasilitas wahana yang tiketnya mulai dari Rp 2.500-15.000. 

Untuk mengunjungi kebun binatang Ragunan, kamu bisa datang pada jam operasional yaitu hari Selasa-Minggu pukul 07:00 – 16:00 WIB. Sedangkan hari Senin tutup karena merupakan hari libur para satwa.

3. Museum Layang-Layang

Museum Layang-Layang/Foto: instagram.com/museumlayanglayang.id

Anak-anak yang sangat suka bermain layang-layang, wajib untuk mengunjungi Museum Layang-Layang. Museum ini berada di Jl. H. Kamang No.38, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan. Tak hanya melihat koleksi layang-layang nusantara dan mancanegara, dengan tiket masuk Rp 20.000 (anak-anak) dan Rp 25.000 (dewasa) kamu sudah mendapatkan fasilitas seperti audio visual room, tur museum, dan workshop pembuatan layang-layang. Sehingga nantinya, kamu bisa membawa pulang layang-layang yang kamu buat sendiri.

Berlibur di Museum Layang-Layang bisa menjadi agenda mengisi liburan sekolah yang menyenangkan. Anak akan memiliki pengalaman baru dan belajar untuk melestarikan tradisi bermain layang-layang. Kamu bisa berkunjung setiap hari mulai pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB. Museum ini tutup di hari-hari raya nasional.

4. Taman Ismail Marzuki (TIM)

Taman Ismail Marzuki (TIM)/Foto: instagram.com/tim.cikini

Taman Ismail Marzuki terletak di Jl. Cikini Raya no. 73, Menteng, Jakarta. Tempat seluas lebih dari 7 hektar ini memiliki banyak tempat yang dikunjungi dan sangat cocok untuk berwisata.

Seperti adanya Perpustakaan Jakarta, Ruang Terbuka Hijau, kuliner, photo booth, hingga banyak workshop yang sering diadakan di sini, Beauties. Untuk masuk ke dalam TIM tidak dikenakan tiket masuk alias gratis. Kamu bisa berkunjung setiap hari mulai dari pukul 09.00-20.00.

5. Jakarta Aquarium & Safari

Jakarta Aquarium & Safari/instagram.com/jakartaaquarium

Ingin mengeksplor hewan-hewan laut dan safari sekaligus? Kamu bisa mengunjungi Jakarta Aquarium & Safari. Aquarium indoor terbesar dengan luas 1 hektar, dengan 2 lantai, dan 12 zona untuk dijelajahi. Tempat ini memiliki 3500 spesies hewan, hewan akuatik berada di lantai dasar dan hewan non akuatik berada di lantai 2. Kamu bisa datang ke NEO SOHO @Podomoro City Floor LG 101 – LGM 101 Jalan S. Parman Kav 28, Jakarta Barat.

Kamu bisa berinteraksi langsung dengan hewan, seperti menyentuh hingga memberi makan. Tak hanya itu, kamu juga bisa menyaksikan pertunjukan berang-berang, penguin, dan binturung. Untuk menjelajahi Jakarta Aquarium & Safari kamu dikenakan tiket masuk sebagai berikut:

  • Weekdays Reguler : Rp 156.800 (dewasa) dan Rp 122.500 (anak-anak)
  • Weekdays Premium : Rp 196.000 (dewasa) dan Rp 147.000 (anak-anak)
  • Weekend Reguler : Rp 181.300 (dewasa) dan Rp 147.000 (anak-anak)
  • Weekend Premium : Rp 220.500 (dewasa) dan Rp 171.500 (anak-anak)

Nah, sudah punya rencana mengisi liburan sekolah ke mana nih, Beauties?

***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *