Berita

9 Makanan-Minuman untuk Atasi Mual dan Pusing Setelah Konsumsi Daging Kurban

×

9 Makanan-Minuman untuk Atasi Mual dan Pusing Setelah Konsumsi Daging Kurban

Share this article


Di Indonesia, Hari Raya Iduladha identik dengan memotong hewan kurban. Beragam olahan berbahan dasar daging sapi ataupun kambing bakalan menjadi pilihan utama untuk dinikmati bersama keluarga.

Nah, biasanya tanpa sadar, Beauties kalap menyantap olahan daging nih. Mulai dari sate, gulai, tongseng hingga semur, semuanya tak luput untuk dicicipi. Akhirnya, perut terasa nggak nyaman, enek, mual hingga kepala menjadi pusing setelah kebanyakan makan daging.

Eits, tapi jangan khawatir! Beauties bisa mengatasi rasa mual dan pusing setelah makan daging dengan mengonsumsi sejumlah makanan dan minuman berikut ini, seperti dilansir dari Everyday Health. Simak, yuk!

1. Permen Mint

Permen mint/ Foto: Freepik.com/BalashMirzabey

Mengunyah permen dianggap dapat membantu mengurangi rasa mual dan enek, serta menciptakan rasa tenang setelah menyantap daging kurban. Otot-otot di dalam perut pun bisa lebih rileks memecah lemak, daging pun bisa diproses dengan cepat.

Pilihlah permen dengan rasa mint, baik itu permen karet atau permen biasa, karena bisa menyerap bau daging dan memiliki efek menyegarkan mulut. Nafas pun bisa kembali segar.

2. Air Kelapa

Air kelapa/ Foto: Freepik.com/freepik

Sudah sejak dulu, air kelapa dipercaya dapat mengatasi sejumlah masalah pencernaan. Berbagai keluhan seperti mual, munta, diare, dan gangguan pencernaan bisa teratasi dengan mengonsumsi air kelapa.

Air kelapa diperkaya dengan kandungan magnesium, kalium, mineral, vitamin, dan gula alami yang diketahui mampu mengembalikan energi tubuh yang lemas, sekaligus menghilangkan sensasi mual dan muntah-muntah akibat terlalu banyak konsumsi daging kurban saat Iduladha.

3. Air Jahe Hangat

Air jahe hangat/ Foto: Freepik.com/jcomp

Diantara tanaman herbal lainnya, jahe merupakan salah satu tanaman herbal tradisional yang paling populer, bahkan sudah sejak ribuan tahun yang lalu. Jahe mengandung berbagai macam nutrisi, seperti serat, vitamin, mineral dan anti-inflasi yang dapat mengatasi nyeri dan peradangan.

Maka dengan meminum secangkir jahe hangat bisa membantu mengatasi mual, perut kembung, begah dan melancarkan pencernaan. Selain itu, kandungan lainnya dalam jahe mampu menenangkan dan dengan cepat mengosongkan perut setelah banyak makan daging.

4. Air Lemon

Air lemon/ Foto: Freepik.com/stockking

Meminum segelas air perasan lemon dipercaya dapat membantu melancarkan pencernaan. Hal ini karena air lemon dapat merangsang pergerakan usus menjadi lebih baik.

Selain itu, Beauties juga bisa menambahkan potongan buah lemon ke dalam gelas minuman. Aroma kulit lemon yang wangi bisa menghilangkan rasa mual dan enek usai makan daging kurban.


5. Air Putih

Air putih/ Foto: Unsplash.com/Engin Akyurt

Setelah mengonsumsi daging kurban, pastikan untuk tetap terhidrasi dengan minum air putih yang cukup. Air putih dapat membantu mendorong sisa makanan menuju sistem pembuangan, serta menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh agar organ tubuh berfungsi dengan baik.

Nggak perlu berlebihan, karena terlalu banyak juga bisa meningkatkan rasa enek dan ingin muntah. Jadi, secukupnya aja ya, Beauties!

6. Teh Peppermint

Teh peppermint/ Foto: Freepik.com/jcomp

Meminum secangkir teh hangat saat perut mual dan terasa tidak nyaman bisa menjadi solusi yang tepat. Namun, alangkah baiknya Beauties mengonsumsi teh peppermint agar lebih menenangkan di perut.

Aroma daun mint pada secangkir teh tersebut bisa membuat kamu lebih nyaman dan rileks. Selain itu juga ampuh mengatasi rasa mual setelah menyantap daging karena kandungan kafeinnya lebih sedikit dibandingkan dengan teh jenis lainnya.

7. Yogurt

Yogurt/ Foto: Freepik.com/chandlervid85

Beauties bisa memilih yogurt untuk menetralisir perut dari rasa mual usai menyantap daging. Pilihlah yogurt plain atau tanpa lemak yang mengandung prebiotik yang bisa membantu melancarkan pencernaan.

Sebab, yogurt jenis tersebut dapat mengatasi rasa mual dan perut tidak nyaman tanpa merasa enek usai menyantap daging kurban yang terlalu banyak.

8. Konsumsi Buah-buahan

Konsumsi buah-buahan/ Foto: Unsplash.com/Jonas Kakaroto

Meski sedang merayakan hari lebaran Iduladha, bukan berarti bisa menyantap sembarang makanan ya, Beauties. Tetap imbangi konsumsi menu daging dengan tambahan sayuran dan buah-buahan.

Beauties bisa usahakan membuat variasi menu makanan sehat dengan menyisipkan beberapa sayuran, seperti tomat, wortel, kentang, maupun brokoli. Sementara pada makanan berlemak, Beauties bisa mengurangi kandungan lemak pada makanan tersebut.

Nah, jangan lupa juga untuk mengonsumsi beberapa buah-buahan seperti apel, pisang, nanas, dan semangka usai menyantap daging kurban untuk menetralisir rasa mual dan meredakan pusing.

9. Kacang-kacangan

Kacang almond/ Foto: Freepik.com/jcomp

Beberapa jenis kacang-kacangan, terutama kacang almond dianggap ampuh mengatasi pusing dan sakit kepala. Kandungan magnesium, serta sumber vitamin A, B, dan E dalam kacang almond bermanfaat baik untuk dikonsumsi setelah makan daging berlebih.

Beauties, itu dia sejumlah makanan dan minuman untuk atasi mual sampai pusing akibat konsumsi daging kurban. Catat ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *