Berita

Harga Beras Naik, Coba Konsumsi 3 Makanan Pengganti Nasi Ini, Yuk!

×

Harga Beras Naik, Coba Konsumsi 3 Makanan Pengganti Nasi Ini, Yuk!

Share this article


Beras adalah makanan pokok bagi warga Indonesia sehingga hampir selalu ada di setiap sesi makan. Sayangnya, kenaikan harga beras makin menjadi-jadi dan jelas membuat pencinta nasi cemas kalau-kalau tidak bisa lagi leluasa makan nasi.

Meskipun begitu, kamu para penggemar nasi nggak perlu cemas karena ada banyak banget pengganti nasi yang tak kalah mengenyangkan, nikmat, sekaligus bernutrisi. Dilansir dari Yahoo News, inilah beberapa bahan makanan dengan harga terjangkau yang bisa jadi alternatif pengganti nasi di kala harga beras mahal seperti ini!

Jagung





Ilustrasi/Foto: Unsplash/Wouter Supardi Salari

Jagung adalah salah satu komoditas pertanian di Indonesia yang cocok banget dijadikan sebagai salah satu pengganti nasi di kala harga beras naik. Pasalnya, harga 1 kilogram jagung biasanya dijual mulai dari harga Rp11 ribu saja dan bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan enak.

Selain dijual secara utuh, jagung juga dijual dalam bentuk lain, yakni jagung pipil atau bahkan beras jagung yang harganya juga tak kalah murah. Kamu juga nggak perlu cemas soal nutrisi yang dikandung jagung karena di dalamnya terdapat protein, lemak, vitamin A, dan mineral yang baik bagi tubuh.

Singkong
Singkong/ Foto: pexels.com/Daniel Dan

Ilustrasi/Foto: pexels.com/Daniel Dan

Singkong bukan hanya cocok sebagai pengganti nasi yang murah meriah, tetapi juga menjadi salah satu makanan pokok penduduk Indonesia pada zaman dahulu. Singkong juga merupakan tanaman yang bisa bertahan dalam kondisi yang ekstrem seperti kekeringan hingga tanah yang sifatnya asam.

Harga singkong sendiri tak kalah murah dengan jagung, yakni hanya berkisar antara Rp8 ribu sampai Rp15 ribu per kilogramnya. Singkong rebus mengandung 112 kalori di setiap 100 gramnya dan sarat serat, vitamin, dan mineral yang cocok banget untuk para pejuang diet.

 

Kentang

Ilustrasi/Foto: Unsplash/Lars Blankers

Salah satu makanan yang terkenal rendah kalori ini juga cocok jadi alternatif pengganti nasi anti boncos. Memang, sih, harga kentang per kilogramnya kurang lebih berkisar Rp20 ribuan—jauh lebih mahal dibandingkan harga beras 1 kilogram pada umumnya, tetapi kentang merupakan sumber karbohidrat yang jauh lebih sehat dan cocok untuk dietmu.

Kentang juga terbukti jauh lebih mengenyangkan dibandingkan dengan nasi karena kandungan seratnya yang lebih tinggi. Kandungan karbohidrat kompleks di dalam kentang pun cocok banget bagi kamu yang punya penyakit asam lambung karena bisa memberikan nutrisi yang dibutuhkan sekaligus melancarkan kinerja sistem pencernaan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *