Berita

Mengenal Orang Tua Franka Franklin, Istri Nadiem Makarim

×

Mengenal Orang Tua Franka Franklin, Istri Nadiem Makarim

Share this article


LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Media sosial bisa menjadi wadah untuk membagikan sekilas perjalanan hidup bagi yang ingin mengenal lebih dalam. Hal itu pula yang dilakukan figur publik Franka Franklin. Sejak aktif di Instagram sejak 2018 silam, istri Nadiem Makarim itu tampak beberapa kali membagikan unggahan bertema keluarga, termasuk orang tua tercinta. 

Di tanggal bersejarah dan momen perayaan tertentu, ibu tiga anak itu mendedikasikan unggahan untuk ayah dan ibu tercinta. Yuk, kita intip tiga di antaranya berikut ini.

1. Momen Hari Ibu untuk 3 Perempuan Hebat

Di momen Hari Ibu pada 22 Desember 2021, Franka mengunggah dedicated post untuk tiga perempuan hebat di matanya, yakni eyang, oma, dan ibundanya.

Saya ingin bercerita sedikit mengenai perempuan-perempuan hebat yang membentuk saya,” tulisnya mengawali keterangan Instagram.

Dimulai dari Eyang saya, Ibu @indrimakki. Di perjalanan hidupnya yang menantang, sebagai anak dari tentara AL yang menjadi guru, dan wanita Belanda yang bertaruh hidupnya ke Indonesia – Ibu bergerak di dunia perfilman Indonesia untuk membantu menafkahi ketiga saudaranya,” ucapnya.

Dia lalu mengisahkan bahwa sang eyang mengenyam pendidikan S1 psikologi dan menikah dengan perwira AU. Lalu, dia bekerja di perusahaan multinasional selama lebih dari 20 tahun.

Seorang istri, ibu, dan wanita karir, ia juga sangat taat dalam kepercayaannya dan selalu berbagi kepada saya dan adik saya mengenai nilai-nilai hidup yang kuat,” pujinya.

Yang kedua adalah Oma saya, Adriana. Ibunda dari almarhum ayah saya, ia hadir dalam kehidupan kami sejak kecil dan bersikap keras dalam prinsipnya, tapi selalu juga bergurau, dalam bahasa Indonesia, Belanda, dan Sunda! Saya beruntung bisa dekat dengan beliau sampai saat saya dewasa, dan sangat rindu akan masakan Oma Ans,” ucapnya.

Perempuan ketiga inspiratif bagi Franka adalah ibunda, Sania Makki.

(Paling kanan) Franka Franklin bersama adiknya dan ibunda. Foto: Instagram/@frankamakarim

Dan yang terutama, Ibu saya @sania.makki. Tidak sedikit yang saya pelajari darinya, mulai dari meyelesaikan sekolah sambil mengurus anak, berkarir bertahun-tahun di berbagai perusahaan besar, dan tentunya membesarkan saya dan adik saya sendiri di awal umur 30an. Dan di akhir karirnya beliau memilih untuk mengajar dan menjadi dosen, daripada beristirahat saat pensiun,” katanya.

Dia menutup keterangannya dengan mengucapkan selamat hari ibu untuk para perempuan dan ibu di luar sana.

2. Mengenang Kepergian Sang Ayah

Dalam unggahan atau postingan pada 8 November 2022, Franka mengenang kepergian sang ayah, Franklin Franky Gunawan. 28 tahun lalu hari ini beliau meninggalkan dunia ini,” tulisnya mengawali pesan haru.

Istri Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi itu juga mengungkapkan bersandar kepada Tuhan adalah caranya kuat menghadapi kehidupan tanpa sang ayah.

Tuhan terus menjaga kami dan menguatkan iman saya dalam berbagai momen setelahnya. Dampak orangtua, bahkan dengan ketidakhadirannya, akan selalu dirasakan sampai dewasa. Melalui pemulihan dan rekonsiliasi semuanya akan menjadi lebih kuat,” ucapnya.

Mengenang 28 tahun wafatnya sang ayah, Franklin Franky Gunawan, pada 8 November 2022, Franka Franklin unggah potret masa kecil bersama adiknya dan ayahnya. Foto: Instagram/@frankamakarim

Dia pun bersyukur atas semua pelajaran dan kenangan manis yang diperoleh dari sang ayah. Di ujung pesannya, Franka mengungkapkan pesan cinta untuk cinta pertamanya itu.

Saya bersyukur untuk semua pelajaran yang sudah terlewati, dan pada hari ini saya mendoakan beliau kembali. I will always keep you close in my heart, as I believe we were in yours. Rest forever in peace and light, Papa,” katanya.

Selain berbagi pesan haru, Franka juga membagikan potret hitam putih saat dia dan adiknya, Fannya Franklin dalam pelukan sang ayah.

3. Ulang Tahun Ibunda

Di momen ulang tahun sang ibunda, Sania Makki, Franka membagikan pesan cinta dalam berbahasa Inggris.

Happy birthday Mama. Here’s to your joys and tears, your strength you kept while raising us, and the harder moments you journeyed in life. (Selamat ulang tahun Mama. Ini untuk kegembiraan dan air matamu, kekuatan yang kamu simpan selama membesarkan kami, dan saat-saat sulit yang kamu jalani dalam hidup.),” ucapnya.

Sania Makki, ibu Franka Franklin. Foto: Instagram/@frankamakarim

Franka kemudian mengungkapkan kekaguman dengan segala pencapaian yang diraih sang ibunda, dan petualangan lain yang ingin digapainya. Dia pun berdoa agar sang ibunda selalu diberkati dengan kedamaian dan kebaikan.

Itulah sekilas gambaran keluarga Franka Franklin. Semoga membantu bagi yang ingin mengenal lebih dekat sosoknya.

Pilihan Editor: Kunci Franka Franklin Makarim Bagi Peran Jadi Istri, Ibu dan Bos Perusahaan

INSTAGRAM

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *