Berita

Mitos atau Fakta, Nanas yang Dimasak dengan Daging Sapi dan Kambing Bisa Menurunkan Kolesterol

×

Mitos atau Fakta, Nanas yang Dimasak dengan Daging Sapi dan Kambing Bisa Menurunkan Kolesterol

Share this article


Ketika mendapat daging kurban, pastinya Beauties bisa menu beragam olahan daging tersebut. Baik itu daging sapi maupun kambing. Namun, daging yang didapat terkadang alot. Untuk bisa melunakkan daging, salah satunya dengan mencampurkan nanas.

Mengutip detikEdu, buah nanas mengandung enzim bromelin yang membuat daging menjadi lebih lembut dan tidak alot ketiga dimasak. Dr Tuti Sutyati S. Pt., M.Si. dari Divisi Teknologi Hasil Ternak IPB University menyebutkan bagian nanas yang bisa melunakkan daging ialah batang, daun, serta daging buahnya.

Akan tetapi, bagian daun maupun batang akan mempengaruhi cita rasa pada daging itu sendiri. Oleh karena itu, banyak yang menggunakan daging buah nanas untuk mengempukkan daging. Beauties tidak perlu khawatir karena kandungan nutrisi pada daging tidak akan hilang ataupun mengalami perubahan apapun saat dicampur buah nanas.

Di samping itu, buah nanas juga dianggap bisa menurunkan kolesterol jika dimasak berbarengan dengan daging sapi maupun kambing. Benarkah demikian?

Kandungan Bromelain dari Nanas Membantu Menurunkan Kolesterol

Buah Nanas/Foto: Freepik

Berdasarkan detikHealth, dokter spesialis penyakit dalam dr Rudy Kurniawan, SpPD mengungkapkan ada sebuah penelitian berkaitan dengan buah nanas dan penurunan kolesterol. Ia menyebutkan bahwa kandungan bromelain pada nanas membantu menurunkan kolesterol. Meskipun demikian, untuk dosis dan efektivitasnya harus diteliti lebih lanjut lagi.

Salah satu penelitian menunjukkan efektivitas dengan dosis 400 mg bromelain per harinya. Agar bisa memenuhinya, maka Beauties harus mengonsumsi buah nanas yang cukup banyak dalam sehari minimal 400 gram nanas. Pasalnya kandungan bromelain pada nanas hanya berkisar 0,1-0,6 persen.

Selain membantu menurunkan kolesterol, dilansir Healthline, nanas juga mempunyai beberapa manfaat lainnya. Nanas dapat melancarkan pencernaan karena ada kandungan nutrisi dan senyawa yang bermanfaat di dalamnya, seperti enzim, mangan, dan vitamin C. Dengan mengonsumsi nanas, juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan risiko kanker, serta mempercepat pemulihan pasca operasi.


Proses Melunakkan Daging dengan Nanas
Gunakan Daun Pepaya atau Nanas Agar Daging Empuk Tanpa Presto/Foto: Pinterest/Freepik

Melunakkan Daging dengan Nanas/Foto: Freepik.com

Agar daging bisa lunak dengan nanas, ada caranya sendiri loh. Beauties perlu parut satu buah nanas dan remaslah parutan nanas tadi bersama daging, seperti yang dilansir CNN Indonesia.

Lalu, 2 kg daging sapi ataupun kambing tersebut direndam dan didiamkan selama 30 menit sebelum proses pemasakan. Setelah itu, buang air nanas dan cuci daging tersebut agar dimasak.

Jadi, jika Beauties ingin makan daging tanpa harus terkena kolesterol, bisa dimasak dengan buah nanas. Meskipun demikian, jangan lupa untuk banyak bergerak, minum air putih, dan makan daging secukupnya agar kadar kolesterol terjaga.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *