Berita

7 Cara Merencanakan Karier Supaya Lebih Terarah

×

7 Cara Merencanakan Karier Supaya Lebih Terarah

Share this article


Menetapkan tujuan jangka panjang untuk karier terkadang terasa sulit dan menakutkan. Namun, dengan rencana tindakan yang tepat, kamu bisa menentukan dan mengarahkan dirimu ke arah yang lebih jelas. Maka, penting untuk kamu meluangkan waktu memikirkan dan mencatat ide-ide yang kamu inginkan dalam perjalanan kariermu ke depan.

Nah, bagaimana, sih, cara memulai perencanaan karier? Dilansir dari Better Up, coba ikuti 7 langkah ini, yuk!

1. Evaluasi Diri

Tips Merencanakan Karier Supaya Lebih Terarah/Foto: Pexels/Kampus Production

Evaluasi diri adalah langkah pertama dalam merencanakan karier. Kamu bisa mencoba tes kepribadian atau bakat. Kamu juga bisa mempertimbangkan nilai-nilai seperti apa yang ingin kamu pegang agar bisa mengintegrasikan nilai-nilai kamu dengan kariermu nantinya.

2. Cari Tahu Daftar Pekerjaan yang Sesuai

Tips Merencanakan Karier Supaya Lebih Terarah/Foto: Pexels/Kampus Production

Berani lah dalam menetapkan tujuanmu. Bayangkan pekerjaan yang sesuai dengan impianmu dan lakukan pencarian pekerjaan di media sosial untuk melihat deskripsi pekerjaan yang kamu inginkan. Perhatikan keterampilan dan tanggung jawab posisi tersebut, serta profil perusahaan impianmu.

3. Tentukan Langkah-Langkah Dasar

Tips Merencanakan Karier Supaya Lebih Terarah/Foto: Pexels/Gustavo Fring

Meskipun tidak ada satu jalur yang benar menuju pekerjaan impianmu, pasti ada langkah-langkah tertentu yang tidak bisa dilewatkan. Identifikasi tujuan jangka pendekmu dan cari tahu bagaimana cara mencapainya dari posisi kamu saat ini.

4. Identifikasi Nilai-Nilai Pekerjaan Impianmu

Tips Merencanakan Karier Supaya Lebih Terarah/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Selagi kamu belum bisa mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan, kamu bisa memperhatikan perusahaan-perusahaan yang memposting pekerjaan tersebut. Tanyakan pada diri kamu apakah kamu bisa membayangkan bekerja di perusahaan tersebut, dan apakah nilai-nilai mereka sejalan denganmu.


5. Lihat Lowongan Pekerjaan di Tingkat Dasar

Tips Merencanakan Karier Supaya Lebih Terarah/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Setelah kamu memiliki gambaran tentang peran dan perusahaan yang kamu tuju, perhatikan juga peran-peran lain yang mungkin masih sejalan dan bisa membawamu pada posisi impianmu. Cari tahu tangga karier mana yang paling mudah kamu capai.

6. Ambil Langkah Berikutnya yang Tepat

Tips Merencanakan Karier Supaya Lebih Terarah/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Identifikasi tujuan jangka pendek yang bisa membawamu lebih dekat pada pekerjaan impianmu. Apakah itu membutuhkan perubahan karier atau hanya tahap lanjut dalam bidang yang kamu geluti, pastikan kamu mengambil langkah yang tepat.

7. Beritahu Koneksi Kamu Kenal

Tips Merencanakan Karier Supaya Lebih Terarah/Foto: Pexels/Tirachard Kumtanom

Langkah terakhir dari proses perencanaan karier adalah melibatkan sebanyak mungkin bantuan. Beritahu koneksi yang kamu miliki bahwa kamu sedang mencari kemajuan karier. Sebab, tidak dapat dipungkiri bahwa memang berjejaring adalah bagian penting dari perencanaan kariermu.

Itulah dia beberapa langkah yang dapat kamu tempuh. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu bisa memulai perjalanan menuju karier yang lebih terorganisir dan terarah. Semoga berhasil!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *