Berita

7 Daftar Artis yang Melaksanakan Ibadah Haji Tahun 2024

×

7 Daftar Artis yang Melaksanakan Ibadah Haji Tahun 2024

Share this article


Pada musim haji tahun ini, banyak selebritas Tanah Air yang berkesempatan menunaikan rukun Islam kelima. Di antara mereka, ada yang pergi haji sendiri maupun bersama pasangan, orang tua, adik, hingga karyawan.

Mayoritas artis tersebut berangkat menggunakan haji furoda. Berbeda dengan haji reguler yang memerlukan waktu tunggu cukup lama, program haji furoda bisa langsung menunaikan haji tanpa memerlukan antrean.

Salah satu dari mereka bahkan ada yang mengikuti program haji gratis sebagai tamu istimewa Raja Arab Saudi. Biaya haji furoda pada 2024 berkisar mulai dari USD 23 ribu hingga USD 60 ribu, atau sekitar Rp373 juta hingga Rp970 juta per orang.

Ibadah haji dilaksanakan dengan berziarah di Makkah dan mengerjakan amalan haji, seperti ihram, tawaf, sai. Puncak haji ditandai dengan wukuf di Padang Arafah pada 9 Zulhijah 1445 Hijriah atau Sabtu, 15 Juni 2024.

Berikut deretan selebritas yang melaksanakan ibadah haji tahun 2024 ini.

1. Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina beserta rombongan haji/Foto: Instagram.com/raffinagita1717

Setelah sempat tertunda tahun lalu, pasangan sultan Andara ini akhirnya bisa melangkahkan kaki ke Tanah Suci sebagai jemaah haji furoda.

Tidak hanya mengajak Mama Amy, Mama Rieta, Syahnaz Sadiqah, Nisya Ahmad, dan Caca Tengker, Raffi dan Nagita turut membiayai tiga orang karyawan mereka untuk menunaikan ibadah haji lewat jalur haji furoda. Raffi dan Nagita juga mendoakan agar para warganet yang beragama Islam dapat segera menjadi tamu Allah Swt. di baitullah.

2. Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah

Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah/Foto: Instagram.com/attahalilintar

Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah berangkat ke Tanah Suci berdua pada Minggu (9/6/2024). Tangisan keduanya pecah ketika mereka mesti berpisah dari Ameena dan Azzura di bandara untuk terbang ke Tanah Suci. Ini adalah kali pertama mereka meninggalkan buah hatinya yang masih balita dalam waktu cukup lama.

Sejumlah persiapan sudah dilakukan pasangan ini, mulai dari perbanyak istigfar, berdoa agar dijauhi dari hal buruk, berolahraga, manasik haji, hingga pengajian pelepasan yang dihadiri oleh keluarga besar. Atta pun merasa sangat bersyukur bisa menunaikan ibadah haji saat masih muda, dan rencananya yang semula ingin berangkat bersama istri tahun depan menjadi lebih cepat.

“Planning(rencana)-nya masih tahun depan, tahun depan lagi, ternyata dicepatin, ada rezekinya, banyak teman yang ajak,” kata Atta Halilintar ditemui di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, dikutip dari detikhot (6/6/2024). 

3. Tantri ‘Kotak’ dan Arda ‘Naff’

Tantri ‘Kotak’ dan Arda ‘Naff’/Foto: Instagram.com/tantrisyalindri

Tantri Syalindri, vokalis grup band Kotak, juga menunaikan ibadah haji bersama suaminya, Arda vokalis band Naff. Mereka telah berangkat ke Tanah Suci pada Minggu (2/6/2024).

Keduanya memantapkan niat untuk berhaji setelah merasakan pengalaman spiritual yang luar biasa sepulang dari ibadah umrah beberapa bulan lalu. Demi bisa menunaikan rukun Islam kelima tahun ini, Tantri dan Arda sepakat mengalihkan dana tabungan membeli mobil baru untuk melunasi biaya haji furoda mereka.

4. Risty Tagor

Risty Tagor/Foto: Instagram.com/ristytagor

Risty Tagor mendapat kesempatan emas bisa naik haji gratis berkat undangan dari Raja Salman pada tahun 2024 ini. Selain Risty Tagor, Menteri Keuangan Sri Mulyani beserta suami dan Wirda Mansur juga diketahui mendapatkan undangan haji khusus ini.

Sebagai undangan khusus pemerintah Arab Saudi, para jemaah akan mendapatkan pelayanan serta fasilitas yang mewah, mulai dari penginapan, tiket pesawat, asisten, serta transportasi selama di Mekkah dari pihak kerajaan Arab Saudi.


5. Oki Setiana Dewi dan Ria Ricis

Oki Setiana Dewi dan Ria Ricis/Foto: Instagram.com/okisetianadewi

Tiga bersaudara Oki Setiana Dewi, Shindy Kurnia Putri, dan Ria Ricis turut dimampukan pergi haji tahun ini.

Berbeda dengan Oki yang sudah pernah naik haji pada tahun 2017 dan 2023 lalu, ini adalah momen pertama bagi Shindy dan Ria Ricis untuk menjalankan ibadah haji. Sehingga, sebagai kakak sulung, dia akan membimbing kedua adiknya selama beribadah. Sebelum keberangkatan, mereka bertiga telah melakukan berbagai persiapan, termasuk manasik haji dan persiapan fisik.

6. Fadil Jaidi dan Keluarga

Fadil Jaidi dan keluarga/Foto: Instagram.com/fadiljaidi

Fadil Jaidi akhirnya bisa memenuhi janji mengajak kedua orang tua, kakak, dan adiknya untuk menunaikan haji bersama tahun ini. Pasalnya, rencana awal Fadil berangkat tahun 2023 batal terlaksana dan harus diundur 2024 karena beberapa kendala.

Janji itu ia buat pada ulang tahun sang ayah, Pak Muh, pada 2 November 2022. Lelaki yang kerap membuat konten lucu bersama Pak Muh di media sosial ini sangat bersyukur kini mendapat rezeki untuk menjalankan ibadah haji bersama seluruh anggota keluarganya.

7. Arie Untung

Arie Untung/Foto: Instagram.com/ariekuntung

Artis dan presenter Arie K. Untung termasuk ke dalam salah satu dari sekitar 213 ribu jemaah haji Indonesia yang berpeluang mengunjungi rumah Allah Swt. tahun ini.

Jika pada ibadah haji tahun lalu ia bersama dengan sang istri Fenita Arie, kali ini Arie Untung berangkat lagi ke Tanah Suci seorang diri. Tangis haru lantas mengiringi momen pamitan Arie dengan keluarganya sebelum berangkat.

****
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


 

(ria/ria)





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *