Berita

Banyak Makan Daging saat Iduladha? Ini 7 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bisa Turunkan Kolesterol

×

Banyak Makan Daging saat Iduladha? Ini 7 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bisa Turunkan Kolesterol

Share this article


Salah satu hal identik dari Hari Raya Iduladha adalah hidangan yang terbuat dari daging. Mulai dari rendang, gulai, semur, sate, hingga tongseng. Kamu mungkin tergoda untuk mencicipi berbagai jenis masakan. Namun, terlalu banyak mengonsumsi daging bisa meningkatkan risiko terkena kolesterol tinggi, lho, Beauties!

Kolesterol tinggi merupakan salah satu penyakit yang berbahaya. Sebagian orang berusaha menurunkan kolesterol dengan mengonsumsi obat-obatan medis. Namun, usaha tersebut akan kurang manjur jika tidak dibarengi dengan gaya hidup atau kebiasaan sehat, Beauties.

Salah satu kebiasaan sehat yang bisa dilakukan untuk menurunkan kolesterol adalah dengan sarapan. Menurut Cleveland Clinic, sarapan dapat menurunkan risiko diabetes, meningkatkan kesehatan jantung, hingga membantu menurunkan kolesterol.

Memilih jenis sarapan yang sehat menjadi kunci untuk menurunkan kolesterol tinggi. Oleh karena itu, lakukan 7 hal ini saat sarapan untuk membantu menurunkan kolesterol secara alami, menurut para ahli. Dirangkum dari Only My Health dan Eat This, Not That!, yuk, cari tahu informasinya berikut ini!

Minum Air Lemon

7 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bisa Turunkan Kolesterol/Foto: Freepik.com/stockking

Menurut dr. Bimal Chhajer, Mantan Konsultan, AIIMS dan Direktur, SAAOL Heart Centre, New Delhi, memulai hari dengan mengonsumsi segelas air lemon hangat bisa bantu mengatasi kolesterol tinggi.

“Lemon mengandung serat pektin yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, vitamin C dalam air lemon dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi peradangan,” ujarnya.

Konsumsi Lemak Sehat
Deretan kacang tersehat yang cocok dijadikan camilan/Foto: Freepik.com

7 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bisa Turunkan Kolesterol/Foto: Freepik.com

Memilih jenis lemak yang tepat untuk disantap saat sarapan dapat berdampak besar pada kadar kolesterol, nih, Beauties. Hal tersebut diungkapkan oleh Courtney D’Angelo, MS, RD, penulis di GoWellness.

“Cobalah untuk membatasi lemak jenuh yang dapat ditemukan dalam produk susu, makanan yang dipanggang, dan makanan olahan. Karena jika terlalu banyak dapat meningkatkan kolesterol low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol ‘jahat’ Anda,” kata D’Angelo.

D’Angelo menyarankan untuk mengganti makanan tersebut dengan makanan yang mengandung lemak sehat. Contohnya seperti kacang-kacangan, daging tanpa lemak, dan minyak tak jenuh.

Konsumsi Serat Larut
Ilustrasi alpukat/Foto: Freepik.com/jcomp

7 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bisa Turunkan Kolesterol/Foto: Freepik.com/jcomp

Memulai hari dengan mencukupi kebutuhan serat untuk tubuh, terutama serat larut, dapat membantu menjaga kadar kolesterol. Serat larut sendiri adalah serat lembut dan lengket dan menyerap air. Kemudian membentuk zat seperti gel dalam sistem pencernaan. Serat ini mengatur kadar gula darah, dan mencegah sakit jantung dengan menurunkan kolesterol, sebagaimana dilansir dari detikFood.

“Serat larut, seperti yang ditemukan dalam oatmeal, mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh Anda, dengan penelitian menunjukkan bahwa hanya 5 sampai 10 gram serat larut per hari dapat menurunkan kolesterol LDL total Anda,” kata D’Angelo.

Selain oatmeal, serat larut juga dapat ditemukan di kacang-kacangan, gandum, buah, dan alpukat.


Makan Makanan yang Mengandung Asam Lemak Omega-3
Konsumsi kacang kenari

7 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bisa Turunkan Kolesterol/Foto: freepik.com/stockking

D’Angelo juga menyebutkan bahwa mengonsumsi asam lemak omega-3 secara tidak langsung dapat mempengaruhi kadar kolesterol LDL.

“Asam lemak ini dapat mengurangi trigliserida Anda, yang merupakan jenis lemak yang ditemukan dalam darah, serta membantu mengurangi tingkat tekanan darah Anda,” kata D’Angelo.

Cara sederhana untuk mendapatkan asam lemak omega-3 yang cukup dalam sarapan adalah dengan mengonsumsi kenari atau biji rami (flax seeds). Kamu bisa memasukkannya ke dalam yogurt, oatmeal, atau mencampurnya menjadi smoothies.

Konsumsi Whey Protein
Ilustrasi Protein Whey/Freepik/atlascompany

7 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bisa Turunkan Kolesterol/Foto: Freepik/atlascompany

Cara mudah untuk membantu menurunkan kadar kolesterol saat sarapan adalah dengan menambahkan bubuk protein whey (whey protein). 

“Protein, yang dikonsumsi sebagai suplemen, telah terbukti menurunkan kadar LDL dan kolesterol total, serta menurunkan tekanan darah,” kata D’Angelo.

Cara mengonsumsinya, seperti yang disukai D’Angelo, adalah dengan menambahkan bubuk protein whey ke oatmeal. Tak lupa pula ditambahkan buah beri agar terdapat serat.




Minum Teh Hijau
Teh hijau/ Foto: Freepik.com/ededchechine

7 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bisa Turunkan Kolesterol/Foto: Freepik.com/ededchechine

Selain air lemon, kamu juga bisa mengonsumsi teh hijau untuk bantu turunkan kadan kolesterol.

 Menurut sebuah penelitian tahun 2020, teh hijau mengandung katekin dan senyawa antioksidan tambahan yang dapat membantu mengurangi kadar LDL dan kolesterol total.

Terapkan Mindful Eating
Mindful Eating/ Foto: freepik.com

7 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bisa Turunkan Kolesterol/Foto: freepik.com

Cara kamu mengonsumsi sarapan juga bisa berpengaruh terhadap kadar kolesterol, lho, Beauties! dr. Chhajer menyarankan untuk tidak makan dengan terburu-buru.

“Luangkan waktu untuk menikmati sarapan Anda dan makan dengan penuh perhatian. Hal ini karena makan perlahan dan memperhatikan tanda-tanda lapar dapat mencegah makan berlebihan dan meningkatkan pengelolaan kolesterol lebih baik,” ujarnya.

Itulah beberapa kebiasaan saat sarapan yang bisa bantu turunkan kolesterol secara alami. Jangan lupa pula dibarengi dengan gaya hidup sehat lainnya, seperti makan makanan sehat dan berolahraga, ya. Selamat mencoba, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *