Berita

Kebablasan Makan saat Iduladha? Ini 7 Cara Cepat Buat Back On Track Diet!

×

Kebablasan Makan saat Iduladha? Ini 7 Cara Cepat Buat Back On Track Diet!

Share this article


Siapa disini yang berat badannya jadi naik saat momen Iduladha? Bagaimana mau nggak naik, hidangan khas Iduladha seperti rendang, bakso, hingga opor ayam ini ternyata mengandung kalori yang cukup tinggi, lho! Jadi, nggak heran kalau pada saat momen lebaran, banyak sekali orang yang mengalami surplus kalori sehingga berat badannya berpotensi naik.

Apakah kamu mengalaminya? Jika iya, jangan khawatir! Kamu masih bisa kok back on track diet dan balik ke berat badan sebelumnya dengan menerapkan beberapa cara di bawah ini. Seperti apa cara dan langkahnya? Simak selengkapnya disini!

1. Jangan Tunda untuk Segera Memulai

Jangan Tunda untuk Segera Memulai/ Foto: Freepik/freepik

Kalau tahu kamu sudah kebablasan makan saat lebaran, maka jangan terlena. Segera ingat kembali komitmenmu saat awal memutuskan untuk diet. Selanjutnya, segera mulai untuk memperbaiki pola makanmu sekarang juga! Jangan terlalu lama menunda, segera mulai dari sekarang. Lebih cepat, lebih baik.

2. Perbanyak Konsumsi Air Mineral

Perbanyak Konsumsi Air Mineral/ Foto: Freepik/freepik

Cara mudah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memperbanyak konsumsi air mineral. Konon, konsumsi air mineral yang cukup dapat membuat nafsu makan jadi lebih terkendali. Akibatnya, kamu jadi nggak gampang lapar bahkan saat melihat hidangan yang lezat.

Selain itu, air mineral juga menjadi senjata terbaikmu untuk menghindari minuman-minuman yang terlalu manis. Misalnya saat merayakan Iduladha kamu akhirnya jatuh cinta dengan es doger dan ingin merasakannya lagi, untuk mengendalikan perasaan itu, minumlah air putih.


3. Ganti Camilan dengan Buah-Buahan

Ganti Camilan dengan Buah-Buahan/ Foto: Freepik/jcomp

Saat Iduladha, kamu juga akan menemukan banyak sekali camilan-camilan manis hingga aneka kue kering lainnya. Tapi tahu nggak sih kalau jumlah kalori setiap kue kering nan mini ini itu jumlahnya besar banget. 3-4 keping kue kering tersebut jika ditotal jumlah kalorinya hampir sama dengan sepiring nasi, lho!

Oleh sebab itu, jika kamu sudah ketagihan sama kue kering lebaran, segera ganti dengan buah-buahan. Buah-buahan merupakan camilan terbaik karena mengandung kalori yang relatif kecil serta vitamin hingga serat yang penting buat metabolisme. Jadi, yuk ganti camilanmu sekarang juga!

4. Hindari Makan Diluar Waktu Makan

Hindari Makan Diluar Waktu Makan/ Foto: Freepik/freepik

Selepas Iduladha, ada baiknya kamu mulai mengatur jam makan. Langkah ini dilakukan untuk mengandalikan waktu makanmu. Setidaknya, atur jam makan utamamu di 2 waktu yakni makan siang dan makan malam. Sementara itu, untuk sarapan, manfaatkan untuk makan makanan yang tidak terlalu berat.

Selain ketiga jam makan tersebut, jangan pernah makan lagi! Kalaupun memang ingin ngemil, makanlah buah-buahan atau minumlah air putih. Dengan begitu, nafsu makanmu akan lebih terkontrol dan berat badan mudah kembali.

5. Atur Porsi dan Pola Makan dengan Mealplan

Atur Porsi dan Pola Makan dengan Mealplan/ Foto: Freepik/rawpixel.com

Meskipun jam makannya 3 kali, tapi bukan berarti pada saat itu kamu bisa makan sepuasnya ya, Beauties! Tetap perhatikan porsi makan dan pastikan untuk tidak makan berlebihan. Oleh sebab itu, kamu juga bisa mengaturnya terlebih dahulu dengan membuat meal plan.

Rencanakan makananmu setidaknya selama 3 hari atau 1 minggu ke depan. Saat menyusun meal plan pastikan untuk memenuhi kebutuhan protein, vitamin dan karbohidrat saat menentukan porsi hingga menunya.

6. Perbanyak Aktivitas

Perbanyak Aktivitas/ Foto: Freepik/freepik

Pada akhirnya, pola makan bukan satu-satunya hal yang harus diterapkan kalau kamu mau back on track diet. Untuk mengimbanginya, penting juga untuk memperbanyak aktivitas dengan berolahraga. Tidak usah langsung ke intensitas yang tinggi, kamu cukup memulainya dengan aktivitas ringan seperti berjalan kaki ke pasar atau kantor hingga lebih aktif beres-beres rumah.

7. Nikmati Setiap Proses

Nikmati Setiap Proses/ Foto: Freepik/freepik

Tetap ingat bahwa tidak ada proses yang instan! Konsistenlah menerapkan keenam tips di atas, maka cepat atau lambat kamu pasti akan segera menuai hasilnya. Jadi, jangan menyerah!

Selamat mencoba, Beauties!!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *