Berita

Waspada! Penyakit Ini Justru Menyerang Saat Musim Kemarau, Gimana Cara Pengobatannya?

×

Waspada! Penyakit Ini Justru Menyerang Saat Musim Kemarau, Gimana Cara Pengobatannya?

Share this article


Sebagian wilayah besar di Indonesia sudah memasuki peralihan musim satu ke musim lainnya atau biasa disebut dengan pancaroba. Musim kemarau di Indonesia terjadi sejak awal Mei 2024.

Dilansir halaman Detikedu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak musim kemarau akan terjadi pada bulan Agustus-September. Suhu panas yang meningkat memicu munculnya sejumlah penyakit yang menyerang tubuh seperti dehidrasi, hingga sengatan panas.

Berikut 3 jenis penyakit yang menyerang saat musim kemarau dan cara mengatasinya.

1. Dehidrasi

Ilustrasi seorang wanita minum air/Foto: freepik.com/freepik

Suhu yang meningkat saat musim panas membuatmu lebih rentan terkena dehidrasi. Dehidrasi merupakan kondisi ketika tubuh kekurangan cairan. Terdapat gejala yang perlu kamu waspadai mulai dari rasa haus, bibir kering, kelelahan, dan pusing.

Agar tubuhmu tidak kekurangan cairan terutama saat musim kemarau, kamu bisa perbanyak minum air putih, minum air kelapa, atau makan buah-buahan yang mengandung air. Sesibuk-sibuknya aktivitas yang kamu jalani, jangan lupa untuk memperhatikan asupan cairan yang diperlukan oleh tubuhmu ya, Beauties.


2. Infeksi Saluran Pernapasan Atas

Ilustrasi seorang wanita sedang sakit/Foto: freepik.com/benzoix

Bagi kamu yang menghabiskan waktu di luar ruangan alangkah baiknya untuk tetap menggunakan masker. Debu yang beterbangan dan polusi dari kendaraan akan bercampur dengan virus dan bakteri yang akan terhirup sehingga menyebabkan infeksi saluran pernapasan. Jika kamu mulai mengalami batuk, bersin, hidung tersumbat, dan sakit kepala itu artinya virus dan bakteri telah menyerang tubuhmu.

Kamu bisa menerapkan beberapa hal ini untuk membantu meredakan infeksi saluran pernapasan:

  • Perbanyak minum air putih
  • Istirahat yang cukup
  • Menghirup uap untuk melegakan hidung yang tersumbat, batuk berdahak, dan meredakan sakit tenggorokan
  • Berkumur dengan air garam
  • Konsumsi makanan hangat (seperti sup atau kaldu)
3. Heat Stroke

Ilustrasi seorang wanita/Foto: freepik.com/stefamerpik

Heat stroke atau sengatan panas adalah kondisi di mana suhu tubuh kamu naik secara mendadak hingga 40 derajat Celcius. Biasanya hal ini disebabkan oleh aktivitas berlebihan di bawah suhu udara panas dalam jangka waktu yang lama.

Gejalanya bisa berupa kejang, pusing, keringat berlebih, dan kehilangan kesadaran. Kondisi ini sangat berbahaya jika tidak segera diobati karena heat stroke dapat menyebabkan kegagalan organ, koma, dan kematian.

Pengobatan heat stroke bisa kamu lakukan dengan mengompres dingin bagian leher dan ketiak, pindah ke tempat sejuk atau ruangan yang memiliki AC, dan berendam di air dingin.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *