Berita

Jangan Asal Lamar Kerja, 6 Hal Penting tentang Perusahaan Ini Perlu Kamu Tahu di Awal!

×

Jangan Asal Lamar Kerja, 6 Hal Penting tentang Perusahaan Ini Perlu Kamu Tahu di Awal!

Share this article


Ketika mencari pekerjaan, keinginan untuk segera mendapatkan posisi yang diinginkan seringkali membuat kita lupa akan pentingnya memeriksa latar belakang perusahaan. Menghindari perusahaan bodong atau perusahaan yang tidak bertanggung jawab adalah langkah penting untuk melindungi diri dari penipuan dan pengalaman kerja yang merugikan.

Sebelum mengirimkan lamaran, penting untuk melakukan penelitian menyeluruh terhadap perusahaan yang ingin dilamar. Berikut beberapa hal krusial yang perlu kamu cari dan periksa dari perusahaan sebelum apply kerja, sehingga kamu dapat menghindari perusahaan yang tidak kredibel dan memastikan bahwa kamu membuat keputusan yang tepat untuk kariermu. Simak!

1. Cek Reputasi Perusahaan

Cek reputasi perusahaan/ Foto : Freepik/ Freepik

Sebelum melamar pekerjaan, sangat penting untuk memeriksa reputasi perusahaan. Baca ulasan dari karyawan saat ini dan mantan karyawan di situs-situs seperti Glassdoor, Indeed, atau JobStreet.

Ulasan ini bisa memberikan gambaran mengenai budaya kerja, manajemen, dan lingkungan perusahaan. Selain itu, periksa halaman media sosial perusahaan untuk melihat bagaimana mereka berinteraksi dengan publik dan menanggapi komentar atau keluhan.

Reputasi yang baik di media sosial dan ulasan positif dari karyawan biasanya menjadi indikator perusahaan yang kredibel.

2. Periksa Legalitas dan Kredibilitas

Periksa legalitas dan kredibilitas/ Foto : Freepik/ Freepik

Memastikan legalitas dan kredibilitas perusahaan adalah langkah krusial untuk menghindari penipuan. Pastikan perusahaan terdaftar secara resmi, yang dapat dicek melalui situs resmi Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) atau Kementerian Hukum dan HAM di Indonesia.

Selain itu, verifikasi alamat kantor fisik perusahaan. Perusahaan yang kredibel biasanya memiliki alamat kantor yang jelas dan dapat dikunjungi, memberikan bukti nyata bahwa mereka benar-benar eksis dan beroperasi secara resmi.

3. Tinjau Website Resmi

Tinjau website resmi/ Foto : Freepik/ Freepik

Meninjau website resmi perusahaan dapat memberikan banyak informasi penting. Website yang baik harus memiliki informasi lengkap mengenai produk atau layanan mereka, sejarah perusahaan, tim manajemen, serta detail kontak yang jelas.

Website yang terlihat profesional dan ter-update mencerminkan keseriusan perusahaan dalam menjalankan bisnisnya dan dapat menjadi indikator bahwa perusahaan tersebut memang kredibel dan terpercaya.


4. Jaringan Profesional

Jaringan profesional/ Foto : Freepik/ Freepik

Menggunakan jaringan profesional seperti Linkedln atau media sosial untuk karier dapat membantu dalam menilai kredibilitas perusahaan. Periksa profil perusahaan dan karyawan mereka.

Profil yang aktif dan memiliki banyak koneksi menunjukkan bahwa perusahaan tersebut terhubung dengan baik dalam industri. Jika memungkinkan, mintalah referensi dari orang-orang yang pernah bekerja di sana atau yang tahu tentang perusahaan tersebut. Informasi ini dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang bagaimana perusahaan tersebut sebenarnya.

5. Proses Rekrutmen yang Jelas

Proses rekrutmen yang jelas/ Foto : Freepik/ Freepik

Proses rekrutmen yang jelas dan transparan merupakan indikator penting dari perusahaan yang profesional. Perusahaan tervalidasi biasanya memiliki prosedur rekrutmen yang terstruktur dan tidak meminta bayaran sebagai syarat perekrutan.

Deskripsi pekerjaan yang ditawarkan pun jelas dan rinci, termasuk tugas, tanggung jawab, dan kualifikasi yang dibutuhkan, juga merupakan tanda bahwa perusahaan tersebut serius dalam mencari kandidat yang tepat dan bukan sekadar penipuan.

6. Budaya dan Nilai Perusahaan

Budaya dan nilai perusahaan/ Foto : Freepik/ Benzoix

Memahami budaya dan nilai perusahaan dapat membantumu memastikan bahwa kamu akan merasa nyaman dan sejalan dengan misi dan visi perusahaan tersebut.

Bacalah misi dan visi perusahaan untuk memastikan mereka sesuai dengan nilai-nilai pribadi dan profesionalmu. Budaya kerja yang baik dan nilai-nilai yang sesuai dengan pribadimu akan membantu menciptakan lingkungan kerja yang positif dan mendukung.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *