Berita

Manfaat dan Cara Penggunaan Susu untuk Merawat Rambut

×

Manfaat dan Cara Penggunaan Susu untuk Merawat Rambut

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Dalam upaya mendapatkan rambut indah dan sehat, sejumlah orang beralih ke cara alami termasuk mencuci rambut dengan susu. Sebagai sumber protein yang kaya nutrisi, susu telah digunakan selama berabad-abad dalam perawatan kecantikan karena beragam manfaatnya. Berikut keuntungan menggunakan susu untuk merawat rambut.

8 Manfaat penggunaan susu untuk rambut

1. Kondisioner alami

Susu bertindak sebagai kondisioner alami, menjadikan rambut lembut dan halus. Protein dan lemak dalam susu membantu menghaluskan kutikula rambut, sehingga tidak mudah kusut. Setelah mencuci rambut dengan susu, Anda akan segera melihat peningkatan tekstur, karena lebih mudah diatur dan ditata.

2. Kaya nutrisi

Susu kaya akan nutrisi penting seperti vitamin A, B6, biotin, dan potasium, yang penting untuk kesehatan rambut. Vitamin A membantu menjaga produksi sebum yang sehat, menjaga kulit kepala tetap lembab.

Biotin dan vitamin B lainnya memperkuat batang rambut, mencegah kerusakan dan kerontokan rambut. Kalium membantu menyeimbangkan kadar air pada rambut, meningkatkan hidrasi dan elastisitas secara keseluruhan.

3. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Protein dalam susu, terutama kasein dan whey, diketahui mendukung pertumbuhan rambut. Protein ini menyediakan bahan pembangun yang diperlukan untuk struktur keratin rambut Anda, sehingga mendorong pertumbuhan rambut yang lebih kuat dan sehat.

Penggunaan susu secara teratur dalam rutinitas perawatan rambut Anda dapat membuat rambut lebih tebal seiring waktu.

4. Menghidrasi kulit kepala

Kulit kepala yang terhidrasi berperan penting untuk kesehatan rambut. Kandungan air dalam susu membantu mengatasi kekeringan dan pengelupasan. Hidrasi ini dapat mencegah masalah seperti ketombe dan kulit kepala gatal.

Asam laktat dalam susu juga bertindak sebagai pengelupas kulit yang lembut, menghilangkan sel-sel kulit mati dan meningkatkan kesehatan kulit kepala.

5. Mengembalikan kilau rambut

Jika rambut Anda kehilangan kilaunya karena paparan polusi lingkungan yang berlebihan atau penataan rambut yang berlebihan, susu dapat membantu mengembalikan kilau alaminya.

Lemak dalam susu melapisi rambut, memantulkan cahaya dan memberikan kilau alami. Selain itu, protein berfungsi memperbaiki kerusakan sehingga menghasilkan rambut lebih halus dan berkilau.

6. Mengurangi ujung bercabang

Ujung rambut bercabang dapat membuat rambut Anda terlihat kusut dan tidak terawat. Protein dan asam amino dalam susu membantu memperkuat dan memperbaiki batang rambut, sehingga mengurangi terjadinya ujung rambut bercabang.

Dengan menghaluskan kutikula dan memberikan nutrisi penting, susu membantu menjaga keutuhan ujung rambut, sehingga mengurangi kemungkinan pecah dan patah.

7. Menyeimbangkan pH rambut

Tingkat pH susu sedikit asam, mirip dengan pH alami rambut manusia. Menggunakan susu dapat membantu menyeimbangkan tingkat pH rambut dan kulit kepala Anda, menjaga pelindung alami.

Keseimbangan ini mencegah rambut menjadi terlalu berminyak atau terlalu kering, sehingga meningkatkan kesehatan kulit kepala.

8. Menenangkan iritasi

Susu mengandung sifat anti inflamasi yang dapat meredakan kondisi kulit kepala yang teriritasi atau meradang. Baik Anda memiliki kulit kepala sensitif atau sedang menghadapi masalah kulit kepala tertentu seperti eksim atau psoriasis, susu dapat memberikan kelegaan, kenyamanan, dan mengurangi kemerahan serta iritasi.

Cara menggunakan susu untuk perawatan rambut

Cuci rambut dengan susu

1. Mulailah dengan rambut bersih dan lembap.

2. Tuangkan secangkir susu ke rambut Anda, pastikan menutupi kulit kepala dan helai rambut.

3. Pijat perlahan selama beberapa menit agar susu meresap.

4. Bilas sampai bersih dengan air hangat.

5. Pakai kondisioner biasa Anda jika diperlukan.

Masker rambut susu

1. Campurkan susu dengan madu atau kuning telur untuk mendapatkan manfaat tambahan.

2. Oleskan campuran tersebut ke rambut dan kulit kepala Anda.

3. Biarkan selama 20-30 menit.

4. Bilas hingga bersih dan keramas seperti biasa.

Itulah sederet manfaat susu untuk rambut dan cara penggunaannya.

Pilihan Editor: 4 Manfaat Susu bagi Kesehatan, Sumber Protein dan Pola Makan Sehat

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *