Berita

7 Kebiasaan Sederhana untuk Mengecilkan Perut Buncit, Rekomendasi Ahli!

×

7 Kebiasaan Sederhana untuk Mengecilkan Perut Buncit, Rekomendasi Ahli!

Share this article


Siapa di sini yang nggak pede punya perut buncit? Ketika lemak menumpuk di perut, terkadang kita jadi nggak percaya diri, terlebih saat berpakaian. Kita jadi ekstra hati-hati saat memilih baju agar perut buncit bisa ditutupi.

Kamu nggak perlu khawatir lagi, Beauties! Sebab, lemak di perut bisa kok diatasi! Peneliti dari John Hopkins memberikan sederet rekomendasi yang bisa kamu lakukan. Yuk jadikan kebiasaan mulai sekarang agar perut rata bisa didapatkan!

1. Batasi Karbohidrat, Bukan Lemak

Ilustrasi/ Foto: Getty Images/MielPhotos2008

Peneliti dari John Hopkins membuktikan ada manfaat lebih dari diet rendah karbohidrat, dibandingkan diet rendah lemak. Saat kamu batasi konsumsi karbohidrat, maka ada penurunan berat badan yang lebih berkualitas. Hal itu disampaikan Kerry Stewart, Ed.D, Direktur Clinical and Research Physiology di Johns Hopkins. Diet rendah karbohidrat menghempas lemak lebih banyak dibanding diet rendah lemak.


 


2. Perhatikan Rencana Makan
Meal Plan untuk satu minggu

Ilustrasi/ Foto: pexels.com

Stewart juga merekomendasikan memerhatikan rencana makan dibandingkan diet. Rencana makanan sehat harus dilakukan secara rutin, tanpa harus menghitung kalori. Dengan perencanaan makan terlebih dahulu, kamu bisa memilih menu yang rendah karbohidrat, menghindari gula, serta memilih makanan mengandung serat tinggi dan protein.


3. Aktif Bergerak
Healthy Asian woman is jogging outdoor. Fitness girl running. Female exercising at outdoor park.

Ilustrasi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Worawee Meepian

Ketika banyak konsumsi makanan tapi tubuh jarang bergerak, maka proses menurunkan berat badan bisa gagal. Aktivitas fisik membantu membakar lemak perut. Waktu yang dibutuhkan untuk berolahraga berbeda setiap orang. Rata-rata sekitar 30-60 menit olahraga sedang hingga berat hampir setiap hari.


4. Latihan Kekuatan
Ilustrasi latihan angkat beban/Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Ilustrasi/ Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Salah satu olahraga yang dianjurkan adalah melatih kekuatan moderat. Angkat beban akan membentuk massa otot tanpa lemak sehingga membakar lebih banyak kalori.


5. Baca Label Sebelum Beli Makanan/Minuman
ilustrasi label makanan

Ilustrasi/Foto: Thinkstock

Kebiasaan berikutnya yang bantu kamu meraih perut rata bisa sesimpel membaca label makanan dan minuman yang hendak kamu beli. Label berisi informai nilai gizi membuatmu sadar akan kandungan di dalamnya dan mendorongmu berpikir dua kali sebelum konsumsi.

 


6. Tidak Makan Makanan Olahan
Ilustrasi makanan olahan.

Ilustrasi/ Foto: Unsplash.com/ Markus Spiske

Nugget, chicken wings, mie instan, dan makanan olahan lainnya memang lezat. Namun jika kamu ingin menghilangkan perut buncit, kamu perlu menghindarinya, Beauties. Makan olahan mengandung 3 zat yang bikin sulit turunkan berat badan, yaitu sodium, trans fat, dan gula tambahan.


7. Berteman dengan Orang yang Peduli Kesehatan
Ilustrasi Olahraga/Foto: freepik.com/jcomp

Ilustrasi/ Foto: freepik.com/jcomp

Ternyata faktor sosial ikut berpengaruh terhadap penurunan berat badan. Jika kita bergaul dengan orang-orang yang sangat peduli kesehatan, maka kita hangout sambil melakukan aktivitas yang sehat pula. Ngobrol di kafe yang menyediakan makan sehat, olahraga bersama, dan masih banyak lagi aktivitas yang  mendukung gaya hidup sehat bisa dilakukan bersama orang yang sama peduli dengan kesehatan. Sebab itu, kamu pun akan terpicu menjadi lebih sehat pula.

***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *