Berita

Ketahui Efek Samping Quiet Promotion dan Cara Mengatasinya

×

Ketahui Efek Samping Quiet Promotion dan Cara Mengatasinya

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Pernahkah Anda merasa kinerja Anda baik di tempat kerja, namun alih-alih mengalami perubahan jabatan atau kenaikan gaji, Anda malah diberi tanggung jawab tambahan untuk dituntaskan? Nah, kondisi itu namanya quiet promotion. Dan yang mengejutkan, ini adalah praktik yang cukup umum di dunia korporat di mana karyawan yang berkinerja baik diminta untuk berbuat lebih banyak.

Sebuah survei yang dilakukan oleh Job Sage mengungkapkan bahwa 78 persen karyawan Amerika pernah mengalami quiet promotion. Dan tidak hanya di Barat, quiet promotion juga cukup populer di India.

Efek samping quiet promotion memengaruhi karier seseorang

Karyawan yang mendapat quiet promotion di tempat kerja sering kali merasa dihukum atas pekerjaan baik mereka dengan diberi pekerjaan dan tanggung jawab tambahan, tanpa pengakuan dan penghargaan apa pun.

Hal ini juga dapat menimbulkan rasa dendam dan menurunnya kepuasan kerja, apalagi jika ada rekan kerja yang mempunyai jabatan dan gaji yang sama namun pekerjaannya lebih sedikit. Dan dalam jangka waktu tertentu, hal ini dapat menyebabkan karyawan yang berkinerja baik merasa lelah dan akhirnya berhenti untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Jika seseorang menerima quiet promotion, hal itu dapat mempengaruhi pertumbuhan mereka (dalam hal kompensasi sesuai standar industri) dalam jangka panjang. Jadi, untuk menghindari quiet promotion di tempat kerja, seseorang perlu menetapkan peran dan persyaratan pekerjaan yang jelas dengan manajernya.

Cara mengatasi quiet promotion

1. Komunikasikan ekspektasi, tanggung jawab, dan kompensasi Anda secara jelas kepada manajer Anda. Meskipun Anda tidak boleh menghindar dari beban kerja tambahan, Anda juga harus memastikan bahwa manajer Anda mengetahui ekspektasi Anda dalam hal penghargaan dan pengakuan, atau kompensasi atas pekerjaan Anda.

2. Perjelas tujuan karier Anda dan apa yang ingin Anda capai dari peran Anda saat ini. Hal ini akan memastikan kejelasan dan kesamaan visi antara Anda dan pemberi kerja/manajer.

3. Bicaralah dan negosiasikan kompensasi yang adil di tempat kerja. Jika kompensasi naik gaji adalah sesuatu yang tidak dapat diberikan oleh pemberi kerja saat ini, maka seseorang dapat melakukan negosiasi untuk dry promotion yang mencakup perubahan jabatan, tunjangan lain, atau kesempatan belajar hal lain.

Dan terakhir, jika Anda alami quiet promotion, kelola beban kerja Anda dan pastikan hal itu tidak menyebabkan kelelahan. Mintalah bantuan atau sumber daya yang lebih baik, jika diperlukan.

Pilihan Editor: Mengenal Istilah Dry Promotion di Tempat Kerja, Naik Jabatan tapi…

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *